Mengaplikasikan Es batu ke Kulit Wajah (Sumber Foto: Freepik)

Mengenal Teknik Cyrotherapy untuk Kecantikan Kulit, Bisa Dilakukan di Rumah pakai Es Batu?

28 February 2023   |   15:23 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Menempelkan es batu ke kulit sejak dulu telah dilakukan banyak wanita sebagai salah satu metode perawatan kecantikan. Khasiatnya bisa membuat kulit lebih bercahaya dan menghilangkan bengkak. Metode ini disebut dengan skin icing atau mendinginkan kulit dengan es.

Es batu akan meningkatkan sirkulasi darah di area wajah, sehingga permukaan kulit jadi lebih sejuk, kencang, dan tampak merona. Pada jaman dulu memang ada teknik pengobatan kulit dengan nitrogen yang disebut dengan Cryotherapy. Prosedur ini dilakukan dengan mesin non-invasif yang memompa nitrogen cair ke wajah atau tubuh.

Baca juga: Cuma Pakai 4 Skincare, Begini Rangkaian Perawatan Kulit Berjerawat yang Simpel

Cryotherapy pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1978 oleh rheumatologist, Dr. Toshima Yamaguchi. Perawatan ini digunakan untuk mengobati artritis rematik. Suhu dingin dari nitrogen akan mendinginkan dan mematikan area peradangan.

Untuk melakukan cryotherapy, pasien akan masuk ke ruangan khusus kaemudian akan dialirkan udara dingin ke tubuh. Teknik ini dilakukan sebagai terapi untuk menangani nyeri, pencegahan demensia, pemulihan otot, metode penurunan berat badan, serta mengurangi inflamasi (peradangan).

Tetapi sekarang cryotherapy dilakukan untuk merevitalisasi kulit supaya lebih cerah, pori-pori mengecil, serta mengurangi garis halus dan bintik-bintik penuaan hanya dalam 15 menit. Kita juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan memakai es batu.

Misalnya, kamu bisa berendam di air es, membuat semprotan dari air es, atau melakukan kompres es ke wajah. Berikut sejumlah manfaatnya untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
 

1. Mengobati Peradangan

Peradangan bisa terjadi di bagian tubuh manapun termasuk wajah. Es batu dapat mengurangi tanda-tanda peradangan seperti kemerahan dan bengkak di wajah karena jerawat dan masalah kulit lainnya. Selain itu juga dapat menghilangkan sembap pada area di bawah mata.


2. Mengecilkan Pori-pori

Es wajah dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit. Biasanya pori-pori membesar karena penumpukan kotoran dan minyak karena paparan debu seharian. Apabila dibiarkan wajah bisa tumbuh jerawat

Menempelkan es batu ke kulit atau rajin mencuci muka pakai air es bisa membantu mengembalikan ukuran pori-pori yang membesar. Selain itu, jangan lupa untuk sering-sering eksfoliasi menggunakan scrub untuk membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan kotoran, serta mendorong pertumbuhan sel kulit baru.


4. Memperbaiki Mood

Kompres es batu ternyata diklaim bisa memperbaiki mood. Hal tersebut lantarann suhu dingin dapat memicu respons hormonal fisiologis, seperti emisi endorfin, noradrenalin, dan adrenalin. Tentu bisamemberi dampak positif untuk orang yang mengalami gangguan mood, seperti depresi dan kecemasan.


5. Mengatasi Penyakit Lainnya

Selain bagus untuk kecantikan kulit, kompres es batu juga dapat meredakan gejala migrain, membekukan sel kanker, dan berpotensi mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya. Namun, usahakan jangan terlalu lama saat mengompres, sekitar 15 menit pun cukup.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Serial Agen Mata-Mata Citadel Siap Tayang, Cek Sinopsis & Pemerannya

BERIKUTNYA

Manfaat Susu Unta untuk Pengidap Diabetes, Simak Apa Saja Kandungan Gizinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: