Tokopedia kenalkan fitur Augmented Reality (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Sambut Beauty Enthusiast, Tokopedia Jajal Fitur Berbasis Augmented Reality

24 May 2023   |   22:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sektor belanja online tak terdampak banyak, baik sebelum maupun selama menghadapi pandemi. Survei dari Data Indonesia menyebutkan, 43,2 persen responden menyatakan frekuensi belanja online mereka tak berubah saat ini jika dibandingkan ketika kasus Covid-19 masih tinggi. Sebanyak 17,1 persen di antaranya memilih pembelian produk perawatan dan kecantikan secara online.

Tokopedia selaku salah satu marketplace di Indonesia memvalidasi jika minat belanja online terus diminati masyarakat Indonesia. Salah satu penjualan paling laku datang dari sektor kecantikan. Sayangnya, pelanggan sering kali kesulitan menentukan produk kecantikan pilihan, terutama yang terkait dengan warna. Pasalnya, dibutuhkan penyesuaian tone kulit dengan warna dan rona produk kecantikan yang ditawarkan.

Baca juga: Kini Industri Layanan Kecantikan Indonesia Tak Kalah dengan Luar Negeri

Untuk menjawab masalah ini, Tokopedia menghadirkan fitur Augmented Reality (AR) dengan fitur try-on. Dengan fitur ini, pelanggan bisa menentukan warna kosmetik yang cocok dengan tone kulit dan wajahnya.

“Inovasi teknologi AR Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online. Dengan fitur ini kami berharap bisa makin membantu masyarakat mendapatkan produk makeup yang sesuai dengan warna kulit,” ungkap Azzahra Rahmani Ali selaku Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia.
 

Tokopedia memperkenalkan teknologi AR untuk beauty enthusiast (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Tokopedia memperkenalkan teknologi AR untuk beauty enthusiast (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup mengklik ikon Virtual Try On pada kolom pencarian halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman tersebut, pelanggan dapat mencoba produk dengan teknologi AR. Pelanggan bisa memilih hingga 4 varian warna produk secara bersamaan untuk membandingkan produk dengan cara yang lebih praktis bagi pengguna Android dan iOS.

Sebetulnya, fitur ini tak asing lagi bagi sebagian marketplace yang menjual produk kecantikan. Untuk itu, Tokopedia memiliki perencanaan lain soal pemanfataan teknologi AR ini. “Teknologi AR nantinya tidak hanya akan kita manfaatkan untuk produk beauty, tapi juga ketagori produk lainnya secara bertahap,” terang Azzahra.

Selain pemanfaatan teknologi AR, Tokopedia turut memperkenalkan ragam fitur terbaru lainnya yang dapat diakses oleh pengguna. Dua di antaranya adalah Keyboard Tokopeda dan Bagikan Alamat. Fitur Keybvoard Tokopedia dapat diakses pengguna iOS untuk merekomendasikan berbagai produk melalui sentuhan keyboard di berbagai aplikasi messaging termasuk WhatsApp.

“Jadi pelanggan tidak perlu screenshoot lagi untuk membagikan produk rekomendasi ke teman, tinggal klik keyboard Tokopedia dan kirim tautan langsung saja saat membuka aplikasi messaging,” lanjut Azzahra.

Fitur Bagikan Alamat dibuat untuk menjawab kebutuhan berbagi atau berkirim hadiah yang beberapa tahun ini marak dilakukan jelang hari raya. Azzahra mengatakan, fitur Bagikan Alamat bisa menjadi solusi untuk memberi kado atau hampers tanpa perlu melakukan copy dan paste alamat, melainkan tinggal mengklik Bagikan Alamat di halaman Alamat Tokopedia saja.

Baca juga: Teknologi Layanan Kecantikan Emface untuk Mengencangkan Kulit, Seperti Apa Prosedurnya?

Fitur Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat berlaku untuk seluruh kategori produk yang ada di Tokopedia, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan beragam kategori produk lainnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Lampu Pintar Jadi Tren dalam Konsep Smart Home

BERIKUTNYA

Profil Salma Salsabila, Mahasiswa Musik Juara Indonesian Idol 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: