Finalis Indonesian Idol 2023 Salma Salsabila (Sumber gambar: Instagram/Salmasalsabil12)

Profil Salma Salsabila, Mahasiswa Musik Juara Indonesian Idol 2023

24 May 2023   |   21:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ajang pencarian bakat di Industri musik nasional, Indonesian Idol akhirnya menetapkan Salma Salsabila sebagai juara season ke-XII pada Senin, 22 Mei 2023. Salma pun menjadi salah satu topik bahasan di media sosial setelah berhasil mengalahkan Nabila Taqiyyah, yang menempati posisi runner-up.

Penampilannya memang sempat memukau penonton dan mencuri perhatian dewan juri. Adapun, dalam penampilan terakhirnya Salma diketahui membawakan lagu berjudul Just The Way You Are karya Bruno Mars dengan karakter suaranya yang khas dengan setelan jas berwarna hitam.
 
 


Sementara itu, Nabila membawakan lagu berjudul Here's Your Perfect dari Jamie Miller. Namun, Dewi Fortuna tampaknya memang berpihak pada Salma. Sebab, setelah dilakukan voting dari seluruh penonton di Indonesia, perempuan asal Jawa Timur itu berhasil dinobatkan sebagai juara Indonesian Idol 2023.

Baca juga: Kenalan dengan 6 Aktor Tampan Pemeran Siswa SMA Esongjin di Drakor Duty After School

Sejak muncul di audisi tersebut, Salma memang telah berhasil mencuri perhatian. Lewat lagu Iris dari Goo Goo Dolls dan lagu ciptaannya sendiri yang berjudul Intro, perempuan berusia 21 tahun ini bahkan langsung menggondol Golden tiket untuk ke tahap selanjutnya.

Dikenal dengan suaranya yang khas dan piawai memainkan alat musik gitar, lantas siapakah sebenarnya sosok Salma Salsabil? Dihimpun dari berbagai sumber berikut profil wanita berhijab yang memenangkan ajang pencarian bakat itu.

Profil Salma Salsabila
Salma Salsabila adalah wanita kelahiran Probolinggo, Jawa Timur pada 12 Januari 2002. Pemilik nama lengkap Salma Aliyyah Putri Mandaya ini memang mencintai musik. Bahkan, musik sudah menjadi kegiatan sehari-harinya sejak masih kecil karena memang memiliki hobi menyanyi.

Bakat menyanyinya pun sudah terlihat saat dia duduk di bangku kelas 1 SD yang sering mengikuti lomba menyanyi. Dari sinilah kelak setelah dewasa mengambil jurusan musik saat SMK hingga kuliah di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, di  Fakultas Penyajian Musik.

Sejumlah ajang pencarian bakat juga telah diikuti, seperti Idol Cilik, The Voice Kids Indonesia, Rising Star Indonesia, dan The Voice Indonesia, dan yang lain. Para pencinta musik di Tanah Air pun dapat dengan mudah menemukan jejak digitalnya di dunia tarik suara, khususnya di platform video streaming YouTube.

Namun, nasib baik memang belum berpihak padanya saat itu, ketika berkali-kali dia gagal saat mengikuti ajang pencarian bakat. Kendati begitu, Salma tidak pantang menyerah untuk terus berusaha menggapai mimpinya menjadi penyanyi terkenal dan menemukan takdirnya di Indonesian Idol. 
 
 

Selama berkompetisi Salma pun terus menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk menghibur juri dan penonton. Hal ini bisa dibuktikan dari setiap cuplikan videonya saat bernyanyi selalu menjadi trending di media sosial, khususnya TikTok. Tak hanya itu, kemampuannya dalam menginterpretasikan dan mengimprovisasi berbagai genre musik juga patut diacungi jempol.

Adapun beberapa lagu yang pernah dibawakan Salma selama berjuang di Indonesian Idol pun beragam. Mulai penyanyi luar hingga lokal, dari pop hingga jazz, dan dari rock hingga dangdut. Beberapa di antaranya adalah Englishman In New York, Peri Cintaku, Love Me Like You Do, Rungkad dan masih banyak lagi.

Baca juga: 4 Fakta Timnas PUBG Mobile Indonesia, Pengantar Juara Umum Esports SEA Games 2023

Hingga kelak perjuangannya di Indonesian Idol pun berhasil menghantarkan Salma menjadi finalis ajang tersebut dan berhak mendapatkan sejumlah hadiah. Termasuk 1 unit mobil, uang tunai Rp150 juta, tabungan Rp10 juta dan tentu saja popularitas di dunia hiburan Tanah Air.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sambut Beauty Enthusiast, Tokopedia Jajal Fitur Berbasis Augmented Reality

BERIKUTNYA

Solois Rayhan Noor Tumpahkan Keresahan dalam Single Serupa Semula

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: