Lionel Messi mengangkat piala ajang World Cup FIFA (Sumber gambar: tangkapan layar laman FIFA)

Resmi! Erick Thohir Pastikan Kedatangan Argentina Vs Tim Garuda

24 May 2023   |   19:21 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan uji coba melawan Argentina akan menjadi pertandingan bersejarah bagi Indonesia karena untuk kali pertama timnas menghadapi negara berperingkat 1 FIFA, yaitu La Albiceleste, julukan bagi timnas Argentina.

Oleh karena itu, Erick berharap semua pemain, termasuk pelatih harus memanfaatkan momen langka ini untuk meningkatkan skill, mental, dan strategi bertanding melawan tim dengan nama-nama besar dari negara lain di dunia nantinya.

Baca juga: Jadi Ketua Umum PSSI, Intip Kiprah Mentereng Erick Thohir di Dunia Sepak Bola

Menurut Erick, tujuan utama dari FIFA Match Day, tak lain mengasah mental, skill, dan mendapat pengalaman bertanding melawan di Asia dan negara lain. Pasalnya, dia melihat di SEA Games kemarin, saya lihat pentingnya kekuatan mental pemain dalam menghadapi tekanan. 

"Argentina saya yakini, dengan status juara dunia dan peringkat 1 FIFA akan memberi tekanan, baik mental, teknik, atau strategi bagi timnas Indonesia. Tinggal bagaimana kita mengatasinya," ujar Erick dalam jumpa pers yang digelar virtual di Stadion Utama GBK Senayan, Jakarta, Rabu (24/5).
 
 

Terkait agenda FIFA Match Day yang akan dijalani timnas pada 19 Juni 2023, Erick menyatakan sebelum melawan Argentina, timnas Garuda juga akan ditantang Palestina pada 14 Juni 2023 yang diagendakan akan dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. 

Diketahui Argentina menjadi negara berperingkat ranking FIFA paling tinggi yang siap beruji coba dengan timnas Merah Putih. Sebelumnya, Indonesia juga pernah menjalani uji coba melawan Uruguay yang kini menempati peringkat 16 FIFA di tahun 2011, Belanda (16 FIFA) di tahun 2013, dan Kamerun (42 FIFA) pada 2015.

Oleh karena itu momen ini akan menjadi sejarah baru bagi Indonesia karena untuk pertama kalinya Indonesia akan beruji coba dengan peringkat pertama sepakbola dunia. Apalagi fansnya Argentina, Messi, atau Lautaro Martinez yang kini bermain di Inter, banyak di Indonesia. 

"Jadi saya yakin, penonton akan banyak hadir di stadion, tak hanya untuk melihat para bintang Argentina, tapi juga rindu nonton timnas main di kandang," imbuh Erick.

Tak hanya itu, dia juga menegaskan bahwa berbagai program yang sedang digodok saat ini juga akan bermuara pada penguatan tim nasional Indonesia. Hal itu agar timnas mampu meraih berbagai mimpi, mulai dari masuk ke 100 besar ranking dunia, hingga masuk ke putaran final kompetisi bergengsi dunia. 

“Membangun timnas itu tidak bisa dilakukan dalam dua bulan. Tidak bisa juga dilakukan dalam dua tahun. Harus bertahun-tahun. Dan itu harus dilakukan dengan pembinaan yang setara,” tuturnya. 

Adapun, untuk mempersiapkan hal tersebut adalah dengan membangun dan memperkuat tim pemain muda. Salah satu langkah yang sudah dilakukan saat ini adalah dengan menyelesaikan proses naturalisasi pemain-pemain berbakat berdarah Indonesia. 

"Terbaru, kami juga sudah merampungkan proses naturalisasi terhadap Rafael William Struick dan Ivar Jenner," jelas Erick.

Baca juga: Gantikan Indonesia, Argentina Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jakarta Film Week Akan Diadakan Pada 25 - 29 Oktober, Cek Program Barunya

BERIKUTNYA

Cerita Maudy Ayunda Kesulitan Ngopi di Kafe karena Intoleransi Laktosa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: