Pemain tim nasional Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

Siap Jamu Argentina di Laga FIFA Matchday, Cek Profil & Rekam Data Timnas Indonesia

16 June 2023   |   16:23 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia akan menjamu timnas Argentina pada Senin, (19/6/2023). Pertandingan yang merupakan rangkaian FIFA Matchday ini pun sudah sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia setelah Tanah Air batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Laga antara Tim Garuda dan La Albiceleste pun tidak hanya menjadi perbincangan publik di dalam negeri. Pertandingan ini pun menjadi sorotan banyak pencinta timnas Argentina termasuk dari negeri Jiran. Pasalnya, Tim Tango disebut akan membawa para bintangnya untuk melawan Garuda.

Baca juga: Ambil Jatah Libur, Lionel Messi & 2 Bintang Argentina Absen di Laga Indonesia vs Argentina

Jelang laga bergengsi itu, Timnas Indonesia pun sudah mulai menggelar sesi latihan perdana di Lapangan A Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (15/6/23). Kegiatan tersebut mereka lakukan satu hari setelah bermain imbang 0-0 melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Namun, berbeda dari sesi latihan sebelumnya, kali ini pemanasan yang dilakukan Tim Garuda tampak lebih serius. Pasalnya, selama latihan berlangsung seluruh area pagar lapangan A ditutup kain hitam. Keberadaan kain hitam itu pun membuat pemain tidak bisa melihat ke area luar lapangan.

Ya, salah satu siasat yang dilakukan Shin Tae-yong itu dilakukan agar pemain Timnas Indonesia bisa fokus dalam berlatih. Pasalnya, Selih peringkat antara Indonesia dan Argentina cukup jauh, sehingga mereka harus berlatih semaksimal mungkin agar bisa mengimbangi Tim Tango.
 
 


Diketahui saat ini La Albiceleste berada di peringkat pertama dalam data FIFA dengan 1840,93 poin. Tim nasional sepak bola putra Argentina tercatat memiliki tradisi yang kuat. Kemenangannya di ajang Piala Dunia 2022, Copa América, dan Finalissima membuat tim ini menjadi tim nomor satu di dunia.

Sementara itu, timnas Indonesia terpantau duduk di urutan 149 dunia dengan torehan 1.046,14 poin per 6 April 2023. Tidak hanya itu, rata-rata peringkat Indonesia adalah 132 dengan peringkat tertinggi yang pernah diraih 76 dan peringkat terendah adalah 191.


Shin Tae-yong Panggil Pemain Terbaik

Dengan melihat fakta yang ada, pertandingan Indonesia Vs Argentina tentu bukan pertandingan yang mudah bagi timnas Indonesia. Namun, pasukan Garuda dipastikan bisa meraih banyak pelajaran dan pengalaman ketika bertemu dengan pemain yang dipilih pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni.

Meski selisih peringkat yang sangat jauh dengan Argentina, tapi timnas Indonesia tak patah arang. Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong pun telah memanggil 26 pemain terbaik yang siap menghadapi tim berjuluk La Albiceleste dalam laga Senin pekan depan.

Sejumlah pemain terbaik yang bermain di dalam maupun luar negeri juga akan dipanggil untuk menjadi bagian pertahanan ketika tim nasional Indonesia melawan tim nasional Argentina, termasuk sejumlah pemain naturalisasi. 

Mereka pun terbilang cukup muda bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Rata-rata usia dari pemain di skuad Garuda adalah 24,62 tahun. Adapun, Marselino Ferdinan akan menjadi pemain Timnas Indonesia dengan usia paling muda, yakni 18 tahun dan disusul Ivar Jenner 19 tahun, serta Elkan Baggott dan Rafael Struick yang masih berusia 20 tahun. 

Elkan Baggott diketahui pernah bermain untuk klub Ipswich Town U21 di Inggris. Sementara itu, Sandy Walsh tengah bermain untuk KV Mechelen di Belgia, dan Marselino Ferdinan di Belgia untuk memperkuat KMSK Deinze. Kemudian, ada juga Shayne Pattynama yang tengah membela klub asal Norwegia, Viking FK.

Tak hanya itu, dalam pertandingan itu, PSSI menuliskan semua pencinta bola akan tertuju kepada pertarungan antara pemain naturalisasi Indonesia, yakni Jordi Amat. Diketahui, Jordi pernah berhadapan dengan Messi saat masih bermain di La Liga untuk Espanyol, Real Betis, dan Rayo Vallecano.

Selain para pemain di atas, Indonesia juga akan meluncurkan Edo Febriansyah, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, dan Reza Arya Pratama. Ada juga Yacob Sayuri, Yance Sayuri, Syahrul Trisna, Andy Setyo, Dimas Drajat, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Dendy Sulistyawan, Ernando Ari dan masih banyak lagi.

Baca juga: Laporan: Rekam Data Timnas Indonesia Jelang Lawan Argentina

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menjelang Laga Indonesia Vs Argentina, 1.600 Kamar Hotel di Area GBK Senayan Ludes Terjual

BERIKUTNYA

77 Tahun Berlalu, Belanda Akui Kemerdekaan Indonesia Jatuh Pada 17 Agustus 1945

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: