Jeremy Strong sebagai Kendall Roy di drama Succession (Sumber foto: HBO)

4 Cara Hemat Mengadopsi Gaya Quiet Luxury

24 May 2023   |   20:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa orang kaya—old money—tidak pernah benar-benar memamerkan kekayaan mereka secara terang-terangan? Mereka tidak mengasosiasikan diri dengan logo mencolok, sebaliknya kalangan ini cenderung memakai pakaian mewah dengan desain paling sederhana. Dari sinilah istilah quiet luxury berasal.

Ini bukan hal baru, tetapi berkat perbincangan menarik yang terjadi di media sosial, Genhype mungkin menonton drama HBO, Succession, dengan lebih fokus pada detail mode terutama yang dikenakan keluarga Roy.

Quiet luxury seakan menunjukkan bahwa penggunanya enggan untuk memamerkan kekayaan mereka. Item fesyen yang dikenakan keluarga Roy sepanjang empat musim sejak 2018 bisa mencapai total ribuan dolar jika ditaksir dari ujung kepala hingga ujung kaki. Namun, kebanyakan item yang mereka gunakan hanya bisa dikenali oleh orang-orang dari kalangan tertentu.

Baca juga: Menyingkap Industri Duplikasi Tas Branded dan Tren Konsumen Indonesia
 

Succession. (Sumber foto: HBO)

Succession. (Sumber foto: HBO)

Genhype mungkin melihat salah satu karakter integral, Kendall Roy, kerap tampil dengan pakaian yang cukup mendasar bagi seorang pria. Dia terlihat mengenakan sweter turtleneck polos, kaos, dan mungkin beberapa setelan jas. Namun, apakah kalian mengenali kaos polos Margiela yang harganya hampir sama dengan cicilan KPR bulanan orang Indonesia?

Sungguh memusingkan mengetahui bagaimana tampilan sederhana bisa sangat mahal. Sebenarnya, kita tidak harus menjadi jutawan untuk berpakaian seperti itu. Meski "quiet luxury" mendominasi kancah mode, kalian tidak perlu merasa tertinggal (FOMO) atau menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan estetika yang apik.

Quiet luxury menekankan pada koleksi pakaian dasar (staple) di lemari pakaian yang dapat membuat penampilan kita tetap berkelas dan effortless. Kuncinya adalah mengenakan pakaian yang dengan penjahitan yang baik, keanggunan yang tak kentara, dan minimalis. Gaya ini menggantikan semua logo dan motif ramai untuk siluet cantik dan bahan yang tampak mewah.

Bahkan jika nanti terminologi quiet luxury sudah tidak lagi menjadi tren, gaya dari brand-brand berikut ini dipastikan akan tetap fleksibel dan versatile untuk dipadupadankan dengan isi lemari eksisiting:


1. Pilih Desain Klasik dengan Warna Netral

Untuk menonjolkan tampilan quiet luxury, penting untuk memilih warna netral dan desain klasik. Dengan memilih warna kalem dan gaya abadi, kalian dapat menciptakan estetika yang bersahaja tapi tetap memancarkan aura superior.

Warna-warna netral dan desain klasik dapat membantu kalian mendapatkan tampilan chic dan effortless yang bertahan untuk waktu lama. Desain klasik cenderung memiliki umur yang lebih panjang, yang berarti kalian akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari investasi fesyen kalian.

Beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menata tampilan quiet luxury adalah dengan menghindari logo besar dan mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Meskipun penting untuk memprioritaskan estetika, fungsi tidak boleh dikompromikan. Selalu pertimbangkan bagaimana sepotong pakaian cocok dengan gaya hidup kalian sebelum melakukan pembelian.


2. Padu Padan Produk High-End dengan yang Lebih Terjangkau

Untuk menciptakan tampilan mewah dengan bujet terbatas, kalian bisa memadukan produk high-end dengan yang lebih terjangkau. Ini tidak berarti kalian harus mengorbankan kualitas atau gaya, melainkan menemukan keseimbangan sempurna antara investasi jangka panjang dan pakaian yang ramah di kantong. 

Selebriti telah menguasai seni ini, di mana mereka sering memasangkan kasmir kualitas yang lebih rendah dengan dengan denim desainer atau mantel super nyaman. Dengan mengikuti pendekatan ini dan menjaga tampilan tetap sederhana dan klasik, siapa pun dapat mencapai tampilan mewah yang didambakan tanpa membahayakan uang belanja.
 

HBO

Succession. (Sumber foto: HBO)
 

3. Material Katun dan Linen Cocok untuk Cuaca Indonesia

Meski sweter kasmir dan wol rajutan sering kali dikaitkan dengan tampilan quiet luxury paling mendasar, material ini tampaknya sedikit tidak realistis untuk dikenakan di Indonesia di mana suhu rata-rata bisa mencapai 27 derajat celcius. Kalian bisa mulai dengan kemeja linen atau katun bersiluet rapi yang dipadankan celana katun dengan fit ideal untuk outfit sehari-hari. Material ini cukup nyaman dikenakan di tengah cuaca panas maupun hujan dan tentu saja dengan mudah membuat tampilan chic.


4. Koleksi Aksesori 

Kendall Roy di serial Succession sering kali terlihat mengenakan aksesori sederhana seperti topi baseball, jam tangan, hingga kacamata hitam. Genhype bisa juga mengikuti gayanya yang effortless tanpa harus merogoh kocek dalam. Jangan lupa triknya adalah memilih warna-warna netral atau warna hangat dengan desain minimalis tanpa logo.

Pilih bentuk dan struktur klasik untuk topi dan kacamata. Jika kalian senang memakai syal, ikat dengan rapi di sisi kerah kemeja atau t-shirt untuk menambah kemewahan pada outfit.

Baca juga: 7 Hierarki Brand Mewah, dari Everyday Luxury hingga Bespoke

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Netflix Mulai Blokir Akun Nebeng di AS, Bagaimana di Indonesia?

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Drama Korea Dr. Romantic 3 Bocoran dari Sutradaranya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: