Fasilitas Gym Dibanjiri Usia 18-35 Tahun, Bukti Anak Muda Mulai Peduli Kesehatan
23 May 2023 |
22:30 WIB
Anak muda kini mulai memandang manfaat jangka panjang dari berolahraga. Olahraga tak dipandang sebagai kegiatan menjaga kesehatan yang habis dalam sekali aktivitas. Terlebih, olahraga menjadi bagian dari pola menjaga kesehatan yang bisa menjadi investasi jangka panjang untuk tubuh manusia.
Milenial dan Gen Z mulai melirik hal itu. Penelitian dari survei yang diselenggarakan CivicScience menunjukkan, hampir 50 persen rentang usia Gen Z melakukan olahraga beberapa kali dalam seminggu. Rentang usia ini di atas rata-rata berbanding dengan populasi umur lainnya.
Baca juga: Ini 5 Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil
Begitu pula dengan aktivitas gym dan fitnes yang ikut meroket. Tak heran, berbagai fasilitas gym dipadati oleh kalangan usia ini. Beberapa di antaranya datang dari kalangan elajar, mahasiswa, dan pekerja.
FIT HUB, salah satu fasilitas layanan gym secara khusus membuka pintu bagi pelajar dan mahasiswa untuk datang ke lokasinya. Diza Anindita, Head of Marketing FIT HUB mengatakan, mereka memberi penawaran spesial bagi pelajar dan mahasiswa yang memiliki motivasi untuk sehat dengan berolahraga. Hal tersebut menjadi bentuk upaya sambutan FIT Hub terhadap tingginya pasar usia Gen Z yang ada di fasilitas gym mereka.
“Anggota kita didominasi usia 18-35 tahun. Biasanya orang-orang yang baru kerja, mereka mula merasaka pentingnya berolahraga dan butuh tempat nyaman dengan fasilitas bagus ya. Makanya mereka tertarik pilih gym,” kata Diza.
Pada Maret 2023 lalu, pelanggan FIT HUB tercatat meningkat lima kali lipat hanya dalam satu tahun. Pertumbuhan yang sangat menggembirakan ini memperlihatkan meningkatnya peminat gym.
Terlebih, setengah dari pelanggan FIT HUB merupakan orang yang baru pertama kali menggunakan faslitas gym. ”Memang saat ini sebanyak 50 persen pelanggan FIT HUB baru pertama kali menggunakan fasilitas gym,” jelasnya.
Diza juga menyebut, angka anggota gym di FIT HUB itu kian meningkat setelah pandemi selesai. Menurutnya, rasa bosan menjalani olahraga yang monoton di rumah turut mendorong membeludaknya pasar gym saat ini.
“Mereka biasanya banyak workout dari rumah, bahkan ada yang memulai keinginan olahraganya di rumah karena terhalang pandemi. Jadi, begitu keadaan sudah terkendali seperti sekarang, mereka memanfaatkan momentum offline activities ini,” jelas Diza.
Riset McKinsey Health Institute pada 2022 pun menyatakan bahwa sebagian besar masyarakat mengakui bahwa kesehatan membantu menjalani kehidupan yang bermakna, produktif, dan memuaskan.
Aktor dan kreator, Dion Wiyoko menyampaikan jika memupuk kebiasaan pola hidup sehat sejak dini merupakan hal penting. Baginya, olahraga merupakan prioritas sebagai bagian dari tujuan investasinya untuk bisa melihat anak-anaknya tumbuh hingga usianya tua.
“Saya bukan cuma mikirin tujuan pendek seperti turun berat badan, tapi menanamkan bagaimana caranya pola hidup sehat ini menjadi habit buat investasi jangka panjang saya,” terang Dion.
Baca juga: Kembalikan Fokus dengan Brain Gym, Ini 7 Gerakan yang Bisa Dicoba
Editor: Dika Irawan
Milenial dan Gen Z mulai melirik hal itu. Penelitian dari survei yang diselenggarakan CivicScience menunjukkan, hampir 50 persen rentang usia Gen Z melakukan olahraga beberapa kali dalam seminggu. Rentang usia ini di atas rata-rata berbanding dengan populasi umur lainnya.
Baca juga: Ini 5 Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil
Begitu pula dengan aktivitas gym dan fitnes yang ikut meroket. Tak heran, berbagai fasilitas gym dipadati oleh kalangan usia ini. Beberapa di antaranya datang dari kalangan elajar, mahasiswa, dan pekerja.
FIT HUB, salah satu fasilitas layanan gym secara khusus membuka pintu bagi pelajar dan mahasiswa untuk datang ke lokasinya. Diza Anindita, Head of Marketing FIT HUB mengatakan, mereka memberi penawaran spesial bagi pelajar dan mahasiswa yang memiliki motivasi untuk sehat dengan berolahraga. Hal tersebut menjadi bentuk upaya sambutan FIT Hub terhadap tingginya pasar usia Gen Z yang ada di fasilitas gym mereka.
“Anggota kita didominasi usia 18-35 tahun. Biasanya orang-orang yang baru kerja, mereka mula merasaka pentingnya berolahraga dan butuh tempat nyaman dengan fasilitas bagus ya. Makanya mereka tertarik pilih gym,” kata Diza.
Pada Maret 2023 lalu, pelanggan FIT HUB tercatat meningkat lima kali lipat hanya dalam satu tahun. Pertumbuhan yang sangat menggembirakan ini memperlihatkan meningkatnya peminat gym.
Terlebih, setengah dari pelanggan FIT HUB merupakan orang yang baru pertama kali menggunakan faslitas gym. ”Memang saat ini sebanyak 50 persen pelanggan FIT HUB baru pertama kali menggunakan fasilitas gym,” jelasnya.
Diza juga menyebut, angka anggota gym di FIT HUB itu kian meningkat setelah pandemi selesai. Menurutnya, rasa bosan menjalani olahraga yang monoton di rumah turut mendorong membeludaknya pasar gym saat ini.
“Mereka biasanya banyak workout dari rumah, bahkan ada yang memulai keinginan olahraganya di rumah karena terhalang pandemi. Jadi, begitu keadaan sudah terkendali seperti sekarang, mereka memanfaatkan momentum offline activities ini,” jelas Diza.
Riset McKinsey Health Institute pada 2022 pun menyatakan bahwa sebagian besar masyarakat mengakui bahwa kesehatan membantu menjalani kehidupan yang bermakna, produktif, dan memuaskan.
Aktor dan kreator, Dion Wiyoko menyampaikan jika memupuk kebiasaan pola hidup sehat sejak dini merupakan hal penting. Baginya, olahraga merupakan prioritas sebagai bagian dari tujuan investasinya untuk bisa melihat anak-anaknya tumbuh hingga usianya tua.
“Saya bukan cuma mikirin tujuan pendek seperti turun berat badan, tapi menanamkan bagaimana caranya pola hidup sehat ini menjadi habit buat investasi jangka panjang saya,” terang Dion.
Baca juga: Kembalikan Fokus dengan Brain Gym, Ini 7 Gerakan yang Bisa Dicoba
Editor: Dika Irawan
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.