Ibu hamil yang sedang menggunakan gym ball (Sumber gambar : Pexels/Yan Krukov)

Ini 5 Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil

19 April 2022   |   15:01 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bagi semua calon ibu, masa kehamilan hingga persalinan bukan hal yang mudah apalagi jika harus dihadapi dengan rasa tidak nyaman, pegal, dan sakit di area tubuh. Untungnya saat ini sudah banyak metode untuk mengatasi keluhan tersebut seperti berolahraga menggunakan gym ball.

Genhype mungkin pernah melihat gym ball di pusat kebugaran. Namun bola serbaguna ini ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk berolahraga, namun kalian juga dapat menggunakannya pada masa kehamilan, persalinan, bahkan setelah melahirkan.

Berbeda dengan bola latihan yang ada di pusat kebugaran gym ball atau yang dikenal sebagai birthing ball memiliki ukuran yang lebih besar dengan lapisan antiselip sehingga kalian dapat duduk di atas bola untuk waktu lama.

Gym ball dapat mengurangi rasa sakit dan membantu ibu hamil merasa lebih nyaman selama persalinan. Kebanyakan gym ball berbentuk bulat, tetapi ada juga yang berbentuk kacang.

Bola-bola ini lebih besar di ujungnya dan memiliki bagian tengah yang sempit, seperti kacang, sehingga bisa digunakan sambil berbaring di tempat tidur.

Ukurannya pun dapat disesuaikan. Seperti dilansir melalui Healthline, jika tinggi bunda kurang dari 165 cm, bisa menggunakan bola dengan tinggi 55 cm, sementara buat yang tingginya lebih dari 165 cm, bola yang digunakan setinggi 75 cm.

Untuk kalian yang masih penasaran, yuk simak manfaat gym ball berikut ini.


1. Mengatasi nyeri punggung bawah

Ibu hamil di periode trimester kedua dan ketiga biasanya mengalami pegal atau nyeri di punggung bawah. Duduk di sofa, kursi, atau permukaan datar lainnya bisa membuat tubuh makin tidak nyaman. Nah, lengkungan gym ball khusus ini dapat mengurangi tekanan di panggul, punggung bawah, dan tulang belakang.


2. Bantu perbaiki postur tubuh ibu dan posisi bayi 

Duduk di atas bola ini dalam posisi tegak dapat memperkuat otot perut, punggung, dan memperbaiki postur tubuh. Gym ball untuk ibu hamil ini juga dapat mendorong pembukaan otot panggul, memberikan ruang bagi bayi untuk turun ke panggul sebagai persiapan untuk lahir.


3. Membuat nyaman saat proses persalinan

Menggunakan birthing ball dengan berbagai posisi membantu meringankan tekanan panggul atau tulang belakang. Misalnya dengan posisi lutut di atas bantal, tubuh condong ke depan seraya memeluk bola, dapat memberi kenyamanan mendekati tahap mengejan, terutama ibu yang dan tidak bisa duduk karena tekanan panggul.


4. Mengatasi kecemasan

Ada bukti yang menunjukkan bahwa menggunakan bola bersalin selama persalinan dapat mengurangi stres dan kecemasan, serta nyeri persalinan. Sebuah studi pada 2013, sebanyak 203 wanita hamil dirawat di rumah sakit melakukan latihan bola bersalin selama 30 menit, berkurang tingkat rasa sakit dan kecemasannya. 


5. Membantu kondisi pascapersalinan

Rasa sakit dan tekanan di area antara vagina hingga anus kerap dialami ibu yang melahirkan secara normal. Dengan gym ball ini, ibu bisa duduk dengan nyaman seraya menyusui bayi atau bersantai.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sebentar Lagi Lebaran, Ini 7 Ide Usaha yang Cuan

BERIKUTNYA

Ragam Upaya Menyiapkan Generasi Emas Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: