Ilustrasi (Dok. Cliff Booth/Pexels)

Kembalikan Fokus dengan Brain Gym, Ini 7 Gerakan yang Bisa Dicoba

11 December 2021   |   13:40 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pernah berusaha fokus tetapi tidak bisa? Bisa jadi itu tanda kurang konsentrasi. Hal ini bisa terjadi karena otak kanan dan kirimu tidak bekerja secara maksimal. Tetapi kamu tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa meningkatkan kinerja kedua belah otak dengan melakukan brain gym.

Seperti namanya, brain gym adalah serangkaian gerakan sederhana yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak dan menunjang pembelajaran.

Kedaireka, platform sinergi perguruan tinggi dan industri milik Kemendikbudristek, mengajak Riliv dan Fakultas Universitas Katolik Widya Mandala Madiun menghadirkan gerakan-gerakan X-Brain yang didesain langsung untuk mengasah otak kamu.

Simak yuk gerakan apa saja yang bisa kamu coba!


1. Putaran leher (neck rolls)


Gerakan pertama dimulai dari bagian kepala. Gerakan ini sangat mudah, kamu bisa melakukannya di mana saja. Cukup tegakkan bahumu, tundukkan kepalamu ke depan, lalu putar kepala ke sisi kanan dan kiri.

Dengan melakukan putaran leher, kamu bisa meredakan rasa tegang di bagian leher. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan penglihatan dan pendengaran karena gerakan ini membantu mata dan telingamu bekerja sama dengan baik.
 

2. Gerakan silang (cross crawl)


Gerakan silang dilakukan dengan menggerakkan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri dan tangan kiri dengan kaki kanan. Tidak hanya diam di tempat, kamu juga bisa sambil berjalan saat melakukan gerakan silang.

Gerakan ini punya banyak manfaat lho Genhype. Melalui gerakan silang, kamu bisa meningkatkan koordinasi kiri dan kanan, memperbaiki pernapasan dan stamina, serta meningkatkan pendengaran dan penglihatan.
 

3. Delapan tidur (lazy 8)


Kamu tentu sudah tahu angka 8. Nah, untuk gerakan kali ini, kamu bisa membuat angka 8 namun secara horizontal di udara. Caranya, kepalkan tanganmu dan sisakan jari jempol, kemudian buat angka 8 tidur dari sebelah kiri, dengan mata harus mengikuti gerakan angka 8 tersebut. Lakukan gerakan ini 3 kali untuk setiap tangan dan 3 kali untuk kedua tangan.

Saat mata mengikuti gerakan angka 8, ternyata kamu sedang mengaktifkan dan mengintegrasikan mata kiri dan kanan, lho. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kemampuan penglihatan.

 

c

Gerakan silang berbaring (cross crawl sit-ups)-Dok. YouTube/Riliv

  
1
2


SEBELUMNYA

Mengemudi Sambil Mendengarkan Musik? Ini Tips Amannya!

BERIKUTNYA

Waspadai Risiko Penyakit Pasca-Tuberkulosis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: