Tampil lebih slim ASUS juga menyematkan kamera IR FHD berukuran lebih kecil. (Sumber gambar: ASUS)

Cek Spesifikasi ASUS Zenbook S 13 OLED, Laptop Tipis & Ringan dengan Fitur Lengkap

22 May 2023   |   21:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Vendor Asus kembali menghadirkan laptop ultralight ke pasar Indonesia yakni Zenbook S 13 OLED (UX5304). Laptop ini tidak hanya sekedar tampil laptop OLED tipis dan ringan yang pernah ada, tetapi juga keluaran dari seri Zenbook yang digadang paling ramah lingkungan.

Zenbook S 13 OLED merupakan laptop ultraportable yang sangat tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 1 cm dan bobot 1 kg. Dibuat dengan  material khusus laptop ini pun  tampil lebih ringkas dan ringan dibanding generasi sebelumnya tanpa mengorbankan kinerja, konektivitas, atau daya tahan baterai.
 
Tampil lebih slim, ASUS juga menyematkan kamera IR FHD berukuran lebih kecil tapi tetap memiliki fitur lengkap dan ditanam langsung ke dalam bagian layar yang dibuat dengan proses CNC. Selain itu, panel OLED yang lebih tipis juga digunakan untuk laptop ini sehingga bagian layar laptop menjadi 30 persen  lebih tipis.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Ultra Tipis Berstandar Militer

“Inovasi ASUS tidak hanya fokus pada perangkat, tetapi juga dampak lingkungan yang berkelanjutan dari perangkat tersebut. Zenbook S 13 OLED akan segera hadir dan menjadi laptop ramah lingkungan yang paling ringkas di Indonesia," ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia dalam keterangan pers, Senin (22/5/23). 


Manfaatkan Bahan Daur Ulang Industri

Zenbook S 13 OLED juga menggunakan papan sirkuit dengan lapisan lebih sedikit, kerapatan kabel lebih tinggi, dan lebih banyak transistor, sehingga memberikan kinerja lebih baik dengan bobot lebih ringan di ruang yang lebih ringkas.

Selain itu, motherboard laptop ini juga dirancang dengan presisi untuk menampung dua kipas yang sangat tipis yang meningkatkan aliran udara untuk pendinginan yang lebih baik. Semuanya membuat bagian bodi utama laptop dapat hadir dengan ukuran 25 persen lebih tipis.

 

Zenbook S 13 OLED (Sumber gambar ASUS)

Zenbook S 13 OLED (Sumber gambar ASUS)




Sementara, untuk meminimalkan bobot, paduan bahan magnesium-aluminium digunakan pada bagian keyboard deck yang dibuat dengan proses CNC sehingga menghasilkan struktur yang kokoh. Penutup kaca sangat tipis juga digunakan pada touchpad, yang mengurangi ketebalan di bagian keyboard deck.

Memanfaatkan bahan magnesium-aluminium hasil daur ulang industri pembuatan laptop ini juga mengurangi jejak karbonnya lebih dari 50 persen. Bahkan, tombol dan speaker Zenbook S 13 OLED juga diproduksi menggunakan plastik daur ulang. 

Selain itu, Zenbook S 13 OLED juga memiliki efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melampaui standar dari ENERGY STAR sebesar 43 persen. Seluruh upaya tersebut dihadirkan agar Zenbook S 13 OLED dapat hadir sebagai laptop zero carbon emission.


Konektivitas dengan Fitur Lengkap

Zenbook S 13 OLED adalah laptop ultra-ringkas yang dilengkapi dengan berbagai port I/O sehingga pengguna tidak perlu membawa dongle atau adaptor saat bepergian. Tak hanya itu, laptop ini juga menawarkan ketahanan baterai hingga 14 jam streaming video serta menawarkan pendinginan dan kinerja yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 sendiri dapat mendukung pengisian cepat, tampilan eksternal 4K, dan transfer data hingga 40 Gbps. Selain itu, terdapat juga port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan 3.5mm combo audio jack.  Adapun, untuk pengalaman video conference yang lebih baik di mana saja, kamera IR FHD di Zenbook S 13 OLED juga telah dilengkapi dengan efek visual khusus serta teknologi AI noise-cancelling
 

Zenbook S 13 OLED (sumber gambar ASUS)

Zenbook S 13 OLED (sumber gambar ASUS)

Kamera dalam laptop ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah. Sementara paduan sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster dapat menghadirkan pengalaman audio berkelas bagi para penggunanya.

Selain itu, touchpad ASUS ErgoSense di Zenbook S 13 OLED kini  juga tampil dengan ukuran yang 9,5 persen lebih besar. Hal tersebut memungkinkan navigasi yang lebih mudah, nyaman, dan responsif, dengan lapisan anti-sidik jari yang mudah dibersihkan.

ASUS Zenbook S13 OLED sudah sudah tersedia untuk pre-order di ASUS Online Store dan BliBli. Pelanggan yang melakukan pre-order akan mendapatkan ASUS Marshmallow Mouse (MD100).

Baca juga: Spesifikasi Acer Nitro ANX, Laptop Berperforma Tinggi yang Cocok untuk Multitasking Berat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Boy Group Seventeen Bakal Konser di Seoul Pada 21-22 Juli 2023

BERIKUTNYA

Cara Membuat Desain Kamar Tidur Remaja Putri ala Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: