Laptop bisnis ASUS ExpertBook B9 (B9400) (Sumber gambar: ASUS)

Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Ultra Tipis Berstandar Militer

09 May 2023   |   16:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
ExpertBook B9 (B9400) menjadi laptop lini bisnis terbaru dari ASUS yang dibawa ke pasar Indonesia. Laptop flagship yang ditujukan untuk para C-level executive ini menawarkan spesifikasi yang menarik, tak terkecuali di sektor prosesor yang mendapatkan beberapa pembaharuan.

Masih melanjutkan lini produk ExpertBook B9 yang dirilis tahun lalu, model terbarunya ini sudah ditanam prosesor Intel jenis terbaru dari generasi ke-12, yakni Inter Core i7-1255U. prosesor kelas terbaru ini didukung dengan grafis Iris Xe yang akan membuat laptop bisnis ini memiliki kinerja yang cepat dan responsif.

“Sama seperti halnya segmen consumer laptop, segmen bisnis juga perlu mengikuti perkembangan teknologi. ASUS ExpertBook B9 (B9400) menjawab tantangan tersebut dan merupakan solusi yang tepat,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia dalam keterangan pers yang diterima Hypeabis.id, Selasa (5/9).

Baca juga: Cek Spesifikasi dan Harga ASUS ExpertBook P1, Debut Laptop Buatan Lokal

Tak perlu khawatir dengan kapasitas penyimpanan. Laptop ini sudah menggunakan RAM lega dengan kapasitas 32GB dan storage cepat berbasis SSD M.2 NVMe PCLe 3.0 sebesar 2TB. Kapasitas penyimpanan ini memang tampaknya jadi salah satu fokus ASUS.

Mereka menyebut kapasitas besar merupakan hal krusial bagi laptop bisnis, terutama mereka yang duduk di C-level. Dengan kapasitas memori yang lega, laptop ini akan bisa dengan mudah menyimpan data kritikal perusahaan. RAM yang besar juga akan mendukung aktvitas multitasking yang berat.

Asus

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B9 (B9400) (Sumber gambar: ASUS)

Tak hanya dari sisi prosesor, ExpertBook B9 (B9400) juga menawarkan sejumlah keunggulan lain yang membuat pangsa pasar laptop bisnis menjadi cukup sengit. Salah satu yang jadi daya tariknya adalah fitur keamanan yang mumpuni.

Lini laptop bisnis ASUS ini menawarkan keselamatan dan perlindungan serius untuk melindungi data berharga yang terkandung di dalamnya. Adanya fitur ASUS AdaptiveLock membuat laptop ini bisa mendeteksi keberadaan pengguna dengan menggunakan kamera inframerah terintegrasi untuk mengenali wajah penggunanya.

Saat pengguna beranjak pergi, ExpertBook B9 secara otomatis terkunci dan membuat laptop otomatis melindungi data di dalamnya. Ada juga penutup fisik yang dapat menutupi webcam ExpertBook B9 bila diperlukan untuk jaminan privasi instan saat webcam tidak digunakan.

ExpertBook B9 juga memiliki keamanan biometrik bawaan, dengan sensor sidik jari untuk akses mudah. Pengguna cukup mengetuk tombol untuk masuk, tanpa perlu pusing memikirkan kata sandi atau PIN yang sulit diingat. Chip TPM 2.0 diskrit juga tersedia dan dapat menyimpan informasi otentikasi yang digunakan oleh perangkat lunak, seperti kata sandi atau kunci enkripsi.

Chip hardware ini berfungsi untuk menjaga data-data detail pengguna agar tetap terenkripsi dan hampir sepenuhnya mampu menghilangkan risiko kebocoran melalui peretasan. Kemudian, slot kunci Kensington yang terintegrasi memungkinkan ExpertBook B9 untuk diamankan secara fisik di lokasi yang tidak diawasi.


Laptop Tipis Tapi Kuat

 

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B9 (B9400) (Sumber gambar: ASUS)

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B9 (B9400) (Sumber gambar: ASUS)
 

Sebagai laptop bisnis, ExpertBook B9 (B9400) termasuk ringan. Laptop 14 inci ini hanya memiliki berat 880 gram dengan ketebalan 14,9 mm. Meski tipis, laptop ini sudah menggunakan material magnesium-lithium alloy premium.

Di sisi lain, desain ultra tipis ini tetap mengutamakan kekuatan bodi. Laptop ini sudah memenuhi standar militer AS MIL-STD 810H terkemuka di industri. Saat diproduksi, laptop ini telah menjalani pengujian in-house yang luas dan ketat, termasuk panel-tekanan, shock dan drop test.

Tak hanya itu, laptop ini juga diciptakan dengan memikirkan lingkungan. ExpertBook B9 dirancang dengan mempertimbangkan dampak lingkungan secara keseluruhan, mulai produsen hingga daur ulang akhir.

Bahkan, kemasannya dibuat secara ramah lingkungan, dengan kotak aksesori ExpertBook B9 yang bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC) dapat berubah menjadi penyangga laptop untuk memanfaatkan material daur ulang yang digunakan. Terlebih, laptop ini juga bisa melakukan efisiensi energi yang luar biasa berkat sertifikasi ENERGY STAR 8.0 dan EPEAT Gold.

Untuk mendukung aktivitas bisnis, laptop ini memiliki daya tahan baterai hingga 16 jam dalam satu kali pengisian daya. Laptop ini juga sudah dibekali teknologi pengisian cepat. Pengisian kapasitas baterai hingga 60 persen hanya butuh waktu 44 menit.

ExpertBook B9 sangat cocok untuk bekerja secara hybrid dengan fitur-fitur seperti webcam AI- enhanced untuk panggilan video berkualitas tinggi, teknologi ASUS AI noise-canceling untuk panggilan konferensi yang jelas, audio multi-dimensi Dolby Atmos® yang kuat. ExpertBook B9 dibanderol dengan harga Rp40.799.000.

Baca juga: Cek Spesifikasi Chipset Terbaru AMD Ryzen Z1 Series, Bakal Dipakai Asus ROG Ally

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Waspada Risiko Minum Air Dingin di Tengah Cuaca Panas, Bisa Sebabkan Flu hingga Diare

BERIKUTNYA

Buat Calon Pasangan, Hal-Hal Ini Sebaiknya Dibahas Sebelum Menikah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: