Kopi Kenangan. (sumber gambar: Instagram/Kopi Kenangan)

Kopi Kenangan Siap Ekspansi ke 5 Negara Asean

21 May 2023   |   06:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Siapa sih yang enggak kenal Kopi Kenangan? Yup brand ini telah menjadi salah satu top of mind untuk merek kopi kekinian. Nah, setelah sukses berkiprah di dalam negeri sejak pertama kali didirikan pada 2017 lalu, Kopi Kenangan kini makin ekspansif mengincar pasar luar negeri loh, Genhype.

Pasca meresmikan gerai pertamanya di Suria KLCC, Malaysia pada Oktober 2022 lalu, jaringan New Retail F&B Unicorn ini mulai mengincar negara-negara Asean lainnya sehingga diharapkan hingga 2030 bisa membuka gerai di lima negara mulai dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, hingga Vietnam.

Baca juga: Kopi Kenangan Go Global, Buka Gerai Pertama di Malaysia

Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kenangan Brands mengatakan hingga akhir tahun ini pihaknya merencanakan untuk menambah satu atau dua negara lainnya di luar Malaysia sehingga ditargetkan sampai akhir tahun akan ada 150 gerai di luar negeri.

Untuk brand yang akan digunakan saat ekspansi, Kopi Kenangan akan beroperasi di bawah nama Kenangan Coffee sebagai nama merek internasional yang digunakan di luar Indonesia.

"Kami ingin menerapkan kesuksesan model bisnis kopi dari Kopi Kenangan ke pasar luar negeri, yang dimulai dari Malaysia. Tujuannya kami ingin mengenalkan kopi Indonesia yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang,” tuturnya.

Masih mengandalkan kopi Indonesia, Kenangan Coffee akan mengenalka Kenangan Latte yang diadaptasi dari menu andalan Kopi Kenangan di Indonesia yaitu Kopi Kenangan Mantan. 

Di Indonesia sendiri, Kopi Kenangan telah memiliki lebih dari 800 outlet yang tersebar di 64 kota di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan bisnisnya, perusahaan terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai produk-produk unggulan yang tak hanya berfokus pada kopi.

Adapun sejumlah produk F&B lain yang dikembangkan antara lain Cerita Roti, Chigo, Kenangan Heritage, Kenangan Manis, yang semuanya bernaung dalam grup Kenangan Brands. Edward mengatakan bahwa perusahaan terus  berkomitmen menghadirkan produk berkualitas yang dapat dinikmati oleh para konsumen baik di Indonesia maupun luar negeri.

“Untuk menjadi top of mind masyarakat, kami harus terus berinovasi dengan terus mengembangkan menu baru dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak,” katanya.

Selain menghadirkan produk, Kenangan Brands juga memperluas jangkauannya dengan membuka Kenangan Heritage pada Oktober 2021 lalu untuk memberikan pengalaman baru yang lebih berkelas bagi para penikmat kopi. Dengan nuansa interior yang hangat dan cozy, Kenangan Heritage juga menggandeng Mikael Jasin untuk memilih kopi dan menu Kenangan Heritage.

Baca juga: Ini 5 Strategi Bisnis Sukses dari Kopi Kenangan

Sebagai perusahaan yang terus bertumbuh, Edward menyadari bahwa perusahaan juga perlu menerapkan bisnis yang berkelanjutan atau sustainable yang tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis semata tetapi juga terhadap keberlanjutan lingkungan.

“Kami menyadari bahwa perusahaan yang berkelanjutan [sustainable] harus menjadi perusahaan yang sehat secara finansial [profitable], sehingga dapat mendukung berbagai faktor lingkungan, sosial, tata kelola [ESG-Environment, Social, dan Governance],” tuturnya.

Sebab, diakui olehnya bahwa strategi yang holistik diperlukan untuk memastikan bisnis dapat berkembang di ranah berkelanjutan. Karena itulah, saat ini perusahaan telah mulai menerapkan eco-friendly operations dengan fokus utama untuk mencapai Zero Waste to Landfill sehingga pada 2030, Kenangan Brands diharapkan dapat mencegah sampah operasional masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Matching Fund Dana Indonesiana Dorong Kolaborasi Film Lokal di Tingkat Internasional

BERIKUTNYA

Menengok Karya Seni dari Jaring Hantu di Pameran Ghost Nets: Awakening the Drifting Giants

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: