ilustrasi peresmian Kopi Kenangan di Malaysia (sumber gambar : Kopi Kenangan)

Kopi Kenangan Go Global, Buka Gerai Pertama di Malaysia

18 October 2022   |   13:27 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Merek minuman kekinian asal Indonesia makin banyak yang mulai melebarkan sayapnya ke kancah intenasional. Langkah tersebut salah satunya dilakukan Kopi Kenangan yang membuka gerai pertamanya di Suria KLCC, Malaysia pada Senin (17/10/2022), sebagai langkah awal mewujudkan misi ekspansi ke pasar global. 

Kopi Kenangan, yang mengklaim diri sebagai unikorn pertama bidang new retail F&B di Asia Tenggara ini menerapkan kesuksesan model bisnis kopi grab-and-go di Indonesia ke pasar luar negeri, yang dimulai dengan Malaysia

Baca juga: Ini 5 Strategi Bisnis Sukses dari Kopi Kenangan

Edward Tirtanata selaku CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan mengatakan pembukaan gerai pertama di Malaysia ini menjadi langkah awal dalam menjalankan misi ekspansi global. 

Dia menyebutkan ada beberapa pertimbangan dalam memilih Malaysia sebagai negara tujuan ekspansi global yang pertama. Yaitu karena kecintaan orang Malaysia terhadap makanan dan minuman, dan tren perkembangan budaya kopi yang stabil akan turut mendukung perkembangan model bisnis grab-and-go.

Selain itu, dia juga melihat ada banyak kesamaan yang dimiliki konsumen Malaysia dengan Indonesia dalam hal cita rasa, dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru.

Menurutnya, proyeksi sektor F&B di Malaysia juga menjanjikan karena negara tersebut tengah memacu transformasi dalam penerapan ekonomi digital sebagai fokus utama. Hal itu sejalan dengan konsep bisnis yang diterapkan Kopi Kenangan.

“Tujuan kami membangun Kopi Kenangan adalah untuk mengenalkan kopi Indonesia yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang. Kami senang bisa berbagi cita rasa kopi Indonesia dengan orang Malaysia,” ujarnya.

James Prananto, Chief Business Development dan Co-Founder Kopi Kenangan mengatakan bahwa Kopi Kenangan akan beroperasi di bawah nama Kenangan Coffee, sebagai merek internasional yang digunakan di luar Indonesia.

“Kami ingin memfokuskan pada kata kunci ‘Kenangan’, dengan harapan kami dapat memperlakukan setiap konsumen yang datang ke gerai sebagai teman, dan setiap cangkir kopi yang kami buat dengan cinta dapat meninggalkan kenangan yang baik untuk para konsumen,” jelasnya.

James juga mengatakan bahwa perusahaan memiliki visi menjadi merek kopi yang paling dicintai konsumen di Asia Tenggara. “Dan Malaysia akan menjadi langkah awal kami dalam mencapai misi tersebut,” ujarnya.

Selain gerai pertamanya di Suria KLCC, Kenangan Coffee juga akan membuka empat gerai lainnya di MyTown Cheras, Pavilion KL, NU Sentral KL, dan Sunway Pyramid PJ pada akhir tahun ini.


PELATIHAN BARISTA

Kenangan Coffee juga meluncurkan Kenangan Academy di Uptown, PJ, untuk menyediakan berbagai program pelatihan yang diperuntukkan bagi para barista dan karyawan, dengan tujuan menjadi pusat pelatihan profesional di bidang F&B terbaik di Malaysia.

Sejalan dengan komitmen dalam menyajikan kualitas terbaik untuk konsumen, Kopi Kenangan juga menggandeng Mikael Jasin, World’s 7th Best Barista (2021), sebagai Head of Coffee yang akan menerapkan pengalaman dan pengetahuannya untuk memilah biji kopi berkualitas hingga akhirnya dapat dinikmati oleh konsumen.

Baca juga: Begini Perjalanan Kopi Kenangan Menyandang Status Unicorn

Kenangan Coffee akan mengenalkan menu andalannya pertama kali, Kenangan Latte yang diadaptasi dari menu andalan Kopi Kenangan di Indonesia yaitu Kopi Kenangan Mantan, dan Avocado Coffee  serta berbagai pilihan kopi lainnya yang ada di berbagai gerai Kenangan Coffee.

Adapun harga percangkirnya cukup terjangkau dengan kualitas yang ditawarkan. Kenangan Coffee juga akan memperkenalkan berbagai pilihan makanan sebagai pendamping kopi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Alasan Brand Lokal Makin disukai Masyarakat Indonesia

BERIKUTNYA

Science Film Festival Kembali Digelar, Usung Tema Kesempatan yang Setara di Dunia Sains

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: