Saat ini layanan tersebut hanya baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat. (sumber gambar Unsplash/Sanket Mishra)

Sukses di Dekstop, OpenAI Luncurkan Aplikasi ChatGPT Gratis untuk iOS

20 May 2023   |   18:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar gembira sepertinya siap menyapa para pengguna gawai dengan sistem operasi iOS. Pasalnya, teknologi terbarukan besutan OpenAI, yakni ChatGPT telah diluncurkan bagi pengguna ponsel keluaran Apple itu. Sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan chatbot AI-nya yang populer.

Ya, layanan pengolah teks berdasarkan model Generative Pre-training Transformer (GPT) ini memang mulai diterapkan banyak pihak. Pasalnya, ChatGPT dapat digunakan untuk pembuatan berbagai konten, termasuk penulisan otomatis, pembentukan percakapan, hingga lirik lagu dan puisi berbasis algoritma.

Hal ini sebagaimana dikabarkan oleh akun media sosial OpenAI pada Kamis (18/5/23) yang tengah menguji coba aplikasi teranyar itu untuk platform iOS. Namun, saat ini layanan tersebut hanya baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, meski ke depannya akan segera diperluas ke negara lain.

"Aplikasi ChatGPT baru ini akan dapat digunakan dengan bebas dari iklan, dan akan memungkinkan input suara. Namun pada awalnya aplikasi ini akan diuji coba secara terbatas hanya untuk pengguna AS saat diluncurkan," kata pengumuman tersebut dikutip dari laman resmi OpenAI.

Baca juga: Cek Kelebihan GPT-4, Versi Baru ChatGPT dari OpenAI
 

Ke depan, laiknya versi desktop, aplikasi ChatGPT juga memungkinkan pengguna berinteraksi dengan chatbot AI untuk mengajukan pertanyaan tanpa menjalankan pencarian web tradisional. Adapun, rilis baru dari aplikasi ini diharap dapat mendorong lebih banyak pengguna untuk mencoba ChatGPT di ponsel mereka.

"Pelanggan ChatGPT Plus juga mendapatkan akses eksklusif ke kemampuan GPT-4, akses awal ke fitur, dan waktu respons lebih cepat, semuanya di iOS," imbuh pengumuman tersebut.

Peluncuran ChatGPT untuk iOS dilakukan enam bulan setelah OpenAI pertama kali merilis ChatGPT online ke publik. Rilis ini pun dengan cepat memicu perlombaan AI di industri teknologi. Salah satunya mengenai pengembangan alat yang dapat menghasilkan karya tulis dan gambar yang menarik sesuai permintaan pengguna.

Aplikasi ChatGPT terbaru ini bahkan disebut memiliki kemampuan yang sama dengan versi web alat chatbot yang sebelumnya telah diluncurkan OpenAI. Bahkan, dengan aplikasi ini, pengguna juga dapat mengirim perintah suara melalui mikrofon ponsel alih-alih mengetiknya, dan menyinkronkan riwayat di seluruh perangkat. 

Oleh karena itu, peluncuran ini mungkin juga kan berdampak pada Google, mesin telusur default saat ini yang sudah ada di Safari pada iPhone Apple. Adapun, setelah uji coba, penawaran langganan kan segera diluncurkan pada Februari 2024 dengan biaya US$20 atau setara Rp298.000 per bulan untuk fitur yang ditingkatkan.

Sebelumnya, OpenAI sendiri telah mematok biaya paket sebesar US$20 per bulan bagi yang ingin menggunakan ChatGPT Plus. Dengan akses berlangganan itu, OpenAI mengatakan bakal memberi akses prioritas ke AI chatbot, bahkan saat traffic ChatGPT sedang ramai di mana para pengguna gratis sering harus antri menunggu.

"Dengan aplikasi ChatGPT untuk iOS, kami mengambil langkah lain menuju misi kami dengan mengubah penelitian canggih menjadi alat bermanfaat yang memberdayakan orang, sambil terus membuatnya lebih mudah diakses," jelas pengumuman tersebut.

Baca juga: A to Z ChatGPT & Pertanyaan yang Paling Sering Muncul tentang AI Canggih Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menikah, Intip Cantiknya Enzy Storia Dalam Balutan Busana Khas Minang

BERIKUTNYA

Aksen Leonardo DiCaprio di Trailer Killers of the Flower Moon Tuai Perdebatan, Cek Sinopsis Filmnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: