Contoh beberapa makanan penurun hipertensi (Sumber gambar : Pexels/Pixabay)

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Hipertensi, Milenial & Gen Z Wajib Catat!

20 May 2023   |   14:05 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji atau instan memiliki dampak buruk untuk kesehatan lho, Genhype. Mayoritas tergolong rendah nutrisi ini dapat menimbulkan risiko kolesterol yang menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ya, hipertensi bukan lagi penyakit yang dikaitkan dengan usia tua. 

Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Pekanbaru dr. Hady, menerangkan hipertensi dapat menyerang kaum milenial maupun gen z akibat pola hidup serta konsumsi makanan yang tidak sehat. Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah pada tubuh melebihi batas normal. 

“Kondisi normal tekanan darah dalam tubuh orang dewasa adalah kurang dari 140/90 mmHg,” ujar Hady dalam keterangannya, dikutip Hypeabis.id, Sabtu (20/5/2023).

Baca juga: Simak Kiat Menjalani Diet Sehat bagi Pengidap Hipertensi

Jika diklasifikasikan, ada dua penyebab hipertensi yakni hipertensi primer dan sekunder. Dikatakan primer yakni  hipertensi yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti adanya beberapa perubahan pada jantung dan pembuluh darah secara bersama-sama. Sementara hipertensi sekunder yakni hipertensi yang diketahui penyebabnya seperti akibat penyakit ginjal dan kelainan hormonal atau pemakaian obat tertentu.

Hady menyampaikan, untuk mengelola tekanan darahnya, penderita hipertensi disarankan menjaga pola hidup sehat. Penting untuk mengatur pola tidur yang baik.

Tidur yang baik adalah minimal 7-8 jam satu hari. Apabila kondisi kurang tidur berkepanjangan, tubuh akan berada dalam kondisi stres yang akan memicu peningkatan hormon kortisol dan epinefrin, yang meningkatkan risiko darah tinggi.

Hady juga mengimbau agar menjaga berat badan. Salah satu penyebab hipertensi adalah berat badan yang berlebih (obesitas). Dengan mengkonsumsi makanan seimbang gizi dapat memperkecil risiko obesitas yang dapat menyebabkan hipertensi.

Jangan lupa untuk rutin berolahraga. Buatlah tubuh aktif bergerak setiap hari di luar rutinitas harian. Berbagai aktivitas fisik sederhana seperti berjalan kaki atau sekadar membersihkan kamar dapat dilakukan. Ini akan membuat tekanan darah tetap terkontrol serta dapat mengurangi risiko hipertensi pada orang yang belum mengidap penyakit ini. 

Selain itu, Hady menilai ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi kalium supaya mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dengan baik. Asupan kalium akan mempengaruhi tekanan darah karena rendahnya kalium pada tubuh akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah.

“Sebaliknya, jika tinggi kalium pada tubuh akan menurunkan tekanan darah,” jelasnya.

Buat kamu penderita hipertensi atau yang ingin tekanan darahnya dalam kondisi baik, berikut beberapa makanan yang mengandung banyak kalium. 


1. Mentimun

Mentimun kaya akan kalium, elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium (kandungan dalam garam) yang ditahan oleh ginjal. Selain itu, mentimun juga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol. 

Nutrisi inilah diperlukan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah. Mentimun dapat dijadikan jus dan diminum sebanyak 2 kali masing-masing 200 gram per-hari atau dikonsumsi secara langsung. 
 

2. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang mengatur tekanan aliran darah. Selain itu, dapat membantu mengurangi kerusakan pembuluh darah arteri. “Jadi, konsumsi brokoli dapat membantu mencegah terjadinya berbagai macam penyakit jantung dan stroke iskemik,” tutur Hady. 
 

3. Kentang

Kentang mengandung magnesium, kalium, dan serat yang tinggi. Tidak hanya itu, kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita hipertensi. Apabila dikonsumsi secara rutin, akan membantu menurunkan tekanan darah. 
 

4. Kubis atau Kol

Kubis atau kol memiliki kandungan kalium yang sangat baik di dalamnya. Hady menyampaikan satu cangkir kubis menyediakan 4 persen nilai harian kalium. Ini akan membantu menurunkan serta mengontrol tekanan darah dalam keadaan normal. 
 

5. Pisang

Buah satu ini tidak boleh dikesampingkan jika kamu ingin menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan kalium di dalam tubuh. Pisang mengandung kalium yang tinggi dan dapat menstabilkan tekanan darah. 

Kandungan kalium dalam pisang akan membantu proses sekresi natrium dan air di dalam darah. Natrium sendiri akan memicu peningkatan volume tekanan darah. Dengan konsumsi buah pisang, kandungan natrium dalam tubuh dapat dijaga, tekanan darah pun akan menurun. 

Baca juga: Studi Baru, 2 Cangkir Kopi Sehari Bisa Cegah Hipertensi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Calo Tiket Melanggar Hukum atau Enggak? Temukan Penjelasannya di Sini

BERIKUTNYA

Karina Aespa Ungkap Rahasia Tubuh Langsing Walau Makan Banyak, Yuk Dicoba!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: