Ilustrasi bitcoin (Sumber gambar: Aleksi Raisa/Unsplash)

Menelisik Sejarah dan Peringatan Bitcoin Pizza Day Setiap 22 Mei

22 May 2023   |   15:53 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini tak sedikit generasi muda yang makin melek investasi. Nah, salah satu jenis investasi yang paling banyak dipilih adalah mata uang kripto, salah satunya Bitcoin. Sebelum harga Bitcoin melambung seperti saat ini, pada 2008 seorang pemrogram bernama Laszlo Hanycez pernah lo membeli pizza dengan menukarkan 10.000 Bitcoin miliknya.

Wah padahal dihitung dengan harga saat saat ini, 1 Bitcoin saja harganya mencapai Rp400 juta. Jika dikalikan 10.000 maka harga pizza tersebut bisa mencapai Rp4 triliun.

Ya, peristiwa yang terjadi pada 22 Mei 2008 itu menjadi salah satu hari bersejarah dalam dunia kripto. Tak ayal, momen unik tersebut diperingati sebagai Bitcoin Pizza Day setiap tanggal 22 Mei setiap tahunnya.

Baca juga: Bitcoin Terus Melonjak, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berinvestasi

CEO Indodax Oscar Darmawan menjelaskan bahwa selain Halving Day, Bitcoin juga memiliki sejarah Bitcoin Pizza Day. “Bitcoin pertama kali ditransaksikan ditukarkan dengan Pizza,” ujarnya.

Saat itu miner dan programmer Bitcoin yang berasal dari Florida bernama Laszlo Hanyecz berpikir untuk menukar 10.000 BTC nya dengan pizza. Laszlo pun mengiklankan hal tersebut di forum Bitcointalk untuk membeli dua pizza dengan imbalan 10.000 Bitcoin.

Tawaran itu diterima oleh seseorang dan dengan cepat orang tersebut mengirimkan dua pizza Papa John ke Laszlo dan mendapatkan 10.000 BTC. Dan itu merupakan transaksi fisik pertama bitcoin yang tercatat dalam sejarah. Sejak saat itu, tiap 22 Mei dirayakan sebagai Bitcoin Pizza Day oleh komunitas mata uang kripto. 

Lantas, apakah peringatan Bitcoin Pizza Day ini akan menaikan harga Bitcoin? Jawabannya bisa ya ataupun tidak sebab harga Bitcoin dan kripto lainnya tergantung pasar. Jika Bitcoin memiliki pergerakan yang masif seperti adopsi Bitcoin oleh suatu institusi ataupun pembelian oleh orang terkemuka, kurang lebih akan meng-influence banyak orang untuk membeli aset itu.

Namun jika dilihat dari segi historikal nya, pada tahun lalu, Bitcoin sempat mengalami kenaikan sekitar 5 persen dari 22 Mei 2022-31 Mei 2022. Adapun pada tahun ini, harga Bitcoin kemungkinan besar masih akan mengalami kenaikan tipis. Namun, bukan berarti ini dipengaruhi oleh momen Bitcoin Pizza Day.

“Jadi, trader dan investor perlu berhati-hati dan melakukan riset mendalam soal momen-momen penting Bitcoin,” jelasnya.

Oscar berpendapat, Bitcoin Halving Day yang akan terjadi pada tahun depan adalah momen penting yang akan menaikkan harga seiring dengan semakin terbatasnya supply atau pasokan Bitcoin di mining zone.

Namun, dia mengingatkan investor untuk berhati-hati melihat momen Halving Day. Hal yang terpenting, lanjutnya, adalah pengelolaan keuangannya. “Jika, manajemen keuangan sudah baik, seorang investor atau trader pun bisa mendapatkan keuntungan, bahkan saat harga Bitcoin turun,” ucapnya.

Baca juga: 9 Rekomendasi Film tentang Kripto dan Bitcoin

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Belanja Online Kini Bisa Bayar dengan Metode QRIS on Delivery

BERIKUTNYA

Infinix X Onix Esports Umumkan Kolaborasi Anti Kalah bagi Gamers Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: