Ilustrasi (dok. Unsplash)

Simak 5 Tips Sukses Berinvestasi Ala Awkarin

01 October 2021   |   07:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, pada masa muda penting loh menyiapkan bekal finansial agar saat tua nanti kita tidak hidup dalam kesulitan ekonomi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan berinvestasi. Saat ini, banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari deposito, reksa dana, properti, emas, saham, dan yang lagi hype seperti kripto. 

Kamu tahu selebgram Karin Novilda atau yang dikenal dengan nama Awkarin? Walau terbilang muda, dia cukup melek dengan investasi loh. Saat ini pun wanita berusia 23 tahun turut berinvestasi pada aset kripto.
Kendati demikian, dia tidak asal ikut-ikutan tren. Awkarin mengaku mempersiapkan investasinya secara matang. Nah, berikut ini tips dari Awkarin agar sukses dalam berinvestasi :
 

1. Cari tahu tujuan

Sebelum memulai investasi, penting untuk mencari tahu tujuan kita dalam berinvestasi. “Goalnya apa, yakin enggak sama goal kita, harus punya visi misi untuk mencapai goal ini,” ujarnya dalam diskusi virtual yang digelar Tokocrypto, Kamis (30/9/2021).

2. Edukasi diri dan berani memulai

Kata Awkarin, jika ingin memulai investasi kripto, perlu mengedukasi diri terlebih dahulu mengenai uang digital ini, bagaimana cara kerjanya, dan mencari tahu perbedaan dengan instrumen investasi lainnya.

Jika sudah mengenal, kamu harus berani untuk memulai. Menurutnya dalam investasi kita harus berani, yakin, dan percaya dengan langkah yang sudah diambil.

3. Pakai dana dingin

Menurutnya selebgram ini, jika ingin berinvestasi sebaiknya menggunakan dana dingin atau uang di luar dari kebutuhan sehari-hari, seperti uang untuk membayar kuliah, makan, dan pendidikan anak. “Uang panas istilahnya, itu akan jadi bad investment,” tegas Awkarin.

4. Kurangi FOMO

Fear of missing out (FOMO) kerap menyerang para pemula yang ingin melakukan investasi. Sekadar ikut-ikutan teman atau tren ini bisa berdampak buruk bagi finansial.  

“Awal kripto naik, banyak anak muda yang ikut-ikutan doang, tidak memahami basisnya investasi itu sendiri yang berujung menggunakan dana darurat. Jangan sampai hutang untuk investasi,” tuturnya. 

Mencari tahu apakah kita punya kemampuan investasi menurutnya sangat penting daripada terjerat FOMO yang berujung ketidakberuntungan.

5. Jangan apatis

Sebagai anak muda, kita harus peka terhadap situasi saat ini. Menurut Awkarin penting untuk selalu tahu dengan kondisi perekenomian, perkembangan teknologi, dan terus menambah pengetahuan tentang yang ada di sekitar kita. 

“Menyerap pengetahuan dan pengalaman untuk mencari peruntungan baru.  Networking juga penting. Setiap orang punya cerita berbeda-beda, itu guru terbaik untuk belajar hal baru,” tegasnya. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Serial The Book of Boba Fett Akan Tayang Perdana pada Desember 2021

BERIKUTNYA

Kasus & Misteri Menegangkan dalam Teaser Drama Korea Chimera

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: