Film-film yang membantu kalian meminimalisir kerugian berinvestasi uang digital. (Sumber gambar: Unsplash/Art Rachen)

9 Rekomendasi Film tentang Kripto dan Bitcoin

29 April 2022   |   14:29 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Sejak kemunculan Bitcoin, ada banyak pro dan kontra terkait keberadaan cryptocurrency dan blockhain pada sistem mata uang konvensional. Pada saat yang sama, berkat potensi dan peluang pertumbuhannya yang tak terbatas, makin banyak tertarik untuk tahu lebih banyak soal hal canggih ini.
 
Dengan makin meningkatnya pengaruh mata uang digital, seperti Bitcoin selama beberapa tahun terakhir, mendorong lebih banyak orang untuk berinvestasi pada cyptocurrency. Namun, masih banyak yang belum memahami benar mengenai sejarah, manfaat hingga sisi gelapnya.
 
Buat kalian yang baru belajar investasi ke dunia ini, ada baiknya belajar dari buku, podcast dan film-film yang membantu kalian meminimalisir kerugian. Mulai dari genre action hingga dokumenter, berikut beberapa film tentang cryptocurrency dan Bitcoin yang akan memperkaya pengetahuan kalian.
 


1. The Rise and Rise of Bitcoin (2014)

 

The Rise and Rise of Bitcoin (Sumber gambar: IMDb.com)

The Rise and Rise of Bitcoin (Sumber gambar: IMDb.com)

 
Disutradarai oleh Nicholas Mross dan diproduksi oleh Ben Bledsoe dan Patrick Lope, film dokumenter ini merangkum semua informasi tentang perkembangan Bitcoin dan aset kripto lainnya.
 
Film ini mengulas tentang popularitas Bitcoin, mengapa, dan bagaimana Bitcoin menjadi crypto asset yang sangat populer.

Daniel Mross, seorang programmer yang memiliki 3 anak, jatuh cinta pada Bitcoin sejak 2011. Daniel dan saudara laki-lakinya, Nicholas Mross, memutuskan untuk memulai membuat film dokumenter ini karena mereka percaya bahwa ini benar-benar bisa menjadi masa depan mata uang, dan membuat film dokumenter adalah salah satu cara untuk mempercepat prosesnya.
 
Dalam The Rise and Rise of Bitcoin, Daniel juga mewawancarai para pengguna awal Bitcoin, seperti Gavin Andresen. Dimana Gavin mengisahkan bagaimana dia berkomunikasi dengan Satoshi Nakamoto.



2. Life on Bitcoin (2014)

 

Life on Bitcoin (Sumber gambar: Amazon.com)

Life on Bitcoin (Sumber gambar: Amazon.com)

Setiap pasangan yang baru menikah biasanya memiliki mimpi tentang bagaimana menghabiskan hari-hari mereka dengan nyaman. Namun tidak bagi pasangan pemberani satu ini.

Film berdurasi 1 jam 33 menit ini bercerita tentang sepasang suami istri yang memulai eksperimen sosial, dimana mereka harus bertahan hidup dengan mata uang digital ini dalam 100 hari. 
 
Mereka ingin melakukan uji coba yang cukup gila. Jika cryptocurrency dan Bitcoin akan mengubah dunia, maka orang biasa bisa menggunakannya setiap hari layaknya mata uang konvensional.
 
Bayangkan kamu travelling ke China atau India dan tidak membawa RMB atau Rupee. Pasangan ini membeli makan siang, air, kopi, pemesanan tiket pesawat, hotel dan lainnya dengan Bitcoin. Apakah mereka berhasil atau malah menyesal di tengah perjalanan? Nonton petualangannya di Amazon Prime.
 



3. Deep Web (2015)

 

Deep Web (Sumber gambar: IMDb.com)

Deep Web (Sumber gambar: IMDb.com)

Pernah dengar mengenai Silk Road? Nah, film yang dirilis pada 2015 ini menceritakan tentang dunia internet dan sisi gelapnya, juga awal mula lahirnya Silk Road. Perlu diketahui, Silk Road adalah marketplace pertama yang dapat menerima pembayaran dengan Bitcoin, serta secret leader-nya Dread Pirate Roberts. 
 
Ketika Silk Road mulai diketahui oleh banyak pengguna, polisi mulai menelusuri keberadaan pasar tersebut. Film yang dinarasikan oleh Keanu Reeves ini juga menceritakan bagaimana penegakan hukum melakukan penangkapan pada pemilik Silk Road yang memiliki nama asli Ross William Ulbricht.



4. Bitcoin: The End of Money as We Know It (2015)

 

Bitcoin: The End of Money as We Know It (Sumber gambar: IMDb.com)

Bitcoin: The End of Money as We Know It (Sumber gambar: IMDb.com)

Disutradarai oleh Torsten Hoffmann dan Michael Watchulonis, Bitcoin: The End of Money As We Know It menjelaskan mengapa dan bagaimana Bitcoin dapat mempengaruhi sistem keuangan konvensional. Bagaimana keberadaan Bitcoin mengancam sistem mata uang yang biasa kita gunakan.
Film ini telah memenangkan berbagai penghargaan, seperti Best International Documentary dan Best Libertarian Theme oleh Freedom Fest. Selain itu, juga memenangkan Special Jury Prize pada Amsterdam Film Festival 2015.
 


5. Bitcoin Heist (2016)

 

Bitcoin Heist (Sumber gambar: IMDb.com)

Bitcoin Heist (Sumber gambar: IMDb.com)

Tak melulu film dokumenter, kalian juga  bisa belajar sedikit mengenai Bitcoin dari film dengan genre action dan komedi ini. Rilis pada Februari 2016, film Vietnam berdurasi 1 jam 55 menit ini bercerita tentang aksi para penipu yang direkrut oleh interpol untuk menangkap peretas terkenal yang biasa disebut “The Ghost.”
 


6. Magic Money: The Bitcoin Revolution (2017)

 

Magic Money: The Bitcoin Revolution (Sumber gambar: IMDb.com)

Magic Money: The Bitcoin Revolution (Sumber gambar: IMDb.com)

Film yang dirilis pada 2017 ini menjawab berbagai pertanyaan tentang mata uang Bitcoin. Magic Money: The Bitcoin Revolution menyelidiki revolusi kripto dan popularitas laten Bitcoin. Dokumenter karya Tim Delmastro ini juga memberi penonton jawaban tentang bagaimana mata uang yang hanya ada di dunia digital ini dengan cepat menarik perhatian di seluruh dunia.



7. Trust Machine: The Story of Blockchain (2018)

 

Trust Machine: The Story of Blockchain (Sumber gambar: Amazon.com)

Trust Machine: The Story of Blockchain (Sumber gambar: Amazon.com)

Untuk Genhype yang menginginkan pengetahuan tentang asal mula dunia kripto, Trust Machine: The Story of Blockchain adalah rekomendasi dari kami.
 
Memiliki durasi 85 menit, film yang diproduksi oleh Alex Winter ini memiliki jawaban akan pertanyaan-pertanyaan kamu seputar evolusi cryptocurrency, blockchain, DeFi dan peran teknologi dalam menyelesaikan permasalahan nyata yang muncul di seluruh dunia.
 


8. Cryptopia (2020)

 

Cryptopia (Sumber gambar: IMDb.com)

Cryptopia (Sumber gambar: IMDb.com)

Setelah sempat membahas Bitcoin lima tahun lalu, sutradara dokumenter Torsten Hoffmann merilis film edukatif mengenai Bitcoin berjudul Cryptopia: Bitcoin, Blockchains and the Future of the Internet.
 
Film dokumenter berdurasi 86 menit ini dibagi dalam 3 bagian besar, yang awalnya membahas tentang Bitcoin, lalu masuk ke pembahasan blockchains dan ditutup dengan wacana tentang internet di masa depan.

Film ini juga menampilkan perjalanan Hoffmann ke empat benua yang dimulai dari Melbourne, Hong Kong, Tokyo, Berlin dan Los Angeles dan berbagai narasumber yang berkelumit di dunia Bitcoin.
 

 


9. Trust No One: The Hunt for the Crypto King (2022)

 

Trust No One: The Hunt for the Crypto King (YouTube)

Trust No One: The Hunt for the Crypto King (YouTube)

Trust No One” tampaknya menjadi kutipan yang bagus untuk kalian yang menggeluti dunia blockchain dan cryptocurrency. Sesuai dengan judulnya, film dari Netflix ini mengikuti kisah Gerry Cotten, yakni seorang founder pada perusahaan kripto yang tiba-tiba meninggal secara misterius.
 
Kematian Gerry yang janggal ini menimbulkan banyak tanya dan konspirasi karena perusahaan kehilangan uang senilai 250 juta dolar AS yang merugikan banyak investor.

Dirilis pada 30 Maret 2022, alur Trust No One: The Hunt for the Crypto King merupakan perpaduan yang ciamik antara Tinder Swindler dan Don’t F**k With Cats. Dokumenter berdurasi 1 jam 30 menit ini layak banget ditonton kalian yang sedang hangat-hangatnya dengan dunia cryptocurrency.

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Bunda, Simak Kiat Menenangkan Anak Rewel Saat Mudik

BERIKUTNYA

Berperan Penting di MCU, Yuk Kenalan dengan Doctor Strange

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: