Ilustrasi (sumber gambar : andre francois mckenzie/ unsplash)

Bitcoin Terus Melonjak, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berinvestasi

22 March 2023   |   07:45 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Pasca pengumuman kasus Silicon Valley Bank yang menggemparkan dunia perbankan Amerika Serikat, Bitcoin naik ke level tertinggi dalam sembilan bulan terakhir pekan ini. Beberapa investor masih memandang mata uang kripto sebagai safe havendi tengah kekacauan yang mengguncang sistem perbankan global.

Beberapa investor memandang bitcoin, seperti emas, sebagai aset yang baik untuk memarkirkan uang mereka selama periode inflasi tinggi. Bitcoin menguat saat Wall Street menjadi lebih agresif sambil menunggu keputusan suku bunga The Fed dan memuncaknya kekhawatiran di sektor perbankan mendorong orang-orang menjauh dari instrumen investasi tradisional.

Berdasarkan data dari market Indodax, harga Bitcoin pada Selasa, (21/3/2023), ini telah berada di angka Rp428 juta atau naik sebesar 65 persen dibandingkan dengan harga pada tanggal 1 Januari 2023, saat harga Bitcoin masih bertengger di angka Rp260 juta. Kenaikan harga Bitcoin ini tentu sangat disambut baik oleh para investor kriripto.

Baca juga: Bitcoin dan Kripto Alami Winter Season Pada 2022, Bagaimana Potensinya Pada 2023?

CEO Indodax Oscar Darmawan menyoroti kenaikan harga Bitcoin ditengarai masih disebabkan oleh kasus SVB, Silvergate dan Signature Bank yang jatuh beberapa minggu terakhir. Ditambah kabar mengenai Kasus Credit Suisse yang diambil alih oleh UBS juga sedikit banyak berpengaruh pada harga Bitcoin.
 
"Sebagai aset lindung nilai, Bitcoin dianggap sebagai safe heaven asset class yang dianggap aman oleh beberapa investor terlebih setelah kasus yang menimpa beberapa bank di Amerika," ujarnya dalam pernyataan resmi, Selasa (21/3/2023).

Menurut Oscar, berdasarkan indeks Fear and Greed kripto, kini pasar sedang bergerak ke arah greed dengan skor sebesar 68. "Dengan harga Bitcoin yang menyentuh momen tertinggi nya di tahun 2023, tentu tidak heran bahwa investor kini sedang banyak membeli Bitcoin sehingga harganya pun naik karena permintaan yang juga naik," tambahnya.

Nah, bagi para investor kripto pemula yang hendak berinvestasi kripto di tahun ini, Oscar merasa bahwa tahun ini merupakan tahun yang tepat karena sebentar lagi Bitcoin akan masuk pada fase halving day, dimana fase ini sangat berpengaruh terhadap kenaikan harga Bitcoin.

Setelah Bitcoin Halving, kenaikan harga BTC akan terjadi secara perlahan dan pada akhirnya akan mencapai puncaknya. Setelah mencapai puncaknya, harga akan turun dan membentuk level support baru yang biasanya lebih tinggi dari level support sebelum halving.

Dalam bertransaksi Bitcoin agar mendapatkan keuntungan yang ada penting sekali untuk mengetahui tips untuk berinvestasi Bitcoin dengan benar.


1. Pilih Crypto Exchange Legal

Sebagai pelaku industri, Oscar menyarankan bahwa investor perlu memilih crypto exchange yang legal dan terdaftar dari Bappebti.


2. Gunakan Uang Dingin untuk Investasi

Selain itu, penting bagi investor untuk memakai uang dingin untuk berinvestasi pada Bitcoin. Uang dingin adalah uang yang tidak dipakai untuk kepentingan sehari hari dan kepentingan mendesak.

Para investor pemula perlu paham bahwa investasi pada Bitcoin dan aset kripto memiliki risiko yang tinggi. Oleh karenanya, dengan memakai uang dingin untuk berinvestasi pada Bitcoin, investor tidak akan terburu buru untuk menjual apabila harga sedang turun dan bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan


3. Lakukan Analisa Teknikal dan Fundamental

Tips terakhir, Oscar menyoroti pentingnya Do Your Own Research dan memahami terlebih dahulu analisa fundamental dan teknikal pada Bitcoin.

"Terkadang yang sering saya temui banyak sekali investor pemula yang FOMO dan hanya ikut saja untuk membeli tanpa mempertimbangkan plan trading yang telah dibuat," tuturnya

Tidak hanya itu, penting sekali bagi investor untuk melakukan Do your Research, belajar terlebih dahulu teknik trading yang benar dengan mempertimbangkan timeframe trading, analisis fundamental dan analisis teknikal yang benar agar bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli serta menjual sehingga bisa memaksimalkan keuntungan yang ada.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Industri Game Lokal Makin Maju, Begini Proses Mengembangkan Permainan yang Menarik

BERIKUTNYA

Kenapa Perempuan Lebih Percaya Ramalan Dibanding Pria? Ini Jawabannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: