Ilustrasi (Sumber: Unsplash/JP Valery)

4 Jurus Mengatur Keuangan Bulanan Biar Enggak Boncos

20 May 2023   |   18:00 WIB

Banyak orang yang telah memiliki karier sukses dan gaji besar. Walaupun keduanya sudah berhasil diraih, tetapi tak sedikit dari mereka yang masih kesulitan melakukan pengaturan keuangan. Hasilnya, masih saja, lebih besar pasak daripada tiang. Artinya, pun sudah punya pendapatan besar, tapi pengeluarannya lebih besar lagi. 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengaturan keuangan. Mengatur finansial perlu dilakukan sedini mungkin, bahkan ketika masih sekolah. Hal ini perlu dipelajari dan dipraktikkan sejak awal. Walaupun demikian, tak ada yang namanya terlambat untuk mengatur keuangan. 

Terlebih bagi orang yang sudah bekerja dan memiliki pendapatan sendiri, melakukan alokasi dana bulanan sangat dianjurkan supaya tidak boncos. Meskipun bukan perkara mudah, tapi pengaturan keuangan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut hal-hal yang bisa kalian lakukan. 

Baca juga: 7 Langkah Mudah Belajar Mengelola Keuangan Bagi Milenial & Gen Z


1. Belajar Menabung

Mungkin mendengar kata menabung itu sudah bosan ya. Namun, menabung merupakan salah satu cara untuk mengelola keuangan yang baik dan terbukti ampuh. Apalagi jika sedang mempersiapkan kehidupan masa depan yang lebih baik. Dengan menabung, secara tidak langsung kita menyisihkan uang untuk kebutuhan masa yang akan datang, yang sifatnya terencana. Dengan begitu, kalian tidak akan merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mendatang. 
 

2. Dana untuk Keperluan Darurat 

Memiliki simpanan uang tentu sangat membantu dalam keadaan yang darurat. Untuk itu, sangat penting menyisihkan dana untuk keperluan yang tidak terduga. Pasalnya, manusia tidak bisa memprediksi masa depan dan situasi seperti apa yang menghadang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memiliki dana darurat. 
 

3. Buat Catatan Keuangan 

Catatan keuangan sangat penting karena berguna untuk memberikan rincian terkait pengeluaran dalam sehari-hari ataupun perbulannya. Dengan mengetahui rincian pengeluaran, akan lebih mudah bagi kita untuk mengeliminasi pengeluaran yang diperlukan pada kemudian hari. Hal tersebut juga yang membantu dalam merealisasikan masa yang akan datang jadi lebih baik. 
 

4. Hemat dengan Mengetahui Prioritas 

Sekarang teknologi semakin canggih sehingga kita bisa berbelanja secara mudah dirumah. Namun, kemudahan yang satu itu bisa menyebabkan sifat konsumtif berlebih. Alhasil banyak barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan tetap dibeli. Banyak orang yang terjebak melakukan pembelian barang yang diinginkan ketimbang kebutuhan. 

Oleh sebab itu, kita harus pintar memilah-milih mana yang termasuk dalam kebutuhan primer, sekunder, serta tersier. Hal ini bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu, yang pada akhirnya bisa menghemat pendapatan. Jadi, penting untuk mengetahui apa yang merupakan keinginan dan kebutuhan. 

Baca juga: Genhype, Begini Cara Atur Keuangan Agar Miliki Hunian Impian

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Punya Karya Tapi Bingung Mau Dipamerin Ke Siapa? Yuk Ikut Open Call ICAD 13

BERIKUTNYA

Diperingati Tiap 20 Mei, Simak Tema & Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 2023 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: