ICAD memberi kesempatan kepada publik dan insan kreatif untuk berpameran lewat kategori Open Submission (sumber gambar ICAD)

Punya Karya Tapi Bingung Mau Dipamerin Ke Siapa? Yuk Ikut Open Call ICAD 13

19 May 2023   |   18:36 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia Contemporary Art & Design (ICAD) 13 bakal segera digelar nih, Genhype.  Rencananya, pameran seni ini akan dilangsungkan pada 13 Oktober hingga 26 November 2023 dengan menampilkan karya seniman-seniman terbaik dari dalam maupun luar negeri.

Sebagai upaya dalam mendekatkan diri kepada publik, ICAD 13 juga melakukan panggilan terbuka bagi para seniman untuk menghadirkan ragam karya. Adapun tujuannya adalah untuk semakin memperkenalkan ICAD pada khalayak termasuk dunia internasional.

Baca juga: Jadi Manifestasi Pencarian Identitas Seniman, Komunitas Salihara Gelar Pameran Daya Gaya Decenta
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ICAD (@icadartura)


Adapun, pada perhelatannya yang memasuki tahun keempat ini ICAD juga memberi kesempatan kepada publik dan insan kreatif lewat kategori Open Submission. Oleh karena itu kalian pun bisa turut berpartisipasi dengan mengirimkan proposal karya.

Tahun lalu, melalui kategori ini ICAD pun telah berhasil menggaet tiga seniman internasional yang berasal dari negara yang berbeda. Yaitu Inggris, Prancis, dan Rusia di mana para seniman tersebut menghadirkan karya terbaiknya untuk dipamerkan dalam acara seni tersebut.

Nah, pada gelarannya tahun ini ICAD pun kembali mengundang pelaku kreatif lintas disiplin untuk berkontribusi, merespon tema, dan mengirimkan proposal karya mereka yang akan berkesempatan mengikuti tahap seleksi lebih lanjut untuk nantinya dapat berpameran di ICAD 13. 

Mengusung tajuk Feel-Good Lab atau “FGL” sebagai manifesto kuratorialnya, tahun ini tema tersebut akan difokuskan pada karya yang mengandung berbagai perasaan positif. Termasuk saat bereksperimen, bermain, dan mengutak-atik hal-hal yang bisa jadi dilakukan akibat rasa keingintahuan, keinginan, atau kebutuhan.

"Manifesto FGL berarti meyakini penciptaan kondisi di mana kita merasa sejalan dengan praktek karya yang dilakukan sehari-hari, mengenal hak-hak untuk merealisasikan perasaan sejahtera secara emosional di dunia saat ini," tulis ICAD dalam siaran tertulis, Jumat (19/5/23).

Selain itu, sesuai dengan tema di tahun ini, nantinya ruang pameran ICAD 13 juga akan dibuat sebagai laboratorium eksperimental untuk mencapai atau mengungkapkan pemikiran kritis. Di sinilah nantinya para seniman, desainer, dan publik bisa mengkaji, mengaktifkan, dan mengolah perasaan mereka. 

Oleh karena itu, Open Submission ini pun terbuka dari berbagai macam karya yang diharapkan bisa memberikan pandangan yang lebih detail ke arah gagasan mengenai kepedulian, humor, feel-good, dan bermain di sekitar emosi-emosi kontras yang ada di sekitarnya.

Lantas, bagaimana caranya jika ingin mengirimkan proposal untuk dipamerkan di gelaran ICAD 13? Nah, biar enggak penasaran berikut Hypeabis.id rangkumkansyarat untuk mengikuti panggilan terbuka  gelaran tahunan tersebut.


Cara Mengikuti Open Call ICAD 13

1. Mengisi Formulir Open Call di situs www.artuaicad.com
2. Mengunggah portofolio kreatif mencakup minimal lima karya atau kreasi yang paling menggambarkan praktek berkarya
3. Mengunggah proposal karya yang menanggapi tema kuratorial untuk tahun ini meliputi:
  • Garis besar proyek (150-300 kata)
  • VIsual dari konsep awal, berupa moodboard, sketsa, foto, atau format lainnya yang relevan. 
Itu dia Genhype, syarat dan cara berpartisipasi dalam panggilan terbuka pameran ICAD 13. Bagi yang tertarik, kalian bisa mengirimkan proposal pengajuan karya hingga 15 Juni 2023. Sementara, pemenang proposal karya terpilih akan diumumkan pada 24 Juni 2023 lewat sosial media dan situs resmi ICAD. 

Jadi, karya apa nih yang akan kalian siapkan?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Acer Luncurkan Laptop dan PC Terbaru, Ada TravelMate P6, Nitro ANX, dan Veriton Z4

BERIKUTNYA

4 Jurus Mengatur Keuangan Bulanan Biar Enggak Boncos

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: