Jonny Buckland, Gitaris Coldplay (Sumber gambar: Instagram.com/coldplay)

Profil Jonny Buckland, Gitaris Sekaligus Pioner Coldplay dalam Bermusik

19 May 2023   |   06:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Coldplay bukan hanya tentang Chris Martin. Layaknya sebuah band menyelaraskan simfoni, keserasian bermusik dalam sebuah band ikut ditentukan oleh personel lainnya. Mungkin banyak yang belum tahu jika Coldplay punya seorang pioner yang hebat.

Dia berada di balik petikan gitar hits tenar Coldplay yang sudah didengarkan milyaran kali di internet. Dialah Jonny Buckland, penggerak band Coldplay pertama bersama dengan Chris Martin.

Keduanya memang dekat sejak awal. Itu karena Chris Martin dan Jonny Buckland merupakan rekan satu kampus di University Collage, London. Setelahnya, mereka bertemu dengan personel lain seperti Guy Berryman dan Will Champion.

Baca juga: Profil Chris Martin, Vokalis Coldplay yang Siap Guncang Jakarta November 2023

Siapa sangka pertemanan itu bisa merubah jalan besar karier dalam hidup mereka. Lahir dan besar di Isllington, London hingga usia empat tahun, Jonny kemudian menghabiskan masa remajanya di wilayah Wales Utara setelah keluarganya pindah rumah.

Pria kelahiran 11 September 1977 ini memang dikenal getol bermain gitar sejak masi belia. Dia begitu menyukai gitar meski memainkan alat musik lainnya seperti piano, keyboard, dan bass. Melekatnya instrumen gitar dengan pria bernama asli Jonathan Mark Jonny Buckland ini bukan tanpa alasan. Alat musik petik ini sudah membersamai hidup Jonny sejak usia 11 tahun.

Adapun kegemaran Jonny dengan gitar dan band ikut didorong dari band-band populer yang membawa genre rock alternatif, seperti U2, The Stone Roses, hingga My Bloody Valentine. Musik-musik ini sebagian besar datang dari band Inggris-Irlandia. Selain suka dengan musik band, Tim Buckland, kakak dari Jonny juga mendorong Jonny bekerja keras dalam memainkan gitar. Tim juga merupakan personel dari band rock indie bernama The Domino State.

Baca juga: Profil Drummer Coldplay Will Champion, Anak Arkeolog yang Kepincut Musik

Beranjak dewasa, Jonny menjalani perkuliahannya di London. Pertemuannya dengan para personel Coldplay dimulai. Mereka melakukan banyak perundingan dan latihan hingga membentuk band. Sebelum nama Coldplay dipilih, band ini sempat diberi nama Starfish. Sebelum nama Starfish pun, Coldplay sempat beberapa kali mengganti nama panggungnya tersebut.

Perlahan karier Jonny bersama Coldplay melesat. Dia dikenal dengan gaya gitarnya yang unik. Dilansir dari Coldplay Fandom, Jonny terkenal menggunakan gitar listrik Telecaster Thinline 72’ sebagai gitar favoritnya.

Untuk album-album populer Coldplay seperti Viva la Vida dan Mylo Xyloto, Jonny menggunakan gitar kesayangannya ini. Dia banyak mengambil inspirasi mengitar dari kelompok U2 yakni The Edge. Sejak saat itu, cara bergitar Jonny melahirkan inspirasi baru bagi penggitar lain misalnya Joe King dari The Fray, atau personel Train yakni Pat Manohan.

Kehidupan pribadi Jonny juga menjadi pusat perhatian. Pada 2009, dia menikahi wanita bernama Chloe Lee-Evans. Kini Jonny memiliki dua anak, seorang putri bernama Violet Buckland dan adiknya seorang putra bernama Jonah Buckland.

Baca juga: Profil Coldplay, Band Rock Alternatif Asal Inggris yang Disebut Bakal Konser di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

35.757 Bayi Indonesia Berisiko Hepatitis B, Ditularkan Langsung dari Ibu

BERIKUTNYA

Profil Guy Berryman, Basis Kidal yang Punya Band Lain Selain Coldplay

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: