Coldplay (Sumber gambar: Instagram/Coldplay)

Ingin Nonton Konser Coldplay? Begini Cara Atur Keuangan Biar Enggak Boncos

16 May 2023   |   11:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Siapa yang sudah kangen nonton konser bareng bestie atau orang tersayang? Setelah adanya beberapa pembatasan kegiatan, termasuk konser dan festival musik akibat pandemi, kini musisi lokal hingga internasional sudah mulai mengisi daftar panjang gelaran konser di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia.

Apalagi lagi ramai konser Coldplay yang akan digelar pada November 2023 nanti dengan harga tiket mulai Rp800 ribu hingga Rp11 juta. Buat Genhype si penikmat konser, pasti ini jadi hal yang paling ditunggu-tunggu kan?

Biar keuangan kalian gak kalang kabut saat membeli tiket konser nanti, berikut sejumlah tip yang bisa kalian catat untuk mempersiapkan keuangannya dari sekarang.

Baca juga: Mulai Banyak Acara Konser Nih, Yuk Cari Cara Hemat Beli Tiket!


1. Lakukan budgeting

Harga tiket konser dan festival musik saat ini rata-rata menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Buat kalian si penikmat konser yang mungkin akan menonton lebih dari satu konser dan festival musik, hal pertama perlu Genhype lakukan adalah melakukan perencanaan keuangan atau budgeting.

Catat beragam keperluan yang akan dikeluarkan saat menonton konser, mulai dari harga tiket, persiapan OOTD, harga merchandise yang akan dibeli, biaya akomodasi seperti penginapan dan kendaraan hingga biaya konsumsi nanti.

Perencanaan keuangan ini diperlukan agar kalian punya gambaran berapa biaya yang dibutuhkan setiap konser dan festival musik yang akan kalian habiskan. Hal ini juga bisa jadi acuan kalian untuk tidak ‘kalap’ atau menghabiskan uang diluar perencanaan kalian, atau sampai kehabisan uang ditengah jalan. Selain itu, budget yang sudah dihitung ini nantinya juga bisa jadi perkiraan berapa uang yang harus kalian sisihkan atau tabung dari jauh hari.


 2. Pisahkan tabungan konsermu

Setelah mengetahui total budget yang diperlukan untuk menonton konser impian, kalian perlu memperkirakan berapa lama dan berapa besar uang yang harus disisihkan setiap bulannya. Budget ini sebaiknya juga tidak dicampur dengan keuangan lainnya, agar tidak tiba-tiba dipakai untuk kebutuhan lain. Kunci paling mudah adalah dengan membuka rekening baru yang khusus untuk tabungan konser ini.
 

3. Konsisten dalam menabung

Tip terakhir dan juga paling penting adalah konsistensi. Beberapa rintangan untuk mencapai target tabungan konser ini adalah godaan untuk belanja hal lain, ataupun kelupaan menyisihkan uang untuk tabungan konser. Jika tidak konsisten, maka kemungkinan jumlah target yang diincar mungkin saja tidak bisa tercapai sesuai waktu yang diharapkan.

Untuk itu, kalian bisa memanfaatkan fitur auto debit yang ada di Mbanking atau bank digital. Dengan fitur ini, jumlah uang yang sudah ditentukan akan secara reguler dan otomatis masuk ke dalam tabungan konser yang telah kalian buat di rekening tersebut. Dengan begitu tabungan konsermu akan tercapai tepat waktu dan siap untuk menonton konser sang idola.

Nah, itu tadi tip mempersiapkan dan mengatur keuanganmu untuk menonton konser idola favoritmu nanti. Biar impian bertemu idola tercapai, yuk atur keuangan Genhype sebijak mungkin.

Baca juga: Minat Nonton Konser Coldplay? Ini Daftar Harga Tiketnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Atlet Indonesia Tuntaskan Janji Raih Lebih dari 69 Target Medali Emas yang Diminta Presiden Jokowi

BERIKUTNYA

Resep Kue Sus Isi Cokelat Anti Gagal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: