Gelaran SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja memunculkan banyak kontroversi (Sumber gambar: Cambodia 2023)

7 Kontroversi SEA Games 2023, dari Bendera Terbalik hingga Larangan Sapu Bersih Medali

11 May 2023   |   11:07 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran SEA Games 2023 akhirnya diselenggarakan di Kamboja. Namun, belum genap sepekan dihelat, ajang olahraga terbesar di Asean itu telah menuai banyak kontroversi. Kejadian ini pun banyak disayangkan oleh warga di wilayah Asia Tenggara, terutama masyarakat Indonesia.

Menjadi ajang ke-32 sejak dihelat pertama kali di Bangkok, Thailand pada 1959, acara ini harusnya dipersiapkan dengan matang. Sayangnya, Kamboja sebagai tuan rumah tahun ini dianggap kurang sigap dalam menjamu peserta SEA Games.

Penilaian itu diambil dari sejumlah fakta yang terjadi di lapangan, mulai dari persiapan yang terkesan asal-asalan hingga kejadian memalukan lainnya. Lantas, apa saja kontroversi yang terjadi di SEA Games sejauh ini? Dirangkum dari berbagai sumber berikut beberapa di antaranya. 

Baca juga: Profil Rashif Amila Yaqin, Penyumbang Medali Emas Pertama Indonesia di SEA Games 2023
 

1.  Bendera Indonesia Terbalik

Kejadian kontroversial pertama yang mengundang banyak reaksi warganet adalah saat acara pertunjukan jelang pembukaan SEA Games 2023. Berlangsung di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja acara seremonial itu justru diwarnai kejadian memalukan pada Jumat, (5/5/23).
 

Saat pembukaan berlangsung sebelas bendera negara peserta SEA Games 2023 dibawa oleh para penari sambil menyanyikan lagu-lagu dari Kamboja. Namun, saat itu bendera Indonesia justru terlihat dalam posisi terbalik sehingga malah menyerupai bendera negara Polandia.

Padahal, selain disaksikan secara langsung dari delegasi negara Asean acara itu juga disiarkan langsung di YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia. Imbas kesalahan tersebut, Panitia SEA Games 2023 pun langsung melayangkan permintaan maaf melalui akun Instagram resmi @cambodia_2023. 
 

2. Kamar Atlet Bocor

Kejadian tak mengenakan juga dialami oleh tim bulu tangkis putri Indonesia pada SEA Games 2023. Saat mereka berada di perkampungan atlet SEA Games, kamar yang ditempati bocor saat hujan mengguyur Kamboja. Akibatnya, lantai dan kasur yang mereka tempati pun basah terkena cipratan air hujan.
 

Namun, saat dilaporkan petugas langsung bergerak cepat memperbaiki masalah tersebut. Mereka disiapkan kasur baru dan disuruh untuk menempati kamar di sebelahnya. Kendati begitu hal ini cukup merugikan tim bulu tangkis putri Indonesia, sebab di pagi harinya mereka harus melawan Kamboja pada perempat final. 
 

3. Podium Pakai Lampu Mobil

Hal lucu dan tak biasa juga terjadi di perhelatan SEA Games Kamboja tahun ini. Salah satunya saat acara penyerahan medali di podium cabang olahraga nomor jalan cepat 20 kilometer. Ketika itu, alih-alih menggunakan penerangan podium panitia justru menggunakan bantuan lampu sorot mobil.
 

Alhasil kejadian tersebut mengundang reaksi para netizen di media sosial termasuk Instagram dan Twitter. Mereka menyayangkan kejadian tersebut dan menilai sangat kurangnya persiapan SEA Games 2023 yang tahun ini dihelat di negeri Tanah Kedamaian itu. 
1
2


SEBELUMNYA

Rampung Digelar, Cek 6 Pengumuman Terbesar di Ajang Google I/O 2023

BERIKUTNYA

Saat Putri Bahrain Terpesona dengan Keindahan Batu Mulia Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: