Karim Benzema di Ballon d'Or 2022 (Sumber gambar: Instagram.com/francefootball)

Daftar Pemenang Ballon d’Or 2022, Karim Benzema Berhasil Geser Lionel Messi

18 October 2022   |   15:14 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran bergengsi bagi insan sepak bola dunia, Ballon d’Or menorehkan cacatan sejarah baru. Digelar di Theatre du Chatelet, Paris pada 18 Oktober 2022, ajang bagi para bintang lapangan ini sukses mengumumkan nama-nama baru talenta berbakat dan berprestasi di industri sepak bola.

Selama ini, Ballon d’Or mungkin tak lepas dari nama-nama bintang sepak bola populer beberapa tahun terakhir, seperti Lionel messi dan Christiano Ronaldo.

Baca juga: Ini Rahasia Cristiano Ronaldo dalam Menjaga Kebugaran

Meski nama Ronaldo terakhir muncul dalam top 3 winner Ballon d’Or 2019 lalu, catatan panjang persaingan sengit antara dirinya dengan Lionel Messi masih kerap menjadi sosotan publik. Bagaimana tidak nama keduanya berselang-seling berebut posisi pertama di Ballon d’Or sejak 2007 hingga 2017.

Meski demikian, gelaran Bloon d’Or juga mencatat nama-nama baru yang turut menjadi legenda dalam sepak bola, seperti Robert Lewandowski dan Jorginho, yang menempati posisi di bawah Lionel Messi dalam daftar pemenang Ballon d’Or 2021.

Namun tahun ini, nama Karim Benzema yang sempat menempati posisi ke-4 pada Baloon d’Or 2021, merangsek naik ke posisi pertama yang membuatnya didapuk sebagai pemenang penghargaan Ballon d’Or 2022, unggul terhadap Sadio Mane dan Kevin De Bruyne.

Menyingkirkan nama Lionel Messi sebagai juara bertahan di ajang bergengsi ini, Karim Benzema membuka catatan sejarah baru dalam gelaran Ballon d’Or.

 


Acara yang diselenggarakan oleh France Football itu juga mempersembahkan penghargaan untuk pesepak bola wanita. Untuk pemenang Ballon d’Or Feminin, nama Alexia Putellas belum bergeser sejak 2021 lalu. Wanita asal Spanyol itu, kini tengah bermain untuk Barcelona FC Femeni sebagai gelandang.

Selain penghargaan piala Ballon d’Or, lima kategori penghargaan lainnya juga diberikan untuk insan sepak bola dunia. Seperti Yashin Trophy yang diberikan untuk kiper terbaik, Gerd Muller Award yang diberikan untuk striker terbaik, Kopa Thropy untuk pemain sepak bola muda terbaik.

Ada juga The Best Club untuk tim sepak bola terbaik, hingga Socrates Award untuk insan pesepak bola yang aktif berperan dalam bidang kemanusiaan.

Yuk simak siapa saja pemenang kategori-kategori tersebut dalam Ballon d’Or 2022 ini!
  • Ballon d'Or: Karim Benzema
  • Ballon d'Or Feminin: Alexia Putellas
  • Kopa Trophy: Gavi
  • Gerd Mueller Award: Robert Lewandowski
  • Socrates Award: Sadio Mane
  • Yashin Trophy: Thibaut Courtois
  • The Best Club: Manchester City

Sebagai informasi, gelaran Ballon d’Or pertama kali digagas oleh penulis majalah France Football bernama Gabriel Hanot. Kala itu, dia meminta rekannya untuk memilih pemain terbaik di Eropa yang dimulai pada 1956. Stanley Matthers dari Blackpool didapuk sebagai pemenang perdana Ballon d’Or 1956.

Baca juga: Luar Biasa, Efek Ronaldo Singkirkan Botol Coca Cola Rugikan Perusahaan US$4 Miliar

Tahun ini, nama Karim Benzema muncul untuk pertama kalinya di top 3 Ballon d’Or menggeser nama dengan penghargaan terbanyak yakni Lionel Messi. Catatan unik lainnya menuliskan nama Cristiano Ronaldo dengan nominasi terbanyak berjumlah 17 kali. Bahkan Karim Benzema dalam pidatonya turut menyebut nama Ronaldo sebagai inspirasinya dalam berkarier.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Simak Sinopsis 6 Film Pilihan dari Science Film Festival Edisi ke-13

BERIKUTNYA

Mantap, Tulus Sabet 7 Piala di AMI Awards 2022 Berkat Album Manusia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: