Salah satu adegan dalam Jiwa Jagad Jawi (Sumber gambar : Tangkapan layar akun youtube Wonderful Indonesia)

Film Jiwa Jagad Jawi Gondol Penghargaan di International Tourism Film Festival Africa

15 May 2023   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film pendek Jiwa Jagad Jawi berhasil meraih gold award dalam penghargaan International Tourism Film Festival Africa (ITFFA) 2023 di Cape Town, Afrika Selatan. Kemenangan ini diharapkan menjadi pemicu peningkatan sektor pariwsata dan ekonomi kreatif di dalam negeri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penghargaan yang diperoleh oleh film tersebut menjadi penanda promosi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di dalam negeri bisa kian mendunia. “Selain itu, capaian ini juga diharapkan menjadi pemacu peningkatan sektor parekraf tanah air,” katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Senin (15/5/2023).

Baca juga: 6 Pemenang Festival Film Bulanan Kemenparekraf Bakal Tampil Cannes

Dia pu mendorong industri pariwisata Indonesia harus lebih optimistis pada masa yang akan datang, seiring dengan kemenangan Jiwa Jagad Jawi di ajang tersebut. ITFFA adalah salah satu ajang perfilman terkenal yang mengedepankan tentang seberapa penting promosi pariwisata, baik di Afrika maupun seluruh dunia.
 

Para profesional internasional dari bidang pariwisata, pemasaran, dan Industri film adalah juri di ajang ini. Mereka menilai karya berdasarkan beberapa kriteria, seperti dampak, kreativitas, suara, gaya, subjek, penceritaan, dan efektivitas sasaran. 378 film dari 59 negara tercatat ikut menjadi bagian dalam kompetisi ini guna memperebutkan Gold Award.

Sandiaga menuturkan, Jiwa Jagad Jawi adalah film yang menceritakan tentang tahapan kehidupan yang tergambar dalam relief Candi Borobudur sebagai kitab universal tentang kehidupan manusia. Relief itu menggambarkan pedoman hidup manusia yang tidak terikat kepada satu agama dan kepercayaan saat perjalanan mencari kedamaian agung dalam historikal budaya tanah Jawa.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini mengatakan film Jiwa Jagad Jawi produksi Wonderful Indonesia mendapatkan arahan dari sutradara oleh Ivan Handoyo. Film ini berhasil membawa pulang Gold Award untuk kategori Tujuan Wisata - Regional, Internasional.

“Saya dan seluruh tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat bangga atas pengakuan International Tourism Film Festival Africa 2023,” katanya.

Dia berharap penghargaan yang dibawa pulang oleh Jiwa Jagad Jawi dapat mendorong peningkatan citra Indonesia di kancah global dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara untuk mencapai target 8,5 juta kunjungan tahun ini.

Terkait dengan film tersebut, Sutradara Ivan Hadoyo dalam unggahan akun instagramnya mengucapkan selamat bagi seluruh tim yang terlibat dalam pembuatan Jiwa Jagad Jawi.

“Kabar baik sekali lagi dari Afrika,Cape town Setelah mendapatkan apresiasi di Jepang. Film Jiwa Jagad Jawi kembali mendapatkan penghargaan Gold Award di Festival Film Pariwisata 2023. berhasil memenangkan nominasi dari 378 film di ITFFA 2023. Sekali lagi saya ucapakan puji syukur pada rahmat-Nya, dan Terimakasih yang terdalam bagi seluruh elemen yang bersama,” tulisnya.

Untuk diketahui, perolehan penghargaan ini membuat Jiwa Jagad Jawi menambah daftar piala yang telah diraihnya. Selain ITFFA 2023, film ini juga telah membawa pulang piala dalam penghargaan dalam Japan World’s Tourism Film Festival (JWTFF) pada tahun ini.

Dikutip dari laman jwtff.world, Jiwa Jagad Jawi berhasil membawa pulang empat piala. Piala-piala itu antara lain, Grand Prix Awards; Arts & Craft Awards; Gold Prize kategori Tourism Destination Country; dan Gold Prize kategori Asian Competition.

Baca juga: Aktor Gaek Michael Douglas Dapat Penghargaan Palme d'Or di Festival Film Cannes 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Timnas PUBG Mobile Tambah Perolehan Emas Esports SEA Games 2023 Jadi 3 Medali

BERIKUTNYA

5 Fakta Kemenangan Barcelona, Sang Juara Liga Spanyol 2022-2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: