Labuan Bajo, Indonesia, menyajikan beragam keindahan alam yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Iqx Azmi)

Cek Daftar Destinasi Wisata Menarik di Kawasan Asia Tenggara

15 May 2023   |   11:05 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 Asean 2023 di Indonesia, berbagai negara di kawasan ini kian menjadi perhatian banyak pihak. Salah satu di antaranya adalah sejumlah destinasi wisata. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki pesona budaya yang kaya dan menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai negara.

Mereka yang sudah puas berlibur di Indonesia dengan berbagai macam keindahan wisata alam, budaya, dan sejarah dapat melanjutkan ke negara lain di kawasan ini.

Di negara-negara sekitar Indonesia,  para traveller dapat menikmati beragam destinasi wisata yang akan memberikan pengalaman berbeda-beda yang menjadi khas antara satu dengan yang lain yang dapat selalu dikenang.

Baca juga: 5 Keseruan Wisata Alam Oasis, Tempat Liburan Ala Eropa di Sukabumi

Berikut sejumlah negara tetangga yang dapat menjadi destinasi pariwisata bagi para wisatawan setelah puas berkeliling dan menikmati segala macam tujuan di Indonesia berdasarkan tiket.com dan sejumlah sumber lainnya.

Malaysia
Negeri jiran yang satu ini dapat menjadi pilihan wisatawan setelah puas berkeliling di Indonesia. Para pelancong dapat menikmati destinasi pariwsata dari dataran tinggi sampai dengan pulau-pulau yang memiliki beragam sejarah dan budaya.

Tidak hanya itu, hiruk-pikuk kota yang ada di negara ini juga bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Destinasi wisata yang dapat menjadi pilihan di Malaysia seperti Batu Caves, Legoland, atau menikmati kota melalui KL Tower.
Di negara ini juga, wisatawan dapat menikmati keragaman budaya Melayu dan campuran arsitektur serta modern.

Filipina
Selain Malaysia, negara lainnya di Asia Tenggara yang dapat menjadi destinasi selanjutnya setelah puas menikmati keindahan alam, budaya, dan sejarah Indonesia adalah Filipina. Tidak lebih banyak dari Indonesia, negara ini juga memiliki berbagai pulau dengan kekayaan alamnya.

Kemudian, pulau-pulau itu juga penuh dengan atraksi wisata budaya yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan. Salah satu tempat yang dapat dikunjungi oleh para traveller di negara ini adalah Museum Metropolitan Manila.

Singapura
Singapura adalah negara lainnya yang dapat menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan. Negara ini tidak jauh dari Indonesia karena hanya perlu menempuh waktu 2 jam penerbangan dari ibu kota negara Indonesia, Jakarta.

Di Singapura, wisatawan dapat merasakan atmosfer keragaman budaya dan etnis dengan mengunjungi Katong-Joo Chiat, Little India, dan Kampong Gelam. Di tempat ini juga, para pelancong dapat melihat perpaduan budaya Tionghoa, Melayu, India, Eurasia, dan Peranakan.

Thailand
Negara lain di kawasan Asia Tenggara yang dapat menjadi destinasi wisata selain Indonesia adalah Thailand. Di negeri jiran ini, wisatawan disebut akan merasakan tradisi budaya yang kental dari negara yang terkenal sebagai Negeri Gajah Putih itu.

Di negara ini terdapat acara Songkran, menikmati jajanan kuliner khas Thailand, mengunjungi Vihara Wat Arun, dan sebagainya. Salah satu kuliner yang biasanya menjadi buruan adalah Kai Yiew ma, yakni telur bebek yang dalamnya sudah berbentuk embrio.

Brunei Darussalam
Brunei Darussalam menjadi negara lainnya di kawasan Asia Tenggara yang dapat menjadi destinasi wisata selain Indonesia. Negara yang memiliki luas lebih dari 5.000 km persegi itu memiliki beragam tujuan andalan yang dapat dicoba.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Sekitar Jakarta dengan Bujet di Bawah Rp50.000

Wisatawan dapat belajar tentang sejarah dan warisan negara ini dengan cara seperti mencari tahu cara menulis dalam bahasa Jawi di Pusat Studi Kaligrafi dan Seni Islam Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah.

Selain itu, traveller juga dapat melihat semua jenis kerajinan tangan di Brunei Arts & Handicraft Centre dan mendapatkan pengetahuan lebih dalam "Venesia dari Timur" di Galeri Budaya dan Kampong Ayer.

??????Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Waspada Hamil di Atas Usia 35 Tahun, Deretan Risiko Ini Mengintai

BERIKUTNYA

Film Petualangan Sherina 2 Tayang 28 September, Intip Bocoran Adegan Sherina & Sadam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: