berbeda dengan lari biasa, maraton memerlukan stamina dan kedisiplinan jangka panjang agar mendapat hasil terbaik dan terhindar dari cedera (sumber gambar Unsplash/Capstone Events)

Cek 6 Tip untuk Pelari Pemula yang Ingin Ikut Maraton

14 May 2023   |   06:23 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Tetap Terhidrasi
American College of Sports Medicine merekomendasikan minum 5 hingga 12 ons cairan setiap 15 hingga 20 menit selama maraton penting dilakukan meskipun hal ini seringkali sulit dicapai. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mempelajari berapa banyak yang dibutuhkan tubuh selama latihan dilakukan terutama dalam jangka panjang.

Adapun, untuk menyiasatinya kamu bisa minum dua gelas air tepat dua jam sebelum lari dimulai sehingga pada saat lomba dimulai, cairan sudah diserap ke dalam sistem tubuh. Namun, jika Anda merasa membutuhkan waktu lebih dari lima jam untuk lari maraton, perlu diingat bahwa keringat yang keluar akan lebih sedikit, sehingga Anda tidak perlu minum banyak cairan sebelum lomba.

5. Konsumsi Makanan Bernutrisi
Makan setidaknya 300 kalori satu jam sebelum lomba dimulai. Namun, hal ini juga harus diselaraskan dengan masa uji selama latihan berlangsung, sehingga Anda tahu makanan mana yang membantu mengisi bahan bakar tubuh untuk jangka panjang. Bila saat maraton Anda merasa bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak makanan, maka makanlah camilan terakhir Anda tidak lebih dari 30 menit sebelum lomba dimulai.

6. Lakukan Pemanasan
Sebelum maraton, pastikan untuk melakukan pemanasan menyeluruh yang dapat mencakup jogging ringan sekitar 15 menit, diikuti dengan peregangan selama 15 menit. Beberapa orang juga suka menggabungkan beberapa langkah dengan kecepatan balapan untuk mempersiapkan tubuh mereka sebelum maraton. 

Selain itu, penting juga untuk mengikuti langkah dengan gerakan ringan yang konstan, seperti jogging ringan, hingga perlombaan dimulai – bahkan jika Anda berada di garis start yang padat – agar otot Anda tetap kendur dan tidak kencang. 

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

Titiek Puspa, Bekerja Tulus Maka Alam Akan Membantu

BERIKUTNYA

Cek Rekomendasi 5 Drakor Terbaru Netflix, Ada Black Knight hingga King The Land

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: