Berikut ini adalah kategori-kategori dalam ajang lari maraton yang paling populer (Sumber: Freepik/Freepik)

Kenali Kategori-Kategori dalam Ajang Kompetisi Lari

10 August 2023   |   21:44 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Genhype, sebelum mengikuti ajang lomba lari, ada baiknya untuk mengenal beberapa kategori lari yang bisa kamu pilih. Mulai dari kategori dengan ukuran jarak yang relatif pendek hingga jarak yang sangat panjang. Selain itu, setiap kategori biasanya menyediakan hadiah yang berbeda-beda. 

Dari ratusan ajang lari maraton yang pernah diselenggarakan di seluruh dunia, terdapat beberapa yang paling populer. Dalam memilih kategori rute maraton, pastikan untuk menentukannya berdasarkan kemampuanmu. Berikut adalah daftar kategori yang umum digunakan dalam ajang lari maraton dilansir dari World’s Marathons.


Kategori 5 Kilometer

Jarak dalam kategori ini termasuk yang paling dekat dalam ajang maraton dan biasanya merupakan salah satu dari yang paling populer. Selain itu, kategori ini juga dapat menggabungkan mereka yang masih pemula hingga yang sudah berpengalaman. 


Fun Run

Kategori ini biasanya memiliki tema tertentu atau tantangan-tantangan yang harus dilalui. Rute dalam kategori ini dibuat dengan tujuan untuk menghibur para partisipan dengan melibatkan aktivitas fisik, tapi tidak terlalu berfokus pada kegiatan lari saja.


Kategori 10 Kilometer

Ini adalah jarak yang termasuk dalam level medium. Makin panjang rute, semakin banyak pula energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menempuhnya. Jarak ini cocok untuk pelari yang ingin meningkatkan ketahanannya dan jika sedang mempersiapkan diri untuk menempuh kategori half marathon.


Half Marathon

Kategori ini termasuk ke dalam rute yang panjangnya mencapai 21 kilometer. Peserta yang mampu dilibatkan dalam kategori ini pun bisa dalam jumlah yang lebih banyak. Oleh karena itu, biasanya kategori ini merupakan bagian dari acara besar dengan hadiah berupa medali dan perayaan setelahnya. 


Full Marathon

Jarak yang akan kamu tempuh dalam kategori ini sangat panjang, yakni 42 kilometer. Tak banyak yang dapat menaklukan rute panjang full maraton. Tentunya, sebelum memutuskan untuk bergabung dalam kategori ini, diperlukan latihan fisik 12-20 minggu sebelum perlombaan dimulai. 

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rute ini adalah sekitar 4 jam 30 menit. Untuk yang sudah berpengalaman, kemungkinan hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam. 


Trail Run

Panjang rute kategori trail run beragam, dari rentang angka satu digit hingga ratusan kilometer. Adapun rute trail run akan melewati jalanan di perbukitan atau pegunungan. Tingkat kesulitan beragam dan bergantung pada cuaca, ketinggian, dan permukaan rute yang tidak merata. Rute pada kategori ini lebih berfokus pada alam dan medannya.


Ultra Run

Rute dalam kategori ini cocok untuk kamu yang sudah sangat berpengalaman dan mencari tantangan lari yang lebih ekstrem. Panjang rute ultra run berkisar 50km–1000km dan memerlukan waktu hingga 10 hari untuk menyelesaikannya. Kategori ini hanya untuk orang-orang tertentu dengan kesehatan dan kekuatan yang memadai.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Gita Wirjawan Ajak Anak Muda agar Berani Bersuara untuk Masa Depan

BERIKUTNYA

Multi Window & Multi Touch, Dua Fitur Multitasking Galaxy Z Fold yang Wajib Dijajal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: