Review Buku Career Hacks (Sumber Foto: Mizan)

Resensi Buku Career Hacks, Jurus Cepat Menggapai Kesuksesan dari Para Profesional

10 May 2023   |   12:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Dalam meniti karier tak jarang kita bertanya-tanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai posisi tertinggi di sebuah perusahaan? Pasalnya, coba perhatikan, banyak CEO rerata berusia 45 tahun ke atas. Kalaupun ada bos muda 20-30 tahunan, jumlah sedikit dan umumnya merupakan orang jenius atau punya privilese. 

Biasanya para fresh graduate akan senang bukan main saat diterima di perusahaan idaman. Namun, selanjutnya apa? Harus bagaimana supaya karier tidak jalan di tempat, apakah selamanya mau jadi karyawan saja? Lantas, apa iya perlu 20 tahun lagi untuk bisa jadi CEO yang sukses? Ada banyak pertanyaan yang muncul. 

Baca juga: Resensi Buku Fomo Marketing for Fomo Sapience, Dongkrak Penjualan Lewat Rasa Penasaran

Nyatanya pada zaman sekarang, merintis karier tak harus selalu memakai cara konvensional yang memakan waktu bertahun-tahun. Seperti generasi mama-papa dulu, harus melata dari bawah untuk bisa sampai ke pucuk tertinggi. Sayangnya ‘melata’ itu adalah proses bergerak yang lama sekali.

Saat ini justru ada banyak entrepreneur, CEO, pebisnis sukses yang berhasil melejitkan karier mereka menuju puncak tanpa meniti tangga birokrasi yang lamban. Melalui buku Career Hacks, para praktisi karier dari berbagai bidang akan membagikan rahasia sukses mereka. 

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman para CEO, CHRO, pemilik bisnis, konsultan, dan akademisi dari OneHR Community yang sudah puluhan tahun jatuh bangun di dunia karier dan bisnis. Ada total 12 praktisi karier yang berpartisipasi dalam penulisan buku ini. 

Mereka adalah Andreas Raharso, Adjunc Professor di NUS Business School dan INSEAD; Arnold Sigisa, HR Professional Denny Turner eksekutif, coach dan konsultan leadership; Doni Priliandi Founder Happy5; Metty Yusantianti, direktur utama The Indonesia Capital Market Institute (TICMII). Ada juga Pambudi Sunarsihanto seorang pakar Human Resources dan Sandra Kosasih sebagai konsultan dan praktisi HR, serta sejumlah penulis lainnya.
 

Seperti judulnya ‘hacks’, dalam buku ini pembaca akan diberi kiat-kiat atau best practices untuk memaksimalkan potensi dalam mengembangkan karier. 


Misalnya, apa saja kompetensi yang perlu diasah dan dikuasai supaya bisa jadi CEO atau pemilik bisnis. Begitupun kiat lainnya mengenai bagaimana menggagas dan mengonsep ide usaha atau startup yang potensial, serta bagaimana menjadi young talents potensial yang menjadi rebutan para headhunter

Buku ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagai para young talent mengenai apa saja yang perlu disiapkan untuk mendaki tangga korporasi. Dengan begitu, mereka tak perlu menunggu 20 tahun lagi supaya bisa sampai ke puncak kariernya.

Buku ini dibagi ke dalam tiga babak, bagian pertama isinya seputar kenapa kita harus memulai atau sebaiknya jangan memulai bisnis startup? Ketahui apa saja kesulitannya, serta bagaimana cara kita menggali potensi dan inovasi untuk terus berkembang. 

Bagian kedua lebih diperdalam lagi bagaimana cara kita menggali potensi diri. Pada bagian ini juga akan ditekankan pentingnya kerja tim, leadership, dan mengambil risiko dengan cerdas. Bagian ketiga, membahas tentang masa depan. Para pembaca yang masih abu-abu dengan apa yang akan terjadi nanti dengan kariernya, mungkin akan mendapat pencerahan.

Bagian menariknya dari buku ini adalah adanya case study, penulis akan menyajikan sebuah situasi yang menjadi permasalahan banyak orang dalam dunia kerja. Selanjutnya akan dipaparkan juga bagaimana cara-cara penyelesaiannya yang efektif.

Buku ini menjadi bacaan wajib khususnya untuk orang-orang yang sedang meniti karir sampai ke puncak tertinggi, baik pekerja di suatu perusahaan atau yang sedang membangun bisnis startup. Tak ketinggalan juga untuk para HR yang sedang merekrut, supaya lebih cepat menemukan young talent yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca juga: Rekomendasi Buku tentang Prinsip Dasar Investasi yang Banyak Jadi Rujukan Investor Sukses

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Mengenal Lenny Wen, Ilustrator di Balik Ikon Google Doodle Dokter Sulianti Saroso

BERIKUTNYA

Jadwal Match MLBB Women di SEA Games 10 Mei 2023, Indonesia Siap Lawan Kamboja & Filipina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: