Spicy Spicy Hot! merupakan buku yang ditulis dan diilustrasikan oleh Lenny Wen (Sumber: Instagram/Lenny Wen)

Mengenal Lenny Wen, Ilustrator di Balik Ikon Google Doodle Dokter Sulianti Saroso

10 May 2023   |   11:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Lenny Wen menjadi sosok seniman yang ada di balik Doodles tentang dokter Sulianti Saroso yang ditampilkan oleh Google pada hari ini, Rabu, 10 Mei 2023. Karya ini menjadi yang pengalaman yang berkesan bagi seniman desain grafis dan ilustrator asal Indonesia tersebut. 

Dilansir laman Google Doodles, Lenny menuturkan bahwa dokter Sulianti Saroso adalah sosok yang luar biasa, sehingga dia sangat senang saat belajar dan juga membuat gambar untuk menghormatinya. Dia berusaha menciptakan karya sebaik mungkin.

“Ini berbeda karena ini adalah pertama kalinya saya menggambar tokoh sejarah yang nyata,” ujarnya dalam laman Google Doodles. 

Baca juga: Profil Dokter Sulianti Saroso yang Jadi Ikon Google Doodle 10 Mei 2023

Dia bercerita, memperoleh pengetahuan bahwa sang dokter adalah tokoh yang memperkenalkan keluarga berencana, ketika dia mulai mempelajari dan meneliti tentangnya untuk membuat Doodle pada hari ini. Selain itu, dia juga mendapati bahwa konsep keluarga berencana adalah sesuatu yang tabu pada zaman dahulu. Namun, gagasan itu lebih diterima pada saat ini.

Lenny mengungkapkan membaca beberapa artikel tentang dokter Sulianti Saroso sebagai langkah awal sebelum membuat ilustrasi. Setelah itu, dia membuat beberapa konsep dalam buku sketsa dan melakukan proses digitalisasi.

“Setelah semua disetujui [Google], saya memindahkannya ke kertas hot-pressed dengan light pad. Saya melukisnya dengan akrilik dan memindainya,” katanya. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lenny Wen (@lunartcy)


Dikutip dari situs Lenny Wen, sang seniman merupakan penulis buku anak dan seorang ilustrator. Dia sangat menyukai cerita dan membuat coretan di atas kertas sejak muda. Baginya, cerita dan imajinasi merupakan tempat aman untuk melarikan diri dari kehidupan masa kecil yang disebutnya penuh tantangan.

Rasa cinta terhadap cerita dan ilustrasi membuatnya kerap bekerja sampai larut malam untuk membuat ilustrasi dalam buku anak-anak. Sementara itu, dia juga memiliki profesi lainnya sebagai desainer grafis. Dengan berbagai tantangan yang dihadapi, sang seniman telah berhasil mengilustrasikan lebih dari selusin buku anak-anak di Indonesia.

Lenny memutuskan untuk fokus terhadap ilustrasi pada 2016 dan meninggalkan pekerjaan yang dimiliki. Dia pernah bekerja sama dengan sejumlah penerbit di Asia dan penulis independen untuk menerbitkan bukunya, sebelum akhirnya menandatangani kontrak dengan The Cat Agency pada 2019. 

Wanita yang kini tinggal di Austria itu telah membuat ilustrasi beberapa buku untuk penerbit dari Amerika Serikat sejak menjadi bagian dari agensi, seperti Old Friends karya Margaret Aitken, How We Say I Love You dari Nicole Chen, dan Smiling Eyes karya Linda Sue Park. 

Tidak hanya membuat ilustrasi buku penulis lain, dia juga membuat ilustrasi untuk buku yang ditulis sendiri. Dia telah menulis dan mengilustrasikan buku berjudul Spicy Spicy Hot! dan Wolfgang in the Meadow.

Untuk diketahui, Google memasang Doodle Sulianti Saroso pada hari ini, Rabu, 10 Mei 2023 guna mengenang ulang tahun yang ke-106. Dokter perempuan asal Indonesia itu mendedikasikan hidup untuk membantu masyarakat rentan mengakses layanan kesehatan berkualitas.

Baca juga: Mengenal Sosok Lasminingrat, Penulis & Cendekiawan Sunda yang Jadi Doodle 29 Maret 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Profil Dokter Sulianti Saroso yang Jadi Ikon Google Doodle 10 Mei 2023

BERIKUTNYA

Resensi Buku Career Hacks, Jurus Cepat Menggapai Kesuksesan dari Para Profesional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: