Ilustrasi tentang prinsip investasi. (

Rekomendasi Buku tentang Prinsip Dasar Investasi yang Banyak Jadi Rujukan Investor Sukses

30 April 2023   |   22:58 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Saat ini, pilihan produk investasi makin terbuka luas dan dapat dengan mudah diakses melalui ponsel. Sayangnya, kemudahan tersebut belum diimbangi dengan tingkat literasi yang memadai di masyarakat luas. Indikasinya, masih banyak kasus iming-iming investasi dengan keuntungan besar hingga berujung pada kasus hukum.

Padahal, berinvestasi sejatinya membutuhkan pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip dasar dalam mengelolanya agar tujuan dari penanaman modal dapat tercapai, dengan risiko yang terkendali. Untuk itu, diperlukan pemahaman lebih baik tentang prinsip-prinsip dasar investasi agar tidak termakan investasi bodong dan penipuan berkedok investasi.

Baca juga: Resensi Buku Fomo Marketing for Fomo Sapience, Dongkrak Penjualan Lewat Rasa Penasaran

Tentu saja, prinsip dasar investasi tersebut sudah banyak dibagikan dalam buku-buku populer yang selama ini dijadikan rujukan dan direkomendasikan oleh para investor sukses. Buat kalian yang masih tergolong sebagai investor pemula, ada baiknya memahami terlebih dahulu logika dan prinsip dasar berinvestasi lewat buku-buku investasi pilihan yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber.


1. The Intelligent Investor (Benjamin Graham)

Buku yang disebut sebagai panduan investasi terbaik ini membahas tentang prinsip investasi nilai (value investing). Meski tergolong buku klasik karya seorang investor yang dikenal sebagai bapak analisis nilai, Benjamin Graham, buku ini dianggap menjadi salah satu panduan investasi terbaik sepanjang masa yang telah memengaruhi banyak pemikiran investor sukses, termasuk Warren Buffett.

Buku ini memberikan banyak wawasan tentang prinsip-prinsip investasi yang dapat membantu investor meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan. Penulisnya menekankan pentingnya berinvestasi secara rasional dan berdasarkan analisis nilai, serta dilengkapi dengan penjelasan strategi dan teknik investasi yang berguna.

Diberikan juga contoh-contoh konkret tentang bagaimana cara penulisnya menghasilkan keuntungan di pasar saham dengan mempelajari tentang konsep-konsep penting seperti analisis nilai, diversifikasi portofolio, dan manajemen risiko.

Meski bukunya telah terbit sejak 74 tahun silam, prinsip-prinsip yang diajarkannya masih relevan dan dapat diterapkan di pasar saham yang terus berkembang. Kekurangannya, buku ini mencakup teknis dan teoritis sehingga pembaca mungkin perlu memiliki pengetahuan dasar tentang pasar saham dan keuangan untuk memahaminya dengan baik.

The Intelligent Investor pertama kali diterbitkan pada 1949 oleh Harper & Brothers di Amerika Serikat, dan telah banyak diterbitkan ulang oleh penerbit lain di dunia. Adapun versi Bahasa Indonesia buku ini dirilis oleh Akademika.


2. Psychology of Money (Morgan Housel)

Buku ini memberikan banyak wawasan tentang cara membangun kebiasaan keuangan yang baik dan membantu pembaca memahami konsep-konsep penting dalam mengelola uang dan investasi.

Pokok bahasan buku ini antara lain menjelaskan bagaimana kebiasaan, keyakinan, dan emosi kita memengaruhi cara mengelola uang dan investasi. Pembaca diajak untuk memahami bahwa uang tidak selalu tentang angka-angka, melainkan juga tentang perilaku dan psikologi manusia.

Penulisnya memberikan banyak contoh nyata tentang bagaimana perilaku dan emosi manusia memengaruhi keputusan keuangan, seperti kecenderungan manusia untuk memikirkan masa depan dengan cara yang salah, atau kecenderungan manusia untuk mengabaikan risiko, bahkan cenderung gegabah dalam mengambil risiko yang besar.

Dibahas juga konsep umum yang sangat penting seperti investasi jangka panjang, risiko dan imbal hasil, serta kebijaksanaan keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini dilengkapi juga dengan banyak contoh nyata dan ilustrasi yang membantu pembaca memahami konsep-konsep yang kompleks lewat kasus-kasus cerita.

Pertama kali diterbitkan pada 2020 oleh Harriman House di Inggris dan di Amerika, Psychology of Money pun telah diterjemahkan ke dalam versi bahasa Indonesia oleh Penerbit Baca.


3. The Little Book of Common Sense Investing (John C. Bogle)

Ditulis oleh John C. Bogle, pendiri dan mantan CEO Vanguard Group, buku tentang investasi pasif ini sangat terkenal di kalangan investor karena memberikan wawasan yang berharga tentang investasi yang rasional dan berdasarkan bukti-bukti.

Dia menekankan pentingnya investasi pasif dan diversifikasi portofolio dalam meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan. Pokok bahasan buku ini mengulas tentang konsep penting seperti indeks pasar, biaya investasi, dan reksadana indeks, serta memberikan strategi dan teknik investasi yang cukup dapat diaplikasikan secara praktis.

The Little Book of Common Sense Investing juga memberikan banyak contoh konkret tentang bagaimana investor dapat menghasilkan keuntungan yang baik dengan investasi pasif dan diversifikasi portofolio.

Pembaca dapat memahami bagaimana investasi pasif bekerja dan bagaimana hal tersebut dapat membantu para investor mencapai tujuan keuangannya. Buku ini tergolong mudah dipahami sehingga cocok untuk pembaca yang tidak memiliki latar belakang keuangan atau investasi yang kuat. 

The Little Book of Common Sense Investing pertama kali diterbitkan pada 2007 oleh John Wiley & Sons, Inc. di Amerika, dan telah diterbitkan di berbagai negara. Versi cetakan terakhirnya diterbitkan pada 2017 setebal 304 halaman.


4. The Warren Buffett Way (Robert G. Hagstrom)

Buku ini membahas tentang filosofi investasi Warren Buffett dan prinsip-prinsip dasar yang diterapkan dalam mengelola portofolio. Ditulis Robert G. Hagstrom, buku saku investor ini memberikan banyak wawasan tentang cara Buffett menghasilkan keuntungan yang besar di pasar saham lewat prinsip-prinsip berinvestasi yang dibagikannya.

Pokok bahasan buku ini menjelaskan dengan terperinci tentang filosofi investasi Warren Buffett dan bagaimana dia memilih perusahaan untuk diinvestasikan. Pembaca dapat mempelajari prinsip-prinsip penting yang dipegang oleh Buffett seperti fokus pada nilai perusahaan, membeli saham pada harga yang wajar, dan memperpanjang jangka waktu investasi.

Disajikan juga banyak contoh nyata tentang bagaimana Buffett menggunakan strategi investasi untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Hal ini memungkinkan pembaca untuk memahami konsep-konsep yang rumit dengan lebih mudah dan mengaplikasikannya dalam praktik berinvestasi di pasar saham.

Namun, buku ini cenderung lebih teknis dan cocok bagi pembaca yang sudah memiliki dasar pengetahuan tentang pasar saham. Seperti halnya buku keuangan lainnya, buku ini perlu dibaca dengan pikiran terbuka dan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep yang diajarkan ke dalam konteks yang dihadapi dewasa ini.

Pertama kali dirilis pada 1994 oleh penerbit John Wiley & Sons, Inc. di Amerika Serikat, buku ini telah diterbitkan ulang di berbagai negara. Versi cetakan terakhir diterbitkan pada 2013 sekitar 320 halaman.


5. Rich Dad Poor Dad (Robert T. Kiyosaki)

Sejak akhir dekade 90an, Rich Dad Poor Dad banyak dijadikan buku rujukan prinsip investasi terbaik yang membahas tentang bagaimana mengelola kekayaan dan mencapai kebebasan finansial. Bahkan, buku ini sempat menjadi panduan pengelolaan kekayaan terlaris, termasuk di Indonesia.

Ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan dikemas dengan banyak cerita yang menginspirasi,  Robert Kiyosaki membagikan pengalaman pribadi dalam membangun kekayaan dan mengajarkan prinsip-prinsip dasar tentang bagaimana mengelola keuangan. Salah satu hal yang menarik adalah penekanan tentang perbedaan antara pola pikir kelas menengah dan kelas atas dalam hal mengelola keuangan.

Buku ini juga memberikan tip dan strategi praktis tentang cara mengelola uang secara bijaksana dan bagaimana membangun aset yang menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Namun, buku ini juga mendapat beberapa kritik, seperti terlalu berfokus pada investasi real estate dan tidak memberikan banyak penjelasan tentang investasi lainnya.

Secara keseluruhan, Rich Dad Poor Dad adalah bacaan yang bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memperbaiki keterampilan keuangan, terutama dalam upaya membangun pola pikir untuk menjadi seorang 'bapak kaya'.

Buku ini pertama kali diterbitkan pada 1997 oleh TechPress, Inc. di Amerika, dan diterbitkan ulang di berbagai negara termasuk di Indonesia yang diterbitkan oleh Gramedia sejak tahun 2000 setebal 238 halaman.

 

SEBELUMNYA

Rekor, Animasi Suzume No Tojimari Cetak Box Office di Korea

BERIKUTNYA

Hypereport: Kala Pengangguran Muda Jadi Dilema Bonus Demografi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: