Kerja sama menjadi salah satu soft skill yang perlu dimiliki individu (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Anamul Rezwan)

5 Soft Skill Ini Sangat Menentukan Kesuksesan di Dunia Kerja

08 May 2023   |   22:12 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain keahlian teknis, penting bagi setiap orang untuk membekali diri dengan keterampilan nonteknis atau soft skill terutama para lulusan baru yang akan mencari pekerjaan. Bukan tanpa sebab, kemampuan itu dapat membuat karier berjalan dengan baik, bahkan pada banyak kisah inspiratif selalu melibatkan kemampuan lunak yang turut menentukan kesuksesan di masa depan.

Dirangkum dari berbagai sumber, soft skill menjadi penting bagi individu ketika memasuki dunia kerja, terutama pada era yang serba digital. Pada zaman ini, individu harus siap dalam menghadapi penyelesaian masalah yang kompleks.

Baca juga: Soft Skill Keren itu Diasah, Jangan Dianggurin

Tidak hanya itu, seseorang juga harus siap dengan berbagai masalah yang tidak jarang datang secara mendadak dan menuntut penyelesaian cepat. Untuk itu, berikut sejumlah soft skill yang harus dimiliki oleh para lulusan baru di dalam negeri.


1. Critical Thinking

Critical thinking menjadi salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh lulusan baru ketika memasuki dunia kerja. Dengan memiliki kemampuan ini, seseorang dapat dengan tanggap dan cepat merespons perubahan yang ada di dalam industri.

Seseorang akan menghadapi berbagai perubahan perilalku konsumen, distributor, dan sebagainya dari yang pernah diajarkan ketika memasuki dunia industri.


2. Kreativitas

Kreativitas adalah soft skill lain yang tidak boleh dilewatkan oleh para lulusan baru. Dengan kreativitas, seseorang bisa menghasilkan produk atau gagasan yang inovatif.

Mereka yang mampu berpikir out of the box berpotensi untuk  membawa perusahaan tempatnya bekerja terus melakukan sejumlah perubahan positif.


3. Kepemimpinan & Kerja Sama 

Kemampuan pendukung lainnya yang perlu dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kepemimpinan. Individu yang memiliki kemampuan ini dapat mengatur irama dan perubahan-perubahan yang kerap terjadi.

Tidak hanya itu, kemampuan dalam memimpin juga membuat seseorang mampu mengatur orang-orang yang ada di sekitarnya. Selain itu, kerja sama juga soft skill yang juga harus dimiliki oleh individu dalam dunia kerja, terlebih dalam persaingan ketat saat ini. Kerja sama yang kuat dan kompak dapat membawa perusahaan tempat bekerja ke tujuan yang diinginkan.

Kondisi tersebut dapat membawa perusahaan sukses, sehingga pada akhirnya karyawan yang berada di dalamnya juga menjadi sejahtera.


4. Kecerdasan Emosi

Kecerdasan emosi merupakan keahlian seseorang dalam mengelola, mengontrol, menerima, dan menilai emosi diri sendiri dan orang lain. Kemampuan ini dapat membuat tim yang telah terbentuk berjalan kompak dan kuat.

Individu dengan kecerdasan emosi yang baik akan mampu berkolaborasi dengan lebih baik juga. Tidak hanya itu, mereka juga dapat beradaptasi dengan lingkungan secara cepat.

Selain itu, kemampuan ini juga menjadi penting lantaran orang yang cerdas secara emosi memiliki motivasi yang kuat dan dapat memotivasi lingkungannya.


5. Adjustment, Decision Making, dan Service Orientation

Kemampuan soft lainnya yang perlu dimiliki oleh individu adalah penilaian dan pengambilan keputusan. Seseorang dengan kemampuan ini dapat membuat keputusan yang diambil kerap disetujui oleh semua pihak dalam organisasi.

Baca juga: 3 Skill Ini Harus Dimiliki Talenta Digital Indonesia

Selain itu, kemampuan lainya adalah orientasi terhadap pelayanan. Kemampuan ini berupa sikap individu yang tidak berharap penghargaan ketika memberikan layanan kepada konsumen lantaran sadar bahwa itu bagian dari pekerjaan. Tidak hanya itu, skill ini juga dapat membuat seseorang mampu mengahadapi konsumen yang disukai dan tidak disukai dalam pekerjaan.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

7 Minyak Aromaterapi yang Bisa Redakan Batuk, Ada Aroma Kayu Putih dan Kayu Manis

BERIKUTNYA

Oppenheimer Rilis Trailer Baru, Penayangan Versi IMAX 70mm Dinantikan Penggemar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: