Raja Charles III dan istrinya. (Sumber gambar : The Royal Family/Instagram)

Fantastis, Biaya Upacara Penobatan Raja Charles III Capai US$125 juta

06 May 2023   |   09:54 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penobatan Raja Charles III berlangsung hari ini, 6 Mei 2023. Dengan rangkaian proses sakral nan megah di Westminster Abbey, tentu biaya yang dikeluarkan sangatlah besar. Acara ini digadang-gadang menelan anggaran sekitar 100 juta poundsterling atau US$125 juta. 

Biaya ini diperkirakan dua kali lipat lebih mahal daripada penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953. Menurut sumber kerajaan, membengkaknya biaya penobatan Raja Charles III karena istana mengerahkan lebih banyak keamanan.

Diketahui, kerajaan bakal menggelar konser di Kastil Windsor yang menampilkan Katy Perry dan Lionel Richie pasca upacara penobatan Raja Charles III.

"Mengingat penobatan adalah acara negara nasional, sumber pendanaan akan mencakup hibah negara dan pemerintah Inggris,” ujar seorang juru bicara Istana Buckingham, dikutip dari Standart UK, Sabtu (6/5/2023).

Baca juga: Rangkaian Upacara Penobatan Raja Charles III

Seorang sumber lain mengatakan istana belum merilis angka pasti terkait biaya penobatan ini. Namun, Rumah Tangga Kerajaan akan menerbitkan laporan keuangan tahunannya yang merinci pengeluaran pada bulan Juni.

"Angka sebenarnya akan dibagikan pada waktunya di mana pengeluaran terkait dengan hibah negara atau biaya pemerintah,” sebutnya dikutip dari The Sun. 

Sementara itu, walaupun biaya yang dikeluarkan terlihat besar, ternyata proses atau acara penobatan Raja Charles III jauh lebih sederhana dibandingkan upacara penobatan ibunya. Raja Charles III dan Permaisurinya, Camilla akan tiba di Westminster Abbey dalam prosesi yang dimulai dari Istana Buckingham yang dikenal sebagai The King's Procession. Mereka berdua kemudian akan dimahkotai Westminster Abbey di dalam kebaktian yang akan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury.
 

Layanan tersebut akan mencakup banyak upacara yang terlihat dalam layanan mendiang Ratu, seperti sumpah, pengurapan, penghormatan, dan penobatan. Kanselir Kadipaten Lancaster, Oliver Dowden, mengatakan bahwa raja dan pemerintah berhati-hati untuk memastikan bahwa ada nilai bagi pembayar pajak tanpa kemewahan atau kelebihan.

Dalam jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan oleh YouGov mengungkapkan bahwa 52 persen warga London tidak setuju penobatan harus dibayar oleh pembayar pajak. Anggota parlemen dari Partai Buruh Richard Burgon menilai seharusnya Raja Charles III membayar penobatannya sendiri.

"Raja memiliki kekayaan pribadi yang dilaporkan sebesar 1,8 miliar poundsterling dan mengingat raja sudah mendapat manfaat dari tidak membayar pajak warisan , mudah untuk melihat mengapa begitu banyak orang tidak senang dengan ini,” tuturnya. 


Biaya Penobatan Kerajaan Sebelumnya

Mengutip Standart UK, biaya penobatan Elizabeth II bervariasi, tetapi dilaporkan 912.000 pundsterling pada 1953, setara dengan perkiraan 20,5 juta pundsterling dalam bentuk uang saat ini. Sedangkan kakek Charles, George VI, dimahkotai dengan biaya 454.000 poundsterling pada 1937 atau senilai 24,8 juta pundsterling pada 2023.

Namun, New York Times melaporkan bahwa acara pada 1953 sebenarnya adalah upacara termahal yang pernah diadakan oleh kerajaan, karena menelan biaya 1,57 juta poundsterling atau setara 56 juta poundsterling untuk kurs saat ini. Bahkan penobatan Elizabeth I, yang dianggap sebagai urusan mewah, hanya menelan biaya sedikit lebih dari 6 juta poundsterling dalam bentuk uang hari ini.

Di sisi lain, William IV sama sekali tidak menginginkan penobatan pada 1831. Dia hanya melakukan prosesi sangat sederhana seharga 43.000 poundsterling, senilai 3,6 juta poundsterling hari ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

WHO Tetapkan Era Darurat Covid-19 Berakhir

BERIKUTNYA

Bruno Major Gelar Konser di Hall Basket GBK 19 Agustus 2023, Cek Harga Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: