Douglas pun memiliki sejarah panjang dengan Festival Cannes yang bermula lewat debut pemutaran film perdana The China Syndrome pada 1972. (Sumber gambar: Cannes)

Aktor Gaek Michael Douglas Dapat Penghargaan Palme d'Or di Festival Film Cannes 

05 May 2023   |   13:16 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabar gembira datang dari aktor gaek asal Amerika Serikat, Michael Douglas. Pasalnya, lelaki berusia 78 tahun itu bakal mendapat penghargaan kehormatan Honorary Palme d'or di Festival Film Cannes ke-76  yang bakal diselenggarakan tahun ini.

Penyelenggara festival mengatakan, gelar tersebut akan diberikan kepada pemain film Basic Instinct itu saat acara pembukaan festival pada 16 Mei 2023. Hal ini sebagai bentuk pengakuan atas karier dan keterlibatannya untuk dunia perfilman di Hollywood yang mempengaruhi film dunia.

Baca juga: Berkompetisi di Festival Film Cannes, Cek Fakta Menarik Basri and Salma in A Never-Ending Comedy
 
 


Peraih dua kali Piala Oscars itu memang memiliki karier cemerlang di industri perfilman. Termasuk lewat film The China Syndrome (1979), Basic Instinct (1992), Falling Down (1993), dan Behind the Candelabra (2013). Bahkan, semua film tersebut juga telah diputar di Cannes.

Sebagai bagian dari penghormatan, Cannes juga akan menayangkan film dokumenter berjudul Michael Douglas, The Prodigal Son. Disutradarai oleh Amine Mesta film  ini akan diputar di festival dari 14-16 Mei 2023 pukul 18.00 waktu setempat serta akan disiarkan di Arte.

"Selalu menghirup udara segar untuk berada di Cannes, yang telah lama menyediakan platform luar biasa bagi para pencipta yang berani, keberanian artistik, dan keunggulan dalam bercerita,” kata Douglas dalam sebuah pernyataan.

Dilansir dari Deadline, film ini akan berkisah tentang perjalanan karier Douglas baik sebagai produser dan aktor. Douglas memang besar di lingkungan sineas. Ayahnya, Kirk adalah seorang produser film yang terkenal. Pertentangan otentisitas antara ayah dan anak inilah yang akan dikupas dalam film tersebut.

Douglas pun memiliki sejarah panjang dengan festival Cannes. Dia pertama kali memukul Croisette untuk edisi ke-32 festival lewat pemutaran perdana The China Syndrome bersama sutradara James Bridges dan lawan main Jane Fonda dan Jack Lemmon pada 1972. 

Tiga belas tahun kemudian, tepatnya pada 1992 Douglas bergabung dengan Sharon Stone untuk memulai debutnya lewat Basic Instinct, yang diputar di Kompetisi festival Film Cannes. Tak hanya itu, dia pun kembali melakukan yang ketiga kalinya dalam persaingan pada 1993 dengan Joel Schumacher's lewat film Falling Down

Oleh karena itu, festival Cannes bagi Douglas selalu mengingatkannya bahwa keajaiban sinema tidak hanya pada apa yang  dilihat di layar. Namun juga pada kemampuannya untuk dapat mempengaruhi orang-orang di seluruh dunia.

"Setelah lebih dari 50 tahun dalam bisnis film, ini merupakan suatu kehormatan untuk kembali ke Croisette untuk membuka Festival dan merangkul bahasa film global," papar Douglas.

Berlangsung sejak 1946, sesuai namanya Cannes Film Festival diselenggarakan di kota Cannes, Prancis. Cannes saat ini pun telah menjadi ajang festival film bergengsi di dunia setara dengan Venice Film Festival di Italia, dan Oscars di Amerika Serikat.

Biasanya, festival Cannes akan berlangsung selama satu pekan dengan diputarnya film yang diikutkan festival. Selain itu para  sineas juga akan mengincar penghargaan tertingginya. Yaitu trofi Palem Emas (Palm d’Or) dan yang kedua Grand Prize yang diperkenalkan sejak 1955.

Baca juga: Tom Cruise Disambut Jet, Standing Ovation Hingga Palme d'Or di Festival Film Cannes

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cara Menggunakan Bing di PC & HP, Sudah Bisa Dicoba Semua Orang Tanpa Antre

BERIKUTNYA

Kreator Bocorkan Live-Action One Piece Dalam Tahap Final

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: