Bong Joon-ho (dok: Yonhap)

Sutradara Parasite Jadi Orang Korea Pertama yang Buka Festival Film Cannes

07 July 2021   |   22:01 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Untuk pertama kalinya, sutradara asal Korea Selatan membuka penyelenggaraan Festival Film Cannes yang tahun ini memasuki tahun ke-74 penyelenggaraannya.

Melansir Yonhap pada Rabu (7/7/2021), sutradara Korea Selatan Bong Joon-ho, membuka festival film yang penyelenggaraannya sempat ditunda akibat pandemi Covid-19 itu pada Selasa (6/7/2021) waktu Perancis.  

Dalam kesempatan tersebut, Joon-ho yang memberikan pernyataan pembuka dalam bahasa Korea bersama dengan sutradara-aktris Amerika Jodie Foster, pembuat film Spanyol Pedro Almodovar, dan presiden juri Cannes Spike Lee. Masing-masing dari mereka membuat pernyataan pembuka dalam bahasa Prancis, Spanyol, dan Inggris.

Festival Film Cannes akan berlangsung selama 12 hari  dengan 24 film yang bersaing untuk mendapatkan penghargaan tertinggi. Tak terkecuali film pembuka Annette karya Leos Carax.

Penyelenggaraan festival tersebut sekaligus untuk merayakan kembalinya sinema dunia di bioskop setelah tutup nyaris dua tahun.

Joon-ho mengunjungi acara film paling bergengsi di dunia edisi 2021 sebagai tamu istimewa, dua tahun setelah memenangkan hadiah utama Palme d'Or untuk film Parasite (2019).

Joon-ho mengatakan dirinya diminta oleh direktur artistik Cannes, Thierry Fremaux, untuk berpartisipasi dalam festival demi menjembatani kesenjangan antara 2019 dan 2021.
 
Ilustrasi Festival Cannes
"Melihat kalian semua di sini, saya benar-benar mendapat kesan belum ada istirahat.Sejak adegan kereta yang berpacu dalam film karya Lumiere Bersaudara, selama ratusan tahun, peredaran film tidak pernah berhenti di atas bumi," tuturnya.

Dalam acara pembukaan festival itu, aktor Korea Selatan, Song Kang-ho, yang terpilih menjadi anggota juri untuk kompetisi dalam festival tahun ini juga menyampaikan pesannya.
 
Song mengatakan dia awalnya berpendapat festival ini mungkin tidak dapat digelar tahun ini akibat pandemi global Covid-19 yang begitu berbahaya. Namun, seperti keajaiban, dia merasa terhormat dan senang dapat menyambut para hadirin.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Peluang Bisnis Daur Ulang Popok dan Masker Masih Terbuka Luas Loh

BERIKUTNYA

Cek Ketahanan Air Ponsel Android Kalian Pakai Aplikasi Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: