Bing, layanan chatbot AI dari Microsoft (Sumber gambar: Microsoft)

Cara Menggunakan Bing di PC & HP, Sudah Bisa Dicoba Semua Orang Tanpa Antre

05 May 2023   |   13:36 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan teknologi, Microsoft baru saja merilis Bing secara luas kepada seluruh pengguna harus mengantre lagi. Bing merupakan produk chatbot atau bot percakapan berbasis GPT-4 untuk mesin pencarian Bing. Layanan ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan sistem secara otomatis. 

Implementasinya bisa membantu pengguna dalam menjawab pertanyaan atau memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi. chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) seperti Bing kini menjadi populer lantaran kemampuannya dalam memahami bahasa manusia dan merespon dengan baik terhadap pertanyaan atau permintaan pengguna. 

Baca juga: Menjajal Bing Chat, Mirip Chat GPT dari Microsoft

Dalam pengembangan Bing yang punya DNA ChatGPT dan GPT-4, Microsoft menghadirkan pengalaman pemrosesan otak manusia. Sebagai informasi, otak manusia dapat memproses informasi visual sekitar 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Untuk itu, Bing akan memberikan jawaban yang lebih kaya dan lebih visual, termasuk bagan dan grafik serta format jawaban yang diperbarui. 

Bing memang mirip dengan ChatGPT. Teknologi ini bisa digunakan di perangkat desktop dan smartphone, yang tentunya dapat mempermudah segala aktivitasmu. Selain melakukan tanya jawab, Bing Chatbot AI juga dapat diperintahkan untuk melakukan berbagai hal, misalnya membuat tulisan dari cerita pendek hingga membalas email dengan topik tertentu.

Di samping itu, ada pula fitur yang dapat mengubah teks menjadi gambar. Microsoft memasukkan fitur integrasi Bing Image Creator ke dalam pengalaman obrolan Bing, sehingga pengguna dapat memperoleh jawaban berupa konten tertulis dan visual di dalam obrolan.
 

Bing (Sumber gambar: Microsoft)

Bing (Sumber gambar: Microsoft)

Buat kalian yang penasaran dan tidak sabar menjajal layanan anyar dari Microsoft ini, yuk simak cara menggunakan Bing di PC dan HP berikut ini. 
 

1. Cara Menggunakan Bing di PC

Bing dapat digunakan secara otomatis melalui browser Microsoft Edge yang sudah terpasang di perangkat Windows. Sementara untuk pengguna Mac, Microsoft Edge juga tersedia untuk perangkat Apple. Kamu dapat mengunduhnya melalui AppStore atau situs resmi Microsoft Edge saja.

Jika sudah terpasang, buka aplikasi Microsoft Edge di PC. Masuk ke akun Microsoft, jika belum punya kalian bisa membuatnya terlebih dahulu. Selanjutnya kunjungi situs bing.com. Di pojok kiri atas, klik 'Chat'. Atau, klik 'Try It' pada banner yang muncul saat pertama kali mengunjungi situs Bing.

Pada kotak pencarian, masukkan instruksi sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu ingin mengajukan pertanyaan atau perintah membuat email. Selanjutnya tunggu hingga AI merespons. Lanjutkan obrolan sampai apa yang kamu cari sudah terpenuhi.
Setiap obrolan yang kamu lakukan akan tersimpan. Jika ingin membuat obrolan baru tanpa menghapus riwayat, tinggal klik 'Topik Baru' atau ikon sapu, kemudian kamu akan diarahkan ke jendela obrolan baru. 
 

2. Cara Menggunakan Bing di HP

Bing Chatbot AI juga tersedia di HP atau smartphone, kamu tinggal mengunduh aplikasi Bing di Play Store atau AppStore. Kalau sudah terpasang, buka aplikasi Bing lalu klik opsi 'Masuk dan Gabung'. Kamu bisa login menggunakan akun Microsoft, kalau belum ada bisa membuatnya terlebih dahulu. 

Setelah login, kamu akan menemukan logo Bing di bagian bawah. Klik logo tersebut untuk mulai menggunakan Chatbot. Masukkan kueri yang ingin kamu tanyakan atau instruksikan pada kolom yang ada. Selanjutnya, AI akan merespons sesuai kemampuannya. 
 
Baca juga: Cek Kelebihan GPT-4, Versi Baru ChatGPT dari OpenAI

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Banyak Agenda Wisata Seru di Singapura Sepanjang 2023, Ada Festival Kuliner hingga Kebugaran

BERIKUTNYA

Aktor Gaek Michael Douglas Dapat Penghargaan Palme d'Or di Festival Film Cannes 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: