Oshi no Ko (Sumber gambar: IMDB)

YOASOBI Melesat ke Top 10 Billboard Global 200 lewat Lagu Soundtrack Anime Oshi no Ko

04 May 2023   |   14:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Lagu terbaru YOASOBI berjudul Idol sukses merajai tangga lagu internasional, Billboard Global 200. Melansir laman resmi Billboard, saat ini lagu Idol itu melesat naik dalam beberapa hari dari posisi 14 menjadi posisi 10. Pekan ini, YOASOBI bertengger bersama Fifty Fifty sebagai musisi Asia yang merajai puncak tangga nada global.

Kesuksesan YOASOBI meraih posisi itu dimulai hanya beberapa hari setelah perilisan lagu Idol pada 12 April 2023. Tepat pada 19 April 2023, Idol berhasil menguasai Billboard Japan Hot 100. Hanya dalam satu pekan, Idol berhasil menerima total 8,8 juta streaming mingguan dengan penayangan video berjumlah 4,3 juta penayangan. Setelahnya, Idol terus merangkak naik menuju posisi pertama tangga nada Jepang selama lebih dari dua pekan.

Baca juga: Head In The Clouds Bakal Kembali Gebrak Jakarta, YOASOBI dan NewJeans Masuk Line Up Lagi?

Baru-baru ini, Billboard mengumumkan jika lagu Idol itu resmi duduk sebagai juara Billboard Japan Hot 100 dalam 3 pekan berturut-turut. Bahkan Billboard mencatat pelonjakan penayangan hingga 83,7 persen untuk keseluruhan.

Lagu anyar YOASOBI ini pula berhasil menjadi peringkat kedua dalam rekor sepanjang masa di Billboard Japan Hot 100 dengan catatan 25,7 juta streaming mingguan. Posisi itu menempatkan YOASOBI tepat di bawah total penayangan lagu BTS berjudul Butter yang mendapat total 29,9 juta penayangan.
.


Adapun penilaian Billboard Japan Hot 11 menggabungkan jumlah penjualan fisik dan digital, audio streaming, pemutaran audio, penayangan video, serta data karaoke. Atas penilaian itu, Idol masih bertahan di posisi pertama. Bahkan lagu dari BE:FIRST berjudul Smile Again belum bisa menyalip tangga musik Jepang tersebut.

Setelah malang melintang di tangga nada Jepang, YOASOBI berhasil menembus pasar global, menempatkan grup musik yang digawangi Ayase dan Lilas Ikuta ini satu tempat dengan musisi internasional seperti SZA, Miley Cyrus, Morgan Wallen, hingga The Weeknd & Ariana Grande dengan deretan lagu terbaru mereka.

Sebagaimana diketahui, lagu Idol dari YOASOBI ini melesat naik setelah ditempatkan sebagai opening soundtrack untuk anime karya Aka Akasaka dan Mengo Yokoyari berjudul Oshi no Ko. Drama bergenre fiksi supernatural itu merilis episode pertamanya tepat dengan perilisan lagu Idol di kanal YouTube Ayase / YOASOBI yang sudah mendapat total 65 juta penayangan per Kamis (4/5/2023).

Baca juga: Ini Dia 4 Keunikan dan Profil YOASOBI, Musisi Jepang yang Lagi Hits

Oshi no Ko langsung memuncaki anime populer di situs MyAnimeList sejak episode pertamanya rilis. Beriringan dengan antusiasme terhadap anime tersebut, tak sedikit yang memuji lagu pembuka Oshi no Ko yang dibawakan oleh YOASOBI ini. Itu turut mendorong penayangan untuk lagu Idol semakin terdongkrak.

Idol menceritakan perjalanan penuh duri yang dilalui oleh seorang idola. Ayase menerjemahkan perjuangan para idola ini melalui karya musik. Masih dengan lirik gelap berbalut musik menghentak ala YOASOBI, lagu Idol dimaknai sebagai kehidupan gelap di balik gemerlapnya panggung idola.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Berikut Cara Kembangkan Kemampuan Digital dalam Dunia Kerja

BERIKUTNYA

Laga Penting, Begini Peluang Timnas Indonesia Rebut Puncak Klasemen Grup A SEA Games

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: