Cara Mengatasi Cegukan (Sumber Foto: Freepik)

7 Cara Menghentikan Cegukan Selain Minum Air Putih

04 May 2023   |   06:16 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Mengalami cegukan sepanjang hari pasti membuatmu tidak nyaman. Banyak yang menyarankan, cara menghentikan cegukan adalah dengan minum air putih hangat. Namun, bagi beberapa orang cara tersebut tidak ampuh, walaupun kita sudah menenggak air bergelas-gelas.

Mengutip dari Healthline, cegukan dalam istilah medisnya disebut singultus. Kondisi ini terjadi saat otot diafragma mengalami kejang secara tidak sadar. Otot diafragma sendiri berperan penting dalam membantu proses pernapasan. Saat otot diafragma mengalami kejang, napas kita akan tertarik secara tiba-tiba hingga pita suara tertutup dan berbunyi 'hik'.

Baca juga: Apa Itu Highway Hypnosis? Kenali Gejala, Penyebab & Cara Mencegahnya

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan cegukan, misalnya makan kebanyakan, sering mengonsumsi makanan pedas dan minuman berkarbonasi seperti soda, perubahan suhu, stres, atau kondisi terlalu bersemangat. 

Berikut adalah cara menghentikan cegukan, selain dengan cara minum air putih.


1. Tahan napas selama beberapa saat

Menahan napas dapat menghentikan cegukan secara efektif. Dengan menahan napas kadar karbondioksida akan meningkat di paru-paru, kondisi ini akan membantu mengendurkan diafragma dan menghentikan kejang supaya cegukan juga berhenti.

Lakukan pernapasan dengan terukur, kamu bisa menarik napas dengan perlahan selama lima hitungan dan keluarkan dengan lima hitungan. Atau kamu bisa juga menarik napas dalam-dalam dan tahan selama 10 detik, lalu lepaskan napas perlahan. Ulangi tiga kali, empat kali, dan seperlunya.


2. Bernapas dengan kantong kertas

Kamu bisa menggunakan alat bantu kantong kertas atau paper bag untuk bernapas. Caranya posisikan kantong kertas di hidung dan mulut, kemudian tarik napas lalu embuskan. Ulangi cara ini  dengan bernapas perlahan-lahan sampai kantong kertas nampak kembang kempis.

Cara yang satu ini dapat membantu meningkatkan kadar karbon dioksida dan menghentikan cegukan. Namun ingat, jangan pakai kantong plastik karena bahaya. Saat kamu mengambil napas, kantong plastik akan menempel di mulut dan hidung.


3. Tekuk lutut ke dada

Menekuk lutut ke arah dada dapat membantu menghentikan cegukan. Hal ini karena posisi menekuk lutut ke dada dapat memberi tekanan lembut pada diafragma yang akan menghentikan cegukan. Duduklah di tempat yang nyaman lalu peluk lututmu sampai menyentuh dada, kemudian tahan posisi tersebut selama dua menit.


4. Berkumur dengan air dingin

Berkumur atau gargling dapat membantu menghentikan cegukan. Cara ini dapat merangsang saraf di bagian belakang tenggorokan, sehingga membantu untuk menghentikan cegukan. Cobalah berkumur dengan air dingin selama beberapa detik lalu buang, ulangi sampai cegukannya hilang.


5. Mengagetkan diri sendiri

Walau terdengar aneh, ternyata kaget bisa membantu menghentikan cegukan. Saat kita kaget, tubuh akan memberikan reaksi pada saraf vagus. Seperti yang diketahui cegukan terjadi karena adanya bentuk refleks yang melibatkan sistem saraf batang otak, saraf vagus, dan saraf phrenicus. Nah, cobalah meminta teman untuk mengagetkanmu secara mendadak ya.


6. Menghitung mundur

Untuk menghentikan cegukan kamu bisa menghitung mundur dari 100 atau membaca alfabet dari urutan belakang supaya cegukan segera berhenti. Cara ini akan membuat kita fokus pada aktivitas tersebut, sehingga tanpa disadari cegukan bisa hilang dengan sendirinya.


7. Menutup kedua telinga

Cobalah menutup telinga dengan tangan selama 20 sampai 30 detik. Cara ini diyakini dapat mengirimkan sinyal relaksasi melalui saraf vagus yang terhubung ke diafragma, dengan begitu cegukan akan hilang. 

Baca juga: 5 Fakta Junk Sleep, Pola Tidur yang Buruk & Cara Mencegahnya

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Serial Komedi Romantis Indonesia, Ada Married With Senior hingga My Nerd Girl

BERIKUTNYA

5 Momen Menarik Selama Met Gala 2023, Dari Kecoa Hingga Penampilan Nyentrik Lil Nas X

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: