Ilustrasi berkendara (sumber gambar Unsplash/Darwin vegher)

Apa Itu Highway Hypnosis? Kenali Gejala, Penyebab & Cara Mencegahnya

21 April 2023   |   19:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat saat Lebaran. Berkendara dengan mobil pribadi  masih menjadi pilihan masyarakat untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga di kampung halaman. Namun, saat berkendara di jalan yang lurus atau sepi seringkali membuat pengemudi terlena hingga mengalami gejala highway hypnosis.

Secara sederhana, highway hypnosis merupakan kondisi saat seseorang sedang mengemudi, tetapi pikiran mereka  justru melayang ke mana-mana.

Kendati menjadi salah satu penyebab lakalantas di jalan raya, sebagian besar pengemudi sering mengabaikan betapa berbahayanya kondisi ini. Nah, agar kamu dapat terhindar dari highway hypnosis simak gejala, penyebab, dan cara mengatasinya dalam ulasan berikut.


1. Definisi Highway Hypnosis

Dikutip dari Healthline, highway hypnosis disebabkan saat pengemudi mengalami keadaan monoton atau kurang rangsangan. Hal ini terutama dialami saat seseorang seseorang mengemudi dalam jarak yang jauh dan waktu yang lama.

Seperti namanya, highway hypnosis biasanya terjadi saat berada di jalan raya yang lurus dan datar. Fase inilah yang menyebabkan pengemudi jadi kehilangan konsentrasi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

Pada kondisi tersebut, meski secara fisik kamu sedang mengendarai kendaraan, tapi pikiranmu justru berada di tempat lain. Bahkan, seringkali pengemudi dengan tanpa sadar dapat mengemudi dengan kecepatan tinggi sehingga dapat membahayakan keselamatan.


2. Gejala Highway Hypnosis

Masih dari laman Healthline pengemudi yang mengalami highway hypnosis seringkali tidak menyadari saat mengalami kondisi tersebut. Adapun, gejala atau tanda peringatan yang perlu diperhatikan meliputi fase mengantuk, kelopak mata yang terasa berat, hingga perasan tumpul atau bingung dan berakhir dengan pikiran yang mengembara.


3. Penyebab Highway Hypnosis

Kendati highway hypnosis lebih sering dialami oleh pengemudi yang lelah, faktor kelelahan bukanlah satu-satunya penyebab. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa faktor penyebab highway hypnosis.
  • Jalanan Monoton
Sebuah studi dalam jurnal Accident Analysis and Prevention pada 2003 menggunakan simulator mengemudi untuk mempelajari efek jalan yang monoton pada 56 pengemudi laki-laki profesional. Adapun, para peserta berkendara di dua jalur yang sama selama 40 menit. Hasilnya menunjukkan bahwa pengemudi cenderung menunjukkan lebih banyak kelelahan saat berkendara di jalan monoton.
  • Kurang Konsentrasi
Saat berkendara di jalan yang kurang familiar, otak mulai tidak bergantung pada apa yang sebenarnya dilihat. Sebaliknya otak justru bergantung mengenai prediksi mental tentang apa yang akan terjadi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan otak menjadi kurang waspada terhadap rangsangan visual dan daya konsentrasi.
  • Mengantuk
Kantuk juga dapat menjadi penyebab gejala highway hypnosis. Risiko ini juga akan semakin meningkat jika kondisi tubuh lelah. Sehingga pada kasus tersebut tubuh akan lebih lambat bereaksi dan lebih banyak mengandalkan prediktabilitas mental dan autopilot.


4. Cara Mencegah Highway Hypnosis

Setelah mengetahui highway hypnosis dan bahaya yang kadang ditimbulkan olehnya, berikut beberapa mencegah kondisi tersebut dilansir dari laman Thought.
  • Mengemudi pada Siang Hari
Mengemudi pada siang hari dapat membantu mencegah kelelahan karena secara alamiah orang akan lebih waspada dalam kondisi cahaya yang cukup. Tak hanya itu, pemandangan di siang hari juga lebih menarik dan tidak semonoton malam hari, yang cenderung menyebabkan pengemudi mengalami highway hypnosis.
  • Minum Kopi 
Minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein dapat membantu seseorang yang berkendara menjadi lebih awas serta tidak mengantuk. Tak hanya itu, kafein juga dapat memicu adrenalin sehingga membuat pengemudi jadi lebih fokus.
  • Matikan AC Kendaraan
Sulit untuk melamun atau mengalami highway hypnosis jika kamu berada di keadaan yang tidak nyaman. Salah satu caranya adalah dengan mematikan AC kendaraan atau membuka jendela mobil untuk merasakan udara segar dan tetap awas dengan keadaan sekeliling. 
  • Dengarkan Musik Baru atau Tidak Disukai
Percaya atau tidak, mendengarkan musik yang disukai justru membuat otak terlena. Namun hal itu tidak berlaku jika kamu mendengar musik baru atau jenis musik yang tidak disukai yang justru membuat kita jengkel dan terjaga.
  • Istirahat Sejenak
Menghentikan kendaraan dan beristirahat sejenak juga dapat mencegah gejala highway hypnosis. Selain itu, mengkonsumsi makanan ringan selagi berkendara dan meluruskan punggung saat berkendara juga dapat membantu lebih konsentrasi.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

3 Resep Kue Lebaran Maknyus, Cocok Buat Kudapan Lebaran

BERIKUTNYA

Awal Mula Tradisi Beli Baju Lebaran, Ternyata Ada Pengaruh Kolonial Belanda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: