Jalan tanpa alas kaki (Sumber Foto: Freepik)

5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki Minimal 1 Jam Tiap Hari, Bisa Bikin Awet Muda

03 May 2023   |   06:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Seberapa sering kamu berjalan tanpa alas kaki? Siapa sangka ternyata kebiasaan ini bisa membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lo. Kamu bisa jalan kaki setiap hari pada pagi hari, misalnya di pekarangan rumah dengan tanah, rumput, atau batu kerikil yang tidak tajam.

Berjalan kaki dengan alas kaki saja, setidaknya selama 30 menit sudah memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya baik untuk kesehatan kardiovaskular, memperkuat tulang dan mengurangi lemak tubuh, serta meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

Bahkan, berjalan kaki juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis hingga beberapa jenis kanker. Hal ini karena ada banyak titik penting di kaki yang saling terhubung dengan organ-organ dalam tubuh. Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah sejumlah manfaat berjalan tanpa alas kaki, bisa untuk kesehatan dan kecantikan. 

Baca juga: Wow, Ini Manfaat Jalan Nordik Bagi Pasien Jantung
 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan hubungan antara berjalan tanpa alas kaki dan kesehatan jantung. Disebutkan bahwa, kebiasaan tersebut dapat mengurangi pembekuan dan pengentalan darah dalam sel darah merah yang merupakan faktor utama yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.
 

2. Meredakan Kram Menstruasi

Pada dasarnya berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengatasi semua jenis rasa sakit, termasuk kram menstruasi yang sangat menyiksa kaum wanita. Cara ini cocok untuk kamu yang enggan mengonsumsi obat pereda nyeri menstruasi. Sebagai alternatifnya biasakan berjalan tanpa alas kaki untuk meredakan rasa nyerinya. 


3. Memperbaiki Postur Tubuh

Berjalan tanpa alas kaki dapat melatih dan menguatkan otot-otot kecil pada kaki. Hal tersebut membuat otak belajar untuk memperhatikan sinyal dari otot-otot kaki, sehingga lama kelamaan kebiasaan ini baik untuk postur dan keseimbangan tubuh.

Selain itu, kebiasaan berjalan di atas batu juga dapat membantu para lansia dalam meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh mereka. Namun, perlu diawasi supaya tidak terjadi hal yang membahayakan. 


4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Membiarkan anak-anak berlarian tanpa alas kaki di tanah dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk mereka. Misalnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi alergi, dan mengontrol tingkat stres. Dengan begitu anak-anak menjadi lebih kuat secara mental.

Cobalah menghabiskan waktu bertelanjang kaki di rumput selama 10 menit sampai 1 jam atau bisa juga berjalan di pasir basah dan air di pantai. Kebiasaan ini menjadi cara terbaik untuk mengirimkan energi dari bumi ke dalam tubuh.

5. Membuat Penampilan Awet Muda

Berjalan tanpa alas kaki juga dapat membuat kita awet muda, lo! Manfaatnya dapat meningkatkan perbaikan jaringan kulit supaya terlihat awet muda. Di samping itu juga dapat meningkatkan aliran darah ke kapiler sehingga wajah tampak merah merona secara alami. Cobalah jalan tanpa alas kaki minimal 1 jam beberapa kali dalam seminggu.

Baca juga: Bosan Lari di Jalan Raya? Cobain Sensasi Lari Trail di Gunung

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah  

SEBELUMNYA

Serial Musikal Payung Fantasi Sabet Penghargaan Emas PR Awards 2023 di Singapura

BERIKUTNYA

Jadi Pembuka Alur Bunyi 2023, Pianis Mery Kasiman Akan Menyajikan Karya Musik Puitis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: