Cuplikan serial musikal Payung Fantasi (Sumber gambar: Indonesia Kaya)

Serial Musikal Payung Fantasi Sabet Penghargaan Emas PR Awards 2023 di Singapura

02 May 2023   |   19:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Serial Musikal Payung Fantasi yang mengangkat kisah maestro musik sekaligus pahlawan nasional Ismail Marzuki telah ditonton lebih dari 40 juta views di YouTube. Tak hanya itu, seri rilisan 2022 ini juga mendapat penghargaan Gold untuk kategori Best PR Campaign: Entertainment dalam acara Marketing-Interactive PR di Singapura. 

Marketing-Interactive PR Awards 2023 merupakan penghargaan definitif bagi praktisi PR di seluruh kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Australia - New Zealand. Acara ini telah digelar selama lebih dari satu dekade oleh Marketing-Interactive, sebuah perusahaan periklanan, pemasaran, dan intelijen media terkemuka di Asia yang menjangkau seluruh Singapura, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Thailand. 

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Baeksang Arts Awards 2023, Serial The Glory Mendominasi

Sementara Best PR Campaign: Entertainment merupakan kategori yang melibatkan anggota media untuk meningkatkan kesadaran akan produk hiburan yang dapat mencakup film, acara teve, musik, konser, buku, surat kabar, acara olahraga, dan sebagainya. 

Dalam kategori ini, juri melihat peran dan kontribusi komunikasi dalam strategi kampanye yang mampu menguraikan elemen kreatif dan inovatif, eksekusi yang sukses, dan mampu membuktikan kemampuan kampanye untuk meningkatkan kesadaran publik di media.  

Untuk tahun ini, ada 42 kategori yang masing-masingnya terdiri dari tiga pemenang yaitu Gold, Silver dan Bronze yang dinilai oleh juri independen yang terdiri dari pemimpin industri dan pakar komunikasi senior. 
 

v

mendapatkan penghargaan Gold untuk kategori Best PR Campaign: Entertainment dalam acara Marketing-Interactive PR Awards di Island Ballroom Shangri-La Singapura (Sumber gambar: Indonesia Kaya)

Renitasari Adrian, Program Director Indonesia Kaya, mengungkapkan setelah berhasil membawa pulang penghargaan Bronze pada 2022 untuk Serial Musikal Nurbaya, pada tahun ini pihaknya berhasil membawa penghargaan tertinggi yaitu Gold untuk Serial Musikal Payung Fantasi.

"Kabar gembira ini merupakan hasil dari kerja keras dari para pekerja seni, serta dukungan dari rekan media dan penikmat seni yang telah menyaksikan tayangan ini," katanya dalam keterangan resminya.

Reni menambahkan kemenangan ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi Indonesia Kaya dan semua pihak yang terlibat karena dapat bersanding dengan nama-nama besar dalam bidang hiburan (entertainment) di kawasan Asia.

Penghargaan ini, katanya, juga menjadi pendorong bagi pihaknya untuk terus menyajikan beragam program terbaik, terutama dengan mengangkat berbagai kekayaan budaya dan sejarah Indonesia dengan kemasan unik dan kreatif untuk menambah wawasan para penikmat seni.

Reni juga mengatakan pembacaan kategori dan pemberian penghargaan ini dilakukan oleh Ananya Mukherjee, Global Communications Director, Narrative & Content Cargill dan diterima langsung oleh Billy Gamaliel, Program Manager Indonesia Kaya beserta tim produksi serial musikal Payung Fantasi.

Dalam kategori Best PR Campaign: Entertainment ini, Indonesia Kaya bersanding dengan National Geographic Asia yang mendapatkan penghargaan Silver, serta Marina Bay Sands yang menyabet penghargaan Bronze. Selain itu, ada juga beberapa finalis lainnya seperti Orchard Turn Developments, PETRONAS, dan Tune Talk. 
 

Cuplikan serial musikal Payung Fantasi (Sumber gambar: Indonesia Kaya)

Cuplikan serial musikal Payung Fantasi (Sumber gambar: Indonesia Kaya)

Sebagai informasi, proses produksi Serial Musikal Payung Fantasi sendiri melalui proses panjang yang dimulai sejak Januari 2022. Proses penggarapan diawali dari audisi online Mentjari Bang Maing dan Djoewita, diikuti oleh 250 pendaftar dari berbagai wilayah di luar pulau Jawa seperti Bali dan mencakup wilayah Indonesia Timur. Setelah melangsungkan proses audisi secara hibrida, terpilihlah 29 peserta untuk ikut meramaikan produksi tersebut. 

Lebih dari 25 karya lagu ciptaan maestro Ismail Marzuki dibawakan dengan apik oleh para pemain, seperti Jauh di Mata, Payung Fantasi, Juwita Malam, Dari Mana Datangnya Asmara, Gagah Perwira, Indonesia Pusaka, Sepasang Mata Bola, Sabda Alam, dan sebagainya.

Tak ketinggalan, lagu O, Sarinah yang merupakan salah satu lagu pertama ciptaan Ismail Marzuki yang ditulis dalam bahasa Belanda juga turut dilantunkan. Lagu tersebut menjadi simbol kehidupan masyarakat Indonesia yang tertindas di era penjajahan sekaligus menjadi sebuah penghargaan pada kehidupan warga yang sederhana. 

Mendapatkan penghargaan ini, Reni pun mengungkapkan rasa terima kasih untuk semua tim yang terlibat dari serial musikal Payung Fantasi, penikmat seni, dan rekan media yang senantiasa membantu untuk menyebarluaskan informasi tentang serial tersebut kepada masyarakat.

"Kami harap penghargaan yang kami peroleh ini juga dapat meningkatkan kecintaan dan semangat kita untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia,” imbuhnya. 

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadio Music Awards 2023, Taylor Swift Bersinar Lagi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

5 Cara Makan yang Baik Supaya Berat Badan Cepat Turun, Jangan Mengunyah Asal-asalan

BERIKUTNYA

5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki Minimal 1 Jam Tiap Hari, Bisa Bikin Awet Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: