Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Lital Levy dari Unsplash)

Simak 3 Alasan Kenapa Genhype Harus Jalan Kaki untuk Olahraga

21 June 2021   |   07:36 WIB

Selama masa pandemi, kegiatan olahraga lebih banyak dilakukan di dalam ruangan. Akan tetapi, kegiatan olahraga di luar ruangan juga tetap diperlukan, lho!

Salah satu kegiatan olahraga di luar ruangan yang bisa Genhype lakukan adalah dengan berjalan kaki di lingkungan sekitar tempat tinggal. Dengan berbagai manfaat berjalan kaki, termasuk bisa mendapatkan sinar matahari di pagi hari, ada tiga manfaat lain yang bisa didapat dari olahraga simpel ini. Simak daftarnya yuk!

1. Cegah berbagai penyakit
 

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Juliane Liebermann dari Unsplash)

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Juliane Liebermann dari Unsplash)

Berdasarkan panduan dari Departemen Kesehatan Australia, aktivitas fisik yang dilakukan selama 30 menit setiap harinya bisa mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti stroke, diabetes tipe 2, dan osteoporosis.

Kegiatan fisik ini juga meliputi berjalan kaki yang merupakan olahraga yang memanfaatkan semua anggota tubuh tanpa harus menggunakan alat khusus atau mengeluarkan biaya.

2. Tingkatkan keseimbangan tubuh
 

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Arek Adeoye dari Unsplash)

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Arek Adeoye dari Unsplash)

Berjalan kaki punya beberapa manfaat secara fisik, di antaranya adalah membangun kekuatan pada tubuh bagian bawah dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Kedua hal ini punya manfaat jangka panjang, terutama bagi orang lanjut usia yang punya penurunan kualitas pandangan dan kelenturan ketika seseorang menginjak usia 50 tahun akibat pengobatan dan beberapa penyakit lain yang memengaruhi kesehatan.

Salah satu teknik yang bisa Genhype praktikkan adalah dengan berjalan dengan sangat lambat selama beberapa menit dengan  berfokus pada mengangkat salah satu kaki di setiap langkah yang diambil.

3. Tingkatkan fokus
 

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Linda Knicely dari Unsplash)

Ilustrasi berjalan kaki. (Dok. Linda Knicely dari Unsplash)

Enggak hanya manfaat fisik, ada salah satu manfaat kesehatan mental lain yang bisa didapat dari berjalan kaki: fokus dalam periode yang lebih panjang.

Ini disebabkan karena berjalan kaki dan mengambil nafas yang dalam bisa membantu seseorang untuk mengurangi tingkat stres sehingga bisa membantu menata hal-hal yang ada di pikiran dengan lebih baik.

Sudah tahu manfaatnya, Genhype? Yuk luangkan waktu sejenak untuk sekadar berjalan kaki setidaknya 30 menit dalam satu hari!


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Bandai Namco Siapkan Game Gundam untuk Esports

BERIKUTNYA

Park Min Young & Song Kang Duet di Drama Korea Baru JTBC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: