Ada beberapa makanan dan minuman yang ternyata bikin kita jadi susah tidur malam hari (Sumber foto: Freepik)

6 Makanan dan Minuman yang Bikin Susah Tidur, Jangan Dikonsumsi saat Malam Hari

28 April 2023   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apakah belakangan ini kamu susah tidur dan jadi sering bergadang? Kondisi ini disebut insomnia, yang apabila dibiarkan berlarut-larut bisa memicu sejumlah masalah kesehatan. Salah satu penyebab insomnia bisa dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Faktanya apa yang kamu makan dapat memengaruhi kualitas dan durasi tidurmu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Biasanya kopi dan minuman berkafein lainnya sering dikaitkan dengan penyebab susah tidur. Padahal ada beberapa makanan dan minuman lainnya yang berpotensi menyebabkan insomnia. Yuk, simak apa saja! 

Baca juga: Cek Kombinasi Makanan Terbaik untuk Sarapan Menurut Harvard
 

1. Keripik

Sebuah studi di European Society of Endocrinology menemukan bahwa makanan asin seperti keripik dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Ini karena keripik adalah salah satu makanan yang tinggi garam. Efeknya bisa membuat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. 

Bisa juga sebaliknya, yakni mampu meningkatkan retensi air atau kelebihan cairan. Karena itu sebaiknya hindari konsumsi makanan asin setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.
 

2. Makanan Manis

Makanan dan dengan kadar gula tinggi berpotensi membuat seseorang susah tidur. Makanan manis dapat memengaruhi pelepasan hormon adrenalin dan kortisol, yakni kedua hormon yang dapat mengganggu tidur. Namun, tidak semua asupan tinggi gula mengganggu siklus tidur, buah-buahan dan sayuran yang mengandung gula alami tidak akan memicu insomnia. 


3. Makanan Asam & Pedas

Makanan asam dan pedas juga bisa bikin susah tidur karena berpotensi menyebabkan mulas, khususnya bagi pengidap maag atau penyakit refluks gastroesofagus (GERD). Biasanya orang yang sensitif dengan makanan asam dan pedas, perutnya sering kali tidak nyaman setelah mengonsumsinya.

Terlebih saat mengonsumsi makanan asam dan pedas dekat dengan waktu tidur. Saat berbaring perut akan mulai merasa mulas dan nyeri, sehingga hal tersebut dapat mengganggu waktu tidur dan memicu insomnia.


4. Minuman Cokelat

Minuman berkafein tidak hanya kopi dan teh saja, cokelat panas juga mengandung kafein tinggi. Kafein dalam secangkir kopi berkisar antara 95-200 mg, sementara kopi instan kandungan kafeinnya lebih sedikit sekitar 27-173 mg. Adapun, kafein dalam secangkir teh bervariasi antara 14-70 mg, untuk teh dalam kemasan kafeinnya mencapai 5-40 mg.

Sementara itu, segelas minuman cokelat (150 ml) memiliki kandungan kafein setara 10-70 mg tergantung jenis cokelat yang digunakan. Kandungan kafein tersebut hampir sama dengan cokelat batangan (30 gram) dengan kadar kafein 20-60 mg.


5. Daging Merah

Daging merah juga termasuk salah satu jenis makanan yang bikin susah tidur lantaran sulit dicerna tubuh. Makanan yang sulit dicerna akan membuat tubuh tetap bekerja, bahkan saat tidur. Oleh karena itu, makanan ini sebaiknya jangan dikonsumsi menjelang waktu tidur.


6. Roti Tawar

Analisis studi Inisiatif Kesehatan Wanita menunjukkan hubungan antara makanan glikemik tinggi dan insomnia. Roti tawar putih merupakan salah satu makanan dengan indeks glikemik tinggi yang berarti dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang sehingga membuatnya sering insomnia. 

Baca juga: Hypereport: Intaian Gula dalam Gaya Hidup, Makanan & Minuman Viral 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jejak Karier David Jacobs, Atlet Para Tenis Meja yang Meninggal Dunia

BERIKUTNYA

Waspada, Ada 7 Efek Samping Jika Mandi Lebih dari 2 Kali Setiap Hari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: