Ilustrasi diet. (Dok. Ketut Subiyanto dari Pexels)

5 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Diet Penurunan Berat Badan Sukses

09 August 2021   |   12:09 WIB

Selama menjalankan diet penurunan berat badan, biasanya Genhype baru melihat efeknya ketika berdiri di atas timbangan, atau ketika menatap bentuk tubuh di cermin kamar. Namun, seperti yang Genhype tahu, perubahan seperti itu enggak langsung terjadi dalam waktu dekat.

Menimbang berat badan tiap hari pun sering kali malah kontraproduktif. Lagi pula, Genhype pun sebenarnya tidak perlu melakukan itu untuk melihat efek diet. Untuk mengetahui apakah diet bekerja secara efektif, Genhype bisa mengecek lima hal berikut ini. Apa saja?

1. Merasa kenyang dan puas setelah makan
Dengan pola makan yang berisikan nutrisi dan jenis makanan yang pas, mereka yang melakukan diet biasanya akan lebih cepat kenyang, karena saluran pencernaan memberikan sinyal bahwa kebutuhan tubuh telah terpenuhi.

Umumnya, hal ini bisa dicapai dengan pemilihan makanan yang segar dan tidak banyak diolah. Jadwal jam makan yang teratur juga sangat penting untuk menghasilkan efek ini.

2. Lebih banyak energi
 

a

Ilustrasi diet. (Dok. CHU Gummies dari Unsplash)

Pola makan yang sehat ternyata juga mendorong perubahan drastis pada energi dalam tubuh. Ini disebabkan karena peningkatan metabolisme tubuh, sehingga makanan sehat yang masuk akan lebih cepat diubah menjadi energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas fisik.

3. Lebih mudah tidur
Diet yang baik adalah diet yang tidak mengganggu rasa lapar di luar jam makan dan keseimbangan hormon dalam tubuh. Dengan diet yang baik, pola tidur bisa terpengaruh karena adanya penjadwalan dan kendali terhadap pola makan, sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas tidur.

4. Baju yang dimiliki lebih pas dan longgar
Penurunan berat badan umumnya juga mengurangi jumlah lemak pada tubuh dan menambah massa otot. Hal ini bisa dilihat dari kesesuaian baju yang dimiliki sebelum mengalami kegemukan dengan bentuk tubuh saat melakukan diet.

Jadi, jika ternyata pakaian lama kembali muat, dan Genhype merasa lebih baik secara emosional,  mungkin itu tandanya diet yang dilakukan bekerja dengan baik.

5. Merasa bahwa diet adalah gaya hidup
 

Ilustrasi diet. (Dok. engin akyurt dari Unsplash)

Ilustrasi diet. (Dok. engin akyurt dari Unsplash)

Jika Genhype mulai merasa diet yang dilakukan terasa semakin enteng, dan mulai menjadi gaya hidup, maka kemungkinan besar diet itu berhasil.

Itu juga dapat menjadi tanda bahwa telah ada peningkatan kualitas hidup, yang mana diet sehat telah berubah menjadi kebiasaan.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Ingin Meditasi? Berikut 7 Jenis Meditasi yang Bisa Kamu Coba

BERIKUTNYA

Ini Alasan Kenapa Libur Tahun Baru Islam Digeser ke Tanggal 11 Agustus 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: