FIFTY FIFTY (Sumber gambar: FIFTY FIFTY)

6 Fakta Grup K-Pop FIFTY FIFTY, Pelantun Single Cupid yang Viral

02 May 2023   |   15:56 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
“I gave a second chance to Cupid, But now, I’m left here feeling stupid, Oh, the way he makes me feel, That love isn’t real, Cupid is so dumb.” Buat Genhype yang sering buka TikTok, pasti sering mendengar lagu baru dari girl group FIFTY FIFTY. Belakangan ini grup bentukan ATTRAKT ini viral dengan lagunya yang berjudul Cupid.

Tak sedikit netizen Indonesia yang membuat konten di TikTok dan menggunakan lagu Cupid, salah satunya dengan hashtag #CupidChallenge. Menjadi pendatang baru di industri Kpop pada akhir 2022, FIFTY FIFTY membuktikan lagu mereka mampu bersaing dengan girl group generasi keempat lain seperti LE SSERAFIM, IVE, dan aespa.

Baca juga: Sejarah Terbentuknya BLACKPINK dan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui, Simak Yuk!

FIFTY FIFTY debut dengan lagu Higher dari album pertama mereka The Fifty pada 18 November 2022. Hanya tiga bulan setelah debut mereka, FIFTY FIFTY kembali dan viral dengan single album baru mereka The Beginning: Cupid. Lagu Cupid adalah tentang seorang wanita muda yang merindukan cinta, hanya untuk menyesal pernah membuka hatinya.

Tak seperti grup K-Pop lainnya yang didebutkan oleh agensi ternama. Agensi yang menaungi Fifty Fifty adalah agensi kecil-menengah, Attrakt. Sehingga bisa dibilang prestasi mereka sebagai rookie idol cukup luar biasa dan mendapat tanggapan positif K-net.

Berikut beberapa fakta menarik yang harus Genhype tahu tentang FIFTY FIFTY.


1. 4 Personel FIFTY FIFTY berasal dari Korea Selatan

FIFTY FIFTY debut dalam formasi empat orang anggota yang terdiri dari Aran, Keena, Saena, dan Sio dengan Saena sebagai leader. Keempat personel FIFTY FIFTY berkewarganegaraan Korea Selatan. Keena alias Song Jakyung sebagai main rapper dan sub vocalist. Sio alias Jeong Jiho sebagai main vocalist dan lead dancer. Saena alias Jeong Saehyun yang memegang posisi sebagai leader, main dancer, dan sub rapper.

Sedang Aran alias Jeong Eunah sebagai lead vocalist, lead rapper, dan maknae. Seluruh member FIFTY FIFTY merupakan kelahiran 2000an dengan Keena yang lahir di tahun 2002 dan sisanya seumuran lahir pada 2004.


2. Fandom bernama HUNNIES

FIFTY FIFTY berada di bawah naungan agensi Attrakt Creative Group dan memiliki fanclub resmi bernama HUNNIES. Tahukah Genhype, kalau nama Hunnies awalnya dibuat oleh penggemar FIFTY FIFTY sebagai nama tidak resmi pada 23 November 2022.

Seperti diketahui, salah satu arti dari FIFTY FIFTY menggabungkan anggota dan penggemar mereka di mana "50" atau "setengah" pertama mewakili penggemar, dan "setengah" lainnya mewakili diri mereka sendiri, menggabungkan keduanya menjadi 100 atau "keseluruhan". Oleh karena itu, nama fandom yang secara resmi diumumkan pada 23 Februari 2023 ini dipilih karena merupakan bentuk singkatan dari angka 100 (seratus), dan juga berarti honey yang digunakan sebagai istilah kasih sayang antara orang yang dicintai. 


3. Cupid Viral

 FIFTY FIFTY semakin mencuri atensi publik lewat comeback terbaru mereka dengan single album The Beginning: Cupid. Lagu ini memiliki dua versi, yaitu, Cupid yang berbahasa Korea, dan Cupid (Twin ver) yang berbahasa Inggris. Lagu Cupid membuat FIFTY FIFTY menjadi grup KPop tercepat yang memasuki tangga lagu US Billboard Hot 100 dan UK Singles Chart. Tepatnya empat bulan setelah resmi debut.

Lagu Cupid debut di peringkat 100 pada 27 Maret 2023 dan terus naik ke peringkat 50 pekan ini di Billboard Hot 100. Billboard Hot 100 sendiri merupakan tangga lagu utama yang sulit diperoleh oleh musisi terutama luar Amerika Serikat. Melansir dari Sport Seoul, lagu Cupid FIFTY FIFTY tempati posisi ke 18 di UK Official Singles Chart Top 100 pada 29 Maret 2023.


4. Lirik ditulis Keena

Lagu Cupid versi Korea Selatan ternyata memiliki beberapa lirik yang ditulis oleh main rapper Keena. “Ketika saya sedang menulis lirik untuk lagu tersebut, saya berpikir untuk berfokus pada interpretasi FIFTY FIFTY sendiri tentang Cupid, daripada persepsi umum tentang Cupid sebagai sebuah simbol. Saya ingin menampilkan simbol yang sama dengan makna berbeda, jadi saya mencoba membayangkan cerita di balik itu dan memasukkan interpretasi kami sendiri tentang Cupid ke dalam lagu,” ujar Keena yang dikutip dari NME.


5. Pengorbanan CEO

Ternyata, CEO ATTRAKTJeon Hong Joon sama sekali tak terpikir lagu Cupid akan viral bahkan menembus Billboard dan menjadi tren TikTok karena tak punya budget untuk pemasaran global.

"Aku bahkan tidak memikirkan Billboard. Kami tidak punya budget pemasaran global, jadi kami pergi ke perusahaan label lokal dan meminta mereka mendengarkan musik kami setidaknya sekali," ungkap Jeon Hong Joon pada salah satu wawancara.

Setelah perilisan album pertama FIFTY FIFTY, Jeon Hong Joon menjual mobilnya dan makan makanan murah untuk menutupi biaya produksi. Selama ini, CEO ini juga mengajak para personel rekaman di studio musik kenalannya untuk menghemat biaya.


6. Kontroversi Plagiat

Lagu Cupid milik FIFTY FIFTY beberapa hari yang lalu pernah diklaim oleh seorang penyanyi Turki Evrecan Gündüz. Dalam unggahannya di Instagram, Evrecan Gündüz  mengatakan bahwa lagu Cupid FIFTY FIFTY mirip dengan lagu yang ia punya berjudul Sen A?k?m?zdan. Sementara itu, agensi dari FIFTY FIFTY, ATTRAKT belum bisa memberikan konfirmasi apapun terkait dugaan tersebut.

Baca jugaMonster K-Pop Generasi 4, NewJeans Buat Sejarah Baru di Billboard
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Alasan Tema Met Gala 2023 yang Angkat Karya Karl Lagerfeld Picu Kontroversi

BERIKUTNYA

Simak Sejarah Hari Pendidikan Nasional yang Diperingati Tiap 2 Mei

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: