NewJeans yang debut di Billboard. (Sumber gambar : Twitter/NewJeans_ADOR)

Monster K-Pop Generasi 4, NewJeans Buat Sejarah Baru di Billboard

25 January 2023   |   12:38 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
OMG membawa napas R&B dan hiphop. Ini single kedua yang dirilis setelah single pre-release, Ditto, dalam album terbaru NewJeans. Ditto sendiri memiliki musik yang merupakan reinterpretasi dari genre musik Baltimore Club. Lagu yang diproduksi untuk Bunnies, komunitas fans NewJeans, tersebut memiliki aliran yang ditelisik kembali dari Maryland, Amerika Serikat pada awal 1990-an.

Baltimore club atau Bmore merupakan genre musik yang mengombinasikan breakbeat dan house. Musik yang masih berakar dari hiphop ini memiliki ciri khas pada penggunaan irama yang dipotong dan elemen staccato dari genre house yang dicampur.

Musik ini sering dikaitkan dengan Jersey club, di mana Bmore merupakan akar dari genre tersebut dengan perbedaan pada suara kick yang lebih keras, sample musik yang banyak dipotong, serta iramanya yang cepat dan agresif.

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Lagu Ditto, Single Pre-Release NewJeans Sebagai Pembuka Comeback

Adapun album OMG yang dirilis bersamaan dengan single dengan judul yang sama 2 Januari 2023, telah mencapai 800.000 pre-order. Sebelumnya, NewJeans sempat mencetak rekor sejarah baru pemesanan album dalam sejarah girl group di Korea Selatan melalui EP mereka, NewJeans yang mencapai 450.000 pesanan. Album debut tersebut menampilkan empat lagu, yakni Attention, Hype Boy, Cookie, dan Hurt.

Sementara itu, NewJeans memiliki anggota dengan beragam kebangsaan, antara lain Korea, Vietnam, dan Australia, dengan yang tertua berusia 18 tahun dan yang termuda berusia 14 tahun. Keempat anggotanya yakni Minji (2004, Korea), Hanni (2004, Vietnam-Australia), Danielle (2005, Korea -Australia), Haerin (2006, Korea), dan Hyein (2008, Korea). 

Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh para anggota sendiri, tidak ada posisi resmi atau leader dalam NewJeans. Semua anggota bisa mengambil sebagai vokalis, rapper, dancer, dan leader. Mereka identik sebagai girl group dengan konsep girly dan menggemaskan dengan gaya busana kasual.

Dari empat lagu yang sudah dirilis, NewJeans identik dengan genre musik pop dan R&B dengan alunan nada yang khas. NewJeans juga sempat bersaing dengan LE SSERAFIM dalam nominasi Mnet Asian Music Awards untuk Artis Wanita Baru Terbaik dan grup Wanita dengan Tarian Terbaik. 

Baca juga: Album OMG NewJeans Laris Manis, Tembus 800.000 Preorder

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Nominasi Piala Oscar 2023, Film Everything Everywhere All At Once Boyong 11 Nominasi

BERIKUTNYA

Muncul di The Last of Us, Kenalan Yuk Sama Aktris Senior Christine Hakim

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: