BLACKPINK (Sumber gambar: Twitter.com/ygofficialblink)

Sejarah Terbentuknya BLACKPINK dan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui, Simak Yuk!

18 November 2022   |   15:02 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Siapa yang tak kenal dengan girl group asal Korea Selatan, BLACKPINK. Menggebrak panggung K-Pop dengan cara berbeda, mereka berhasil eksis di industri musik selama 6 tahun. Sejak awal debut, member BLACKPINK pun masih setia dengan formasi awalnya, yakni Lisa, Jennie, Rose, dan Jisoo. 

Selama 6 tahun aktif bermusik, member BLACKPINK dikenal dengan paras cantik dan punya banyak talenta. Sukses membuat para penggemarnya berdecak kagum, ternyata BLACKPINK menjalani karier yang tidak mudah. Mereka harus melampaui ekspektasi penggemar girl group seniornya 2NE1 yang sama-sama ada di bawah naungan YG Entertainment.

BLACKPINK menjadi girl group pertama besutan YG Entertainment yang debut dalam 6 tahun setelah 2NE1. Namun, sebelum nama BLACKPINK digunakan, nama Next GirlGroup sempat melekat di antara member BLACKPINK sekarang. Selanjutnya, nama itu diubah oleh manajemen menjadi Pink Punk dengan 9 member trainee yakni Jennie, Eunbi, Jisoo, Hanna, Miyeon, Lisa, Rose, dan Jinny.

Belum sempat debut, beberapa member Pink Punk mengalami masalah hingga akhirnya meninggalkan YG Entertainment. Pada akhirnya, tersisalah empat member Pink Punk yang tidak lain adalah Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa. YG Entertainment pun kembali mengganti nama grup ini dengan sebutan BLACKPINK.

Baca jugaProfil Jennie BLACKPINK, Sang Idol Karismatik yang Disebut Anak Emas YG Entertainment

Dilansir dari lama Blackpink Fandom, salah satu idol yang saat ini menjadi member (G)I-DLE yakni Miyeon hampir menjadi anggota ke-5 dari BLACKPINK. Namun, dia meninggalkan YG Entertainment pada 2005 karena urusan personal. Jadilah idol K-Pop itu beranggotakan empat orang hingga sekarang. 

Debut resmi BLACKPINK diluncurkan pada 8 Agustus 2016. Jennie diumumkan sebagai member pertama, sementara Rose menjadi member yang diperkenalkan paling akhir untuk tergabung di BLACKPINK. Mereka pun memulai debut dengan album bertajuk Square One. Baru beberapa minggu debut, single mereka dengan judul Boombayah sukses besar.

Selain itu, lagu berjudul Whistle juga disukai banyak orang. Apalagi, mereka membawa konsep girl group yang badass seperti 2NE1 di tengah citra girl group yang feminim kala itu. Hanya berselang dua bulan dari album debut, empat pemudi asal Korea Selatan itu merilis album Square Two pada 1 November 2016. 

Baca jugaProfil Rose BLACKPINK, Sang Vokalis Utama dengan Segudang Talenta

Dilansir dari Billboard, lagu berjudul Playing With Fire dari album Square Two sukses membuka jalan BLACKPINK dalam The Canadian Hot 100 chart. Mereka menjadi girl group K-Pop pertama yang berhasil masuk dalam chart internasional atau di luar Korea Selatan.

Kesuksesan mereka terus berlanjut, mulai dari capaian puluhan juta penonton untuk video musik yang dirilis, gebrakan comeback yang dinantikan para penggemar, hingga mengisi panggung dan penghargaan internasional.

Panggung Coachella merupakan salah satu tempat impian semua musisi dunia untuk tampil. Mimpi itu diraih BLACKPINK setelah 3 tahun berkarier di industri musik. Mereka sukses memikat mata pengunjung Coachella pada 2019. Mereka pun mencetak sejarah sebagai girl group K-Pop pertama yang berhasil menginjak festival musik bergengsi tersebut.

BLACKPINK juga berhasil menjalani banyak tur dunia termasuk pada tahun ini, di mana BLACKPINK akan melaksanakan tur bertajuk BORN PINK. Belum lagi berkarya selama satu dekade, BLACKPINK sudah berhasil meraih puluhan penghargaan antara lain Mnet Asian Music Award for Best Girlgroup 2020 dan MTV Video Music Award for Best Metaverse Performance 2022.

Baca jugaBegini Cara Beli Tiket Konser BLACKPINK di Jakarta
 

BLACKPINK (Sumber gambar: Twitter.com/ygofficialblink)

BLACKPINK (Sumber gambar: Twitter.com/ygofficialblink)

 

Fakta Menarik BLACKPINK:

  1. Nama BLACKPINK dimaknai sebagai grup dengan talenta hebat di samping paras yang cantik.
  2. BLACKPINk merupakan grup pertama YG Entertainment sejak 2NE1 bubar.
  3. Member BLACKPINK lahir dan dibesarkan di berbagai negara seperti Jennie yang besar di Auckland, Selandia Baru dan Rose yang besar di Melbourne, Australia.
  4. Jennie dan Rose pandai berbahasa Korea, Jepang dan Inggris. Lisa fasih berbahasa Korea dan Thailand, serta Jisoo pandai berbahasa Korea dan Mandarin.
  5. Performer girl group K-Pop pertama di festival musik bergengsi, Coachella.
  6. Jennie menjadi member dengan masa trainee paling lama sebelum debut yakni hampir 6 tahun.
  7. Rose merupakan member yang paling cepat dalam masa trainee yakni 4 tahun 2 bulan.
  8. Jisoo diunggulkan sebagai face of the group di mana dia sempat dinobatkan sebagai Wanita Tercantik di Dunia versi majalah Nubia, Inggris.
  9. Ibu Jennie sempat menginginkan Jennie menjadi pengacara sebelum terjun ke industri musik.
  10. Lisa jadi peserta audisi YG Entertainment satu-satunya yang lolos dari Thailand.
  11. BLACKPINK menjadi pengisi cover majalah Billboard yang pertama kali memuat artis K-Pop wanita pada 2 Maret 2019.
  12. BLACKPINK menjadi grup K-Pop pertama yang mencapai 1 miliar views di Youtube per tanggal 11 November 2019.

Baca juga23 Setlist Lagu Konser BLACKPINK – BORN PINK, Siap Guncang Jakarta Pada Maret 2023!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

3 Pemain Berbahaya di Piala Dunia 2022, Sang Pemuda yang Bikin Lawan Ketar-Ketir!

BERIKUTNYA

Arcolabs & Komunitas Salihara Bakal Mengadakan Pameran Interaktif Seni Media Baru Age of Consent

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: