Hari Pendidikan Nasional (Sumber Foto: Unsplash/Ed Us)

15 Ucapan Hari Pendidikan Nasional 2023 untuk Insan Pengajar dan Pelajar Seluruh Indonesia

01 May 2023   |   21:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas diperingati setiap 2 Mei. Pada tanggal tersebut seluruh masyarakat Indonesia memberikan apresiasi untuk para insan pendidikan, baik pengajar maupun pelajar. Mengutip dari laman resmi Kemdikbud, tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah 'Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar'.

Berdasarkan sejarahnya, Hardiknas sendiri erat kaitannya dengan Ki Hajar Dewantara yang dikenal sebagai tokoh pelopor pendidikan di Indonesia, sehingga dijuluki bapak pendidikan nasional. Hari Pendidikan Nasional merupakan momentum untuk mengenang kembali jasa-jasa Ki Hajar Dewantara yang juga lahir pada tanggal 2 Mei.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Sosok Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional

Genhype dapat memberikan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional 2023 kepada guru, teman seperjuangan saat sekolah, rekan kerja yang menginspirasi, maupun keluarga yang merupakan sosok guru pertama kita di rumah. Berikut sejumlah ucapan mengenai Hari Pendidikan Nasional 2023.

1. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023 untuk semua insan pendidikan, tetap semangat mengajar dan mengejar ilmu.

2. Selamat Hardiknas 2023! Merdeka belajar dalam mewujudkan pendidikan tuntas dan berkualitas.

3. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023. Mari wujudkan guru merdeka, guru berkarya, guru berdaya, guru bermartabat, guru sejahtera, dan guru terlindungi.

4. Manusia tanpa pendidikan seperti bangunan tanpa pondasi. Bisa dibayangkan bagaimana bentuk bangunan tanpa pondasi? Berapa lama bangunan itu akan bertahan? Seperti itulah perumpamaan betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan ini.

5. Tujuan pendidikan adalah mengganti pikiran kosong dengan pikiran terbuka. Terus gali potensi yang ada dalam dirimu sehingga suatu saat nanti akan menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

6. Buah memiliki rasa manis, akar terasa pahit. Hasil pendidikan akan indah, namun harus melewati proses bersusah-susah untuk belajar.

7. Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup, Pendidikan adalah hidup itu sendiri. Menurut John Dewey, pendidikan tidak lain adalah hidup itu sendiri. Dan hidup ini bukan hanya perkara hidup personal tapi secara luas menyangkut kehidupan masyarakat itu juga.

8. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, bersekolah sampai tuntas, dan mengembangkan potensi seluas-luasnya. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023!

9. Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan, serta memperhalus perasaan. Jadikan setiap tempat sebagai sekolah dan jadikan setiap orang adalah guru. Selamat Hari Pendidikan Nasional.

10. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.

11. Seribu kali lebih baik bagi kita memiliki kepekaan tanpa pendidikan daripada berpendidikan tetapi tidak peka. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023.

12. Pendidikan dan kebudayan sebagai gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023.

13. Pendidikan merupakan jalan panjang menuju kemakmuran, penyemai generasi pembangun peradaban, dan pelukis masa depan bangsa. Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023.

14. Seburuk-buruknya manusia adalah dirinya yang tak menggunakan pendidikannya untuk mengejar cita-cita.

15. Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri, pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat Itu.

Baca juga: Sejarah, Tema & Tujuan Hari Pendidikan Internasional yang Diperingati Tiap 24 Januari

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Louis Vuitton x Pharell William Bangun Piramida untuk Festival Something In The Water 2023

BERIKUTNYA

Alasan Tema Met Gala 2023 yang Angkat Karya Karl Lagerfeld Picu Kontroversi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: