Hari Pendidikan Nasional (Sumber Foto: Unsplash/Ed Us)

Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024

02 May 2024   |   12:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 2 Mei, Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Berbagai cara bisa dilakukan oleh Genhype untuk meramaikan peringatan pada tahun ini. Salah satu di antaranya adalah dengan mengirimkan ucapan selamat kepada kawan, keluarga, atau orang-orang dekat.

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek), pemerintah menetapkan 2 Mei sebagai tanggal untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional pada 16 Desember 1959.

Baca juga: Simak Sejarah Hari Pendidikan Nasional yang Diperingati Tiap 2 Mei

2 Mei menjadi pilihan lantaran pada tanggal itu, merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yang menjadi Bapak Pendidikan Nasional.

Dalam buku berjudul Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya dari Museum Kebangkitan Nasional, Kemendikbudristek, Ki Hajar Dewantara lahir pada 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Putra dari GPH Soerjaningrat ini memiliki nama asli RM Soewardi Soerjaningrat.

Pria yang juga merupakan cucu Sri Paku Alam III itu merupakan keluarga bangsawan Pakualaman. Statusnya sebagai bangsawan membuat Ki Hajar Dewantara memiliki kesempatan mengenyam pendidikan Europeesche Lagere School.

Setelah itu, dia juga mendapatkan kesempatan masuk School tot Opleiding voor Inlandsche Artsen (STOVIA). Namun, kondisi kesehatan yang dialami membuatnya tidak bisa menyelesaikan pendidikan di sekolah yang kerap disebut sekolah dokter Jawa.

Dia pun menggeluti dunia jurnalisme dengan menulis untuk beberapa surat kabar dan majalah. Salah satu di antaranya Midden Java. Tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara disebut-sebut komunikatif, halus, dan mengena. Namun, karya itu juga kerap keras.

Pada 1922, dia memutuskan untuk mendirikan Perguruan Taman Siswa guna mendidik masyarakat bumiputra. Singkat cerita, dia ikut dalam perjuangan bangsa Indonesia dan memperoleh gelar Pahlawan Nasional pada 1959 di bidang pendidikan.

Bagi genhype yang hendak mengirimkan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional, berikut sejumlah rekomendasinya:
  1. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024. Semoga pendidikan Indonesia kian terus maju dan “menelurkan” generasi emas.
  2. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024. Mari jaga semangat pendidikan untuk masa depan bangsa dan negara yang lebih baik.
  3. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024. Mari jaga semangat pendidikan untuk masa depan bangsa dan negara yang lebih baik.
  4. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024. Semangat untuk para pahlawan pendidikan Indonesia yang tidak kenal menyerah untuk menghasilkan generasi bangsa yang cerdas dan berbudi luhur.
  5. Dengan pendidikan, kita bawa Indonesia unggul dari negara-negara lain. Selamat Hari Pendidikan Nasional 202
  6. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024. Mari kita buat seluruh generasi bangsa tidak putus sekolah.
  7. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024. Semoga pendidikan di dalam negeri kian terjamah bagi seluruh masyarakat.
  8. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024. Bersama, kita didik generasi bangsa menjadi generasi yang cerdas, berakhlak, dan beragama.
  9. Pendidikan adalah pondasi penting manusia. Mari bangun pendidikan yang dapat membuat manusia Indonesia memiliki pondasi yang kuat dalam membangun bangsa.
  10. Raih pendidikan setinggi-tingginya demi masa depan yang lebih baik wahai generasi muda. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024.
  11. Bukan pedang dan senapan, pendidikan adalah senjata ampuh untuk menaklukan dunia. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024.

Baca juga: 15 Ucapan Hari Pendidikan Nasional 2023 untuk Insan Pengajar dan Pelajar Seluruh Indonesia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus World Champions Edition, Cek Speknya

BERIKUTNYA

Jadwal & Link Live Streaming Indonesia vs Irak, Rebutan Posisi Ketiga Piala Asia U-23 AFC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: